Laman

Sabtu, 28 Mei 2016

JOHN FOGERTY




Lahir dengan nama John Cameron Fogerty pada tanggal 28 Mei 1945 di Berkeley, California, AS. Sulung dari lima bersaudara, Fogerty membangun kemampuan musik awalnya pada sebuah piano keluarga dan menerima gitar pertamanya pada usia 12 tahun. Pada usia 14 tahun, dia membentuk sebuah band bernama the Blue Velvets dengan dua teman sekolah, drummer Doug Clifford dan pemain bass Stu Cook. Kakak Fogerty, Tom pada akhirnya bergabung dengan band sebagai gitaris ritem dan salah satu vokalis.


Berganti nama menjadi Gilliwoggs setelah teken kontrak dengan Fantasy Records pada 1964, band mencatatkan hit lokal minor dengan "Brown Eyed Girl" pada 1965. Fogerty mengundurkan diri tidak lama setelah itu, dan dia kemudian bergabung dengan ketentaraan yang menyebabkan kurang kreatifitasnya. Dia bergabung kembali dengan band dengan fokus baru dalam penulisan lagu, dan grup mengubah namanya menjadi Creedence Clearwater Revival pada 1967.

Pada saat perilisan dari Creedence Clearwater Revival pada 1968, band menikmati kesuksesan awal dengan cover-nya dari hit 1950an "Suzie Q" dan "I Put a Spell on You." Saat perilisan Bayou County pada 1969, menjadi jelas bahwa CCR telah menemukan daerah nyamanya, dengan suara bertenaga Fogerty yang menandakan citra Amerika bagian Selatan yang bercampur dengan blues, rockabilly dan folk. Album ini mendapatkan platinum, dengan single "Proud Mary" meroket ke No. 2 di Billboard.

CCR membuat dua album platinum lagi pada 1969, Green River dan Willy and the Poor Boys, dan melanjutkan rangkaian hit dengan lagu-lagu klasik seperti "Bad Moon Rising," "Green River", dan "Down on the Corner." Bersama dengan cerminan pada sensibilitas dan nostalgia masa kecil Selatan, Fogerty menjadi dikenal akan lagu-lagu politiknya yang kuat, terutama dengan lagu anti-Vietnam "Fortunate Son."


Dianggap oleh banyak pihak sebagai puncak artistik grup, Cosmo's Factiry (1970) menampilkan beberapa favorit seperti "Run Through the Jungle" dan "Lookin' Out My Back Door." Namun, karena pengendalian yang ketat Fogerty akan kreatifitas dan masalah keuangan, dan pada 1970 Tom keluar dari band tidak lama setelah perilisan dari Pendulum, yang berisi trek Top 10 "Have You Ever Seen the Rain?" ditulis tentang kepergiannya. Album studio berikut pada 1972, Mardi Grass, tidak mendapat sambutan yang baik, dan CCR dibubarkan kemudian pada tahun itu.

Fogerty merekam album solo debutnya pada 1973 dibawah nama alias Blue Ridge Rangers, dan album selanjutnya, John Fogerty (1975), menghasilkan sebuah hit "Rockin' All Over the World." Namun, dia segera terlibat masalah hukum dengan Fantasy saat dia ingin keluar dari kontrak, dan album susulannya dibatalkan.

Fogerty kembali dengan Centerfield (1985), dan saat trek titelnya menjadi sebuah andalan di sebuah stadion baseball, album ini mengalami masalah hukum. Fantasy memiliki Saul Zaentz, yang memiliki katalog CCR, mengklaim bahwa single "The Old Man Down the Road" mencontek "Run Through The Jungle," dan masalah itu diselesaikan jika Fogerty membiayai persidangan. Merasa kecewa dengan pengalaman itu dan persekutuan rekan band lamanya dengan Zaentz, Fogerty menolak untuk bermain dengan mereka saat CCR dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1993.

Kembali ke studio setelah istirahat panjang, Fogerty mendapatkan Grammy Award pertamanya untuk rilisan 1997 Blue Moon Swamp. Dia juga mulai mempublikasikan menampilkan favorit CCR-nya untuk pertama kali dalam 15 tahun.

Pertarungan hukum berlanjut pada rekan band lamanya pada hak penampilan, tapi Fogerty pada akhirnya memperlunak tuntutannya pada kemungkinana sebuah reuni. Sementara itu, dia merilis album 2004 Deja Vu All Over Again, yang mengangkat beberapa energi dari lagu anti-perang awalnya. Album-album berikutnya, seperti The Blue Ridge Rangers Rides Again (2009) dan Wrote a Song For Everyone (2013), menampilkan kolaborasi dengan Bruce Springsteen, Brad Paisley dan artis terkenal lainnya.

Bahkan pada usianya saat ini, legenda ini tidak memperlihatkan tanda-tanda mengendur. Dia melakukan tur "His Songs from 1969 and More" pada akhir 2014, dan pada 2015 dia bergabung dengan pengisi Season 9 dari The Voice sebagai mentor untuk tim Adam Levine. Otobiografi Fogerty yang lama ditunggu, Fortunate Son: My Life My Music, dirilis pada musim semi tahun itu.

Dia masuk dalam daftar majalah Rolling Stones 100 Greatest Guitarists (pada nomor 40) dan daftar 100 Greatest Singer (pada nomor 72).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...