Laman

Selasa, 17 Mei 2016

BILL BRUFORD



Lahir pada 17 Mei 1949 di Sevenoaks, Kent, Inggris dengan nama lengkap William Scott Bruford. Dia tumbuh dengan musik jazz. Sebagai sorang drummer amatir pada 1960an, dan setelah mendapat pelajaran dari Lou Pocock dari the Royal Philharmonic Orchestra, dia memulai karir profesionalnya pada 1968. Dia adalah sebuah cahaya baru dalam gerakan yang di Inggris disebut “Art Rock”, melakukan tur secara internasional dengan Yes dan King Crimson dari 1968-1974. Setelah itu diikuti beberapa tahun dengan melakukan observasi dan berpartisipasi dalam proses pembuatan musik dari , antara lain, Gong, National Health, Genesis dan U.K., hingga Bill siap untuk menulis dan menampilkan musiknya sendiri dengan bandnya sendiri Bruford, merekam 4 album dari 1977-80.

Namun, kebangkitan kembali King Crimson dari 1980-84 yang menyiapkan kendaraan untuk penggunaan alat elektronik yang revolusioner dalam membangun sisi melodis dari perkusi. Setelah dua tahun dan dua album dengan berimprovisasi pada piano akustik dan drum dengan Patrick Moraz, Bruford membentuk grup jazz akustik-elektro miliknya Earthworks pada 1986, dengan Django Bates dan Iain Ballamy, terkhusus untuk melanjutkan karya ini pada melodi dari perangkat drum, tapi kini dalam sebuah konteks jazz.



Earthworks, album pertama grup pada 1987, disebut sebagai “third best jazz album of the Year” oleh USA Today Amerika; kemudian Dig? (1989), All Heaven Broke Loose (1991), dan album Live musim panas 1994, Stamping Ground.




King Crimson kembali membuktikan dirinya sebagai sumber perkusi beragam saat mereka meluncurkan tim ritem ganda dari Bruford dan Pat Mastelotto pada inkarnasi trio ganda pada 1994. Selama akhir 1994 dan 1995, band melakukan tur dunia, memberikan 120 konser, dan menghasilkan CD studio dan live mendokumentasikan penggunaan segar dan inovatifnya dari dua drummer. 1996 terlihat konser King Crimson, dan produksi CD Rom yang mengabadikan pendekatan Bruford, dalam kombinasi tiga format dari audio dan data MIDI/digital, berjudul Packet of 3.




Diantara semua ini, Bill juga menemukan waktu dan/atau melakukan tur dengan Kazumi Watanabe, David Torn, The New Percussion Group of Amsterdam, Jamaaladeen Tacuma, Akira Inoue, Al Di Meola, Anderson Bruford Wakeman and Howe, the Buddy Rich Orchestra, Tony Levin, Pete Lockett dan band lamanya Yes. Dia melanjutkan kerjanya sebagai seorang pengajar aktif dengan serangkaian klinik dan Eropa dan Amerika pada 1993, berpuncak di pemunculannya yang paling diakui di the Percussive Arts Society International Convention di Columbus, Ohio pada Nopember. Pada 1990, para pembaca Modern Drumer Magazine memilihnya ke dalam Hall of Fame majalah itu.




Pada akhir 1990an Bruford memenuhi komitemennya, dan kembali, ke jazz dan 1997 terlihat perilisan dua album mayor. Kompilasi “best of” The Eartworks, Heavenly Bodies, diambil dari keempat albumnya dan termasuk materi yang belum dirilis sebelumnya dirilis pada Mei di Virgin Records, UK. Kemudian rilisan pada akhir musim panas dari materi segar dengan para maestro jazz Ralph Tower (gitar dan piano) dan Eddie Gomez (bass) berjudul If Summer had its Ghosts, muncul di rekaman Discipline King Crimson pada September.




Melakukan tur secara internasional dengan edisi kedua dari Earthworks, menampilkan Steve Hamilton (kibord) dan Patrick Clahar (saksofon), karya live band membawa ke perilisan CD keenam. “A Part and yet Apart” pada 1999. Perkusi elektronik membuat jalan untuk gaya lepas yang lebih hangat untuk lineup yang lebih konvensional dari sax-piano-bass-drum, dan Bruford terus membawa pemain Inggris terbaik untuk mendapatkan perhatian penonton internasional.




Millennium baru terlihat sebuah rilisan album oleh Bruford Levin’s Upper Extremities berjudul B.L.U.E. Nights, dan kebangkitan dari Earthworks dengan gitaris jazz handal Larry Ciryell untuk musim festival the 2000 summer jazz. Mengikuti 22 jadwal tur padat di UK, Earthworks merekam CD ketujuhnya pada November berjudul “The Sound of Surprise”. Musim semi 2002 terlihat rilisan simultan imajinatif dari CD live ganda dari London berjudul “Footloose and Fancy Free” dan DVD skala penuh dari New York berjudul “Footloose in N.Y.C.”, dan penggantian Clahar dengan multi-talenta Tim Marland dari grup saat ini Chick Corea. CD baru diberi anugerah “5 bintang” di majalah Downbeat.




Pada 2004, Bill membentuk Summerfold Records dan Winterfold Records untuk menampung aspek berbeda dari katalognya yang beragam, telah berisi 35 judul. Kolaborasi selanjutnya dengan The World Drummers Ensemble dan Earthworks Underground Orchestra. 2006 terlihat perilisan dari DVD Rock Goes To College dari tim lamanya “Bruford”.




Bill memiliki 3 orang anak dan tetap tinggal di Surrey Hills dengan Carolyn dan dua kucing. Dia pensiun dari sorotan publik pada 1 Januari 2009, setelah 41 tahun sebagai musisi tetapi terus menalankan dua perusahaan rekaman dan berbicara dan menulis tentang musik. Otobiografinya, Bill Bruford : The Autobiography, diterbitkan pada Maret 2009.

1 komentar:

  1. wah keren ini mah Bill bruford ,pernah nonton di Conan O'Brian Late Night Show

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...