Laman

Senin, 16 Mei 2016

KRIST NOVOSELIC




Dilahirkan dengan nama Krist Anthony Novoselic pada 16 Mei 1965 di Compton, California. Sebagai basis Nirvana, dia dalah bagian dari revolusi musik yang membawa rock alternatif ke arus utama. Putra dari seorang imigran Kroasia, dia menghabiskan banyak tahun-tahun awalnya di Gardena, California, menjadi tukang onar dengan adiknya Robert.


Keluarganya pindah ke komunitas yang lebih kecil di Aberdeen, Washington, pada 1979. Baru berusia 14 tahun pada saat itu, Krist mengetahui bahwa kota itu tengah mengalami depresi dan dia susah menyesuaikan diri di sekolah. Tahun berikutnya orangtuanya yang kuatir mengirim Krist ke negara asal Kroasia untuk tinggal dengan keluarganya, dimana dia menemukan beberapa band punk seperti the Sex Pistols dan the Ramones.

Setelah kembali ke Aberdeen, Krist mulai mengeksplorasi ketertarikannya dalam musik selama tahun seniornya di SMA. Dia membeli sebuah gitar dan mengambil les untuk beberapa saat. Di sekitar waktu, adiknya Robert, memiliki seorang teman, Kurt Cobain, yang terkadamg datang ke rumah mereka. Tapi Cobain tidak terlalu akrab dengan Krist pada saat itu. Krist lulus dari SMA pada 1983 dan memiliki beberapa operasi di rahangnya untuk membentulkan beberapa kerusakan.

Untuk sementara, Krist bekerja sebagai seorang pelukis, tapi kemudian di tinggalkan. Dia juga bermain di beberapa grup lokal dan bahkan mencoba untuk memulai sebuah band cover Creedence Clearwater Revival dengan Cobain, menurut buku Come As You Are: The Story of Nirvana oeh Kichael Azerrad. Dengan pacarnya Shelli, Krist pindah ke Arizona pada 1986, tapi mereka hanya tinggal selama 6 bulan. Mereka kembali ke Washington, dan Krist segera mulai bekerja dengan Cobain pada sebuah band baru.

Apa yang nantinya menjadi Nirvana dimulai sebagai sebuah trio, dengan Krist, Cobain dan drumer Aaron Burckhard. Pada 1987, mereka mulai bermain di pesta rumahan dan gig kecil lainnya. Menggunakan nama Skid Row, band bermain di stasiun radio Evergreen State College. Mereka bermain dengan sejumlah nama lainnya sebelum akhirnya mantap dengan Nirvana.


Tahun berikutnya, Nirvana memiliki single pertamanya, "Love Buzz", yang dirilis oleh label independen kecil Sub Pop Records. Pada saat ini, Burckhard sudah keluar dan Chad Channing masuk menggantikannya. Popularitas Nirvana di kancah musik Seattle yang mulai naik daun meningkat, dan mereka merilis album debut mereka, Bleach, pada 1989. Untuk mempromosikan rekaman itu, band melakukan tur secara luas, memainkan gig di AS dan Eropa. Tahun yang sama, Krist menikahi pacar lamanya Shelli.

Krist dan Cobain mencari drumer baru pada 1990. Musim panas itu, Nirvana bertindak sebagai band pembuka untuk Sonic Youth, sebuah band indie yang sudah lama mereka kagumi. Teman lama Dale Crover dari the Melvins memaiakn drum untuk tur itu. Mereka kemudian menemukan seorang pengganti permanen dengan Dave Grohl, yang sebelumnya bermain dengan Scream dan Dain Bramage.

Kemudian label besar tertarik dengan band, menawarkan kontrak dengan keuntungan besar. Nirvana akhirnya teken kontrak dengan Geffen Records. Rilisan pertama dengan mereka, Nevermind pada 1991, menjadi hit besar, didukung oleh single, "Smells Like Teen Spirit." Saat Kurt menangani sebagian besar tugas penulisan lagu, ketiga anggota mengerjakan trek ini, yang mengkombinasikan elemen dari punk, metal dan pop.

Tekanan yang datang dengan semua kesuksesan sangat berakibat pada grup, terutama Cobain yang tenggelam makin dalam ke dalam narkoba. Hubungan Cobain dengan Courtney Love juga berakibat pada hubungan band. Sangat nyata saat Cobain tidak mengundang Shelli Novoselic ke pernikahannya dengan Love karena Cobain percaya bahwa Shelli bergosip tentang calon istrinya pada Februari 1992. Akibatnya, Krist memutuskan untuk tidak hadir di acara itu juga.

Band membuat sebuah album lagi bersama, In Utero (1994). Saat Cobain menangani lirik, Krsit dan Grohl membantu menulis musik untuk satu lagu, "Scentless Apprentice,". Cobain makin menjauh dan menjadi makin depresi. Dia mencoba untuk bunuh diri dengan overdosis narkoba pada 1994 di Roma saat liburan selama tur Eropa band. Pada 5 April 1994, Cobain membunuh dirinya dirumahnya.

Krist berduka akan kematian orang yang pernah menjadi teman dekatnya. Setelah kematian Cobain, anggota yang tersisa dari Nirvana memenangkan sebuah Grammy Award untuk rekaman akustik live mereka, MTV Unplugged in New York (1994).


Setelah Nirvana bubar setelah kematian vokalis Kurt Cobain, Novoselic membentuk Sweet 75 dan Eyes Adrift, merilis satu album dengan di masing-masing band. Dari tahun 2006 sampai 2009 ia bermain di band punk Flipper , dan pada tahun 2011 memberikan kontribusi bass dan akordeon ke lagu "I Should Have Known", di album studio Foo Fighters 'Wasting Light'.

Di luar pekerjaan musiknya, Novoselic aktif secara politik, termasuk penciptaan komite aksi politik JAMPAC (Gabungan Artis dan Musisi Komite Aksi Politik) . Dari 2007 sampai 2010 ia menulis sebuah kolom mingguan pada musik dan politik untuk website Seattle Weekly. Sejak 2008 ia menjadi dewan ketua organisasi reformasi pemilu FairVote.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...