Laman

Minggu, 29 Mei 2016

MIKE PORCARO




Lahir pada 29 Mei 1955 di South Windsor, Connecticut, AS, dengan nama Michael Joseph Porcaro. Dia adalah saudara tengah dari para anggota Toto, Jeff Porcaro dan Steve Porcaro. Ayah mereka adalah drumer-perkusionis jazz Joe Porcaro.

Porcaro bekerja sebagai pemain bass sesi sebelum menggantikan pemain bass asli Toto David Hungate pada 1982 tidak lama setelah band menyelesaikan rekaman album Toto IV. Porcaro memainkan celo pada sebuah lagu untuk album dan kemudian muncul di video band dan tampil sebagai anggota penih band di tur dunia untuk mendukung album itu. Dia bertahan dengan band hingga 2007.


Bersama dengan Toto, Porcaro memainkan beragam sesi di Los Angeles, dan tur dengan Michael Franks di tur pertamanya. Dia kemudian melakukan tur dengan Seals and Crofts, Larry Carlton, dan Boz Scaggs. Dia muncul di video untuk lagu "Jo Jo" oleh Scaggs. Pemain bass In Flames, Peter Iwers, mengatakan bahwa gaya permainan bassnya terpengaruh oleh Porcaro.


Porcaro berhenti tampil dengan Toto pada 2007 setelah mengalami kekakuan di jarinya yang membuatnya makin sulit baginya untuk bermain. Dia diagntikan oleh Leland Sklar untuk sisa tur dan Toto dibubarkan pada 2008. Pada 26 Februari 2010, diumumkan melalui rilisan pers resmi bahwa Mike porcaro menderita amyotrophic lateral sclerosis dan bahwa para mantan anggota Toto, termasuk Steve Porcaro, akan terbentuk kembali dan melakukan tur singkat ke Eropa untuk mendukungnya di musim panas 2010. Toto yang terbentuk kembali terus tur dan tampil untuk kepentingan Mike selama 2011. Nathan East adalah pemain bass tamu untuk tur 2010, 2011, 2012 dan 2013.

Pada September 2012, dilaporkan di majalah Classic Rock bahwa Mike merasa baik-baik walaupun sedang sakit, tapi dia menggunakan sebuah kursi roda keran penyakitnya makin parah. 


Porcaro meninggal pada 15 Maret 2015 dalam tidurnya di Los Angeles karena penyakitnya pada usia 59 tahun. Dia dikubur di Forest Lawn Memorial Park di Hollywood Hills di Los Angeles.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...