Laman

Kamis, 19 Mei 2016

CHRISTIAN VANDER




Lahir pada 21 Februari 1948 di  Nogent-sur-Marne, Val-de-Marne, adalah drummer, musisi Perancis, dan pendiri dari band Magma. Disamping karyanya dengan Magma, dia juga tampil solo, dengan Christian Vander Trio dan Christian Vander Quartet, dan di Offering.

Dia dikenal untuk penulisan lagunya yang unik, permainan drumnya yang berteknik tinggi, dan gaya menyanyinya dengan improvisasi falsetto. Komposisinya menggabungkan pengaruh jazz, rock, klasik dan opera, dan menarik karya dari musisi yang berbeda seperti John Coltrane dan Carl Orff. Musik Vander secara luas dapat diklasifikasikan sebagai rock progresif, tapi dengan gaya yang tidak biasa dibawah kategori miliknya – gaya idiosinkratik dari musik yang sering disebut oleh para penggemar sebagai Zeuhl (yang berarti “celestial” dalam Kobaian, sebuah bahasa yang diciptakan oleh Vander dan digunakan secara eksklusif oleh Magma). Terdapat beberapa band yang menggunakan gaya Zeuhl dalam komposisi mereka, banyak dari mereka diciptakan oleh para mantan anggota Magma. Beberapa grup yang lebih meonjol dari variasi ini termasuk duo Jepang Ruins, offshoots dari Magma, Weidorje dan Zao, dan grup chamber rock Belgia, Univers Zero.


Christian Vander adalah putra tiri dari pemain piano jazz Perancis terkenal Maurice Vander (yang merupakan pengiring lama dari penyanyi Perancis Claude Nougaro.


Sebagian besar karya rekaman Vander dan Magma masih tersedia melalui label rekaman milik Vander, Seventh Records.

Dia menikah dengan penyanyi Stella Vander yang merilis banyak EP sendiri pada 1960an dan telah mengisi tugas vokal untuk Magma sejak 1972.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...