Laman

Sabtu, 14 Mei 2016

IAN ASTBURY




Lahir dengan nama Ian Robert Astbury pada 14 Mei 1962, Heswall, Cheshire, Inggris, adalah seorang musisi rock Inggris dan penulis lagu paling dikenal sebagai vokalis untuk band rock The Cult.

Pada tahun 1979 , ketika tinggal di Glasgow, dia sangat terkesan oleh lagu The Doors "The End", yang ia dengar saat menonton film Apocalypse Now, kemudian menggambarkan ini sebagai "pengalaman religius". Pada tahun 1980 ia berada di Liverpool, di mana ia aktif di scene punk berbasis di sekitar Eric's Club. Setelah ia kehilangan tempat tinggal karena perselisihan dengan pemilik karena pesta di kamar tidur apartemen , ia akhirnya bergabung dengan Anarkis Punk Band Crass. Setelah inggal di squats dan tidur tidak karuan, ia pindah ke Bradford pada akhir 1980. Di sini ia adalah anggota pendiri dari band punk positif Southern Death Cult pada tahun 1981. Southern Death Cult berlangsung sampai Maret 1983, ketika itu dibubarkan . Bersama dengan gitaris Billy Duffy, bassis Jamie Stewart dan drummer Raymond Taylor Smith, Astbury membentuk band baru, Death Cult, merilis The Death Cult EP dan kemudian menghilangkan kata Death dan menjadi The Cult.

Southern Death Cult diambil dari gedung budaya Meso - Amerika Mound yang ada di beberapa bagian Amerika Utara, tapi ini bukan nama band yang layak secara komersial. The Cult adalah band Post Modern Rock aktif sejak tahun 1983. Album pertama mereka, Dreamtime dirilis pada tahun 1984, dan diikuti oleh Love pada tahun 1985. Love  menampilkan single "She Sells Sanctuary" , yang memperkenalkan band untuk penonton internasional. Banyak lagu-lagu dari album ini awal fokus pada tema asli Amerika. Citra mereka pada saat itu adalah Gothic/Alt Rock/Western/Indie. Citra ini membantu mereka berdiri terpisah dari band-band lain dari masa itu, seperti AC/DC, The Damned, Cure, dan Echo & The Bunnymen. Di album ketiga mereka, Electric, The Cult membuat transformasi ke genre hard rock dengan bantuan Rick Rubin .


Setelah merilis Sonic Temple, pada 1989 album, dan single "Fire Woman" , Astbury pindah ke Los Angeles, California.

Menurunnya reputasi mereka diperkuat oleh hilangnya banyak penggemar Sonic Temple, ketika album mereka berikutnya, Ceremony, dirilis pada tahun 1991, diperparah dengan makin menguatnya gerakan grunge.

Pada tahun 1994, The Cult kembali dengan album sama dengan nama band dan perubahan arus musik. Sound hard rock mereka berubah, digantikan bukan oleh keinginan Astbury yang berada di musik alternatif, fashion dan lirik introspektif. Album itu tidak sukses secara komersial, terutama karena kurangnya dukungan radio untuk dua single ("Coming Down" dan "Star"). Untuk mendukung album mereka melakukan tur di Brazil, namun, perbedaan kreatif Astbury dengan gitaris Duffy mencapai puncaknya, dan Astbury keluar dari band.

Terinspirasi oleh perubahan mendadak dalam arus musik, Astbury membentuk band lain dan mulai menulis lagu baru. Dia memberi nama The Holy Barbarians, dan pada tahun 1996 band ini merilis album Cream. Meskipun mereka tidak sukses secara komersial, mereka diterima dengan baik oleh banyak orang yang telah kembali menghormati Astbury sebagai seniman. Satu penampilan terkenal dengan band ini di forum kecil Tunbridge Wells yang di panggung oleh Vic Reeves untuk membawakan lagu klasik The Cult "Wildflower".

Kesulitan pribadi dan dorongan untuk introspeksi menjauhkan Astbury jauh dari kelompok baru ini, karena ia mulai bekerja pada sebuah album solo (akhirnya dirilis dengan judul Spirit\Light\Speed).

Pada tahun 1999, Astbury dan Duffy mereformasi The Cult dan menghasilkan sebuah tur yang sukses secara finansial tahun itu. Sebuah kontrak baru dengan Atlantic Records ditandatangani, dan pada tahun 2001 merilis Beyond Good and Evil. Keberhasilan lewat radio dengan single "Rise", sampai band ini keluar dari Atlantik dan akhirnya semua promosi komersial dan siaran radio untuk album itu berakhir. Astbury menggambarkan pertarungan dengan label rekaman sebagai "penghancuran jiwa"; kecewa, ia membawa The Cult hiatus lagi pada tahun 2002.

Astbury menjadi vokalis The Doors of 21st Century pada tahun 2002. Kelompok ini menampilkan anggota asli The Doors Robby Krieger dan Ray Manzarek. Pada tahun 2003, Astbury juga tampil dengan anggota MC5 yang tersisa di 100 Club di London, sebelum akhirnya reuni The Cult dengan Duffy lagi pada tahun 2006, untuk serangkaian jadwal show dan kabar perilisan ulang dan album kompilasi greatest hits yang sedang dalam proses.

Selama awal tahun 2007, The Cult masuk studio untuk memulai produksi album Born On This, album pertama kelompok dalam enam tahun. Juga direncanakan untuk rilis sebuah DVD dari band 13 November 2006 konser di Irving Plaza di New York City.

Lineup Cult saat terdiri dari Astbury dan Duffy, bersama bassist Chris Wyse, drummer John Tempesta dan gitaris ritem untuk tur Mike Dimkitch. Pada bulan Oktober 2007, The Cult akhirnya merilis Born On This. Single pertama adalah "Dirty Little Rockstar," yang memperoleh penyiaran radio yang kuat.

Pada tahun 2009, The Cult mengumumkan serangkaian acara di seluruh AS, Kanada, dan Eropa diberi judul sebagai "'Love' Live", di mana band ini membawakan album klasik, "Love," secara keseluruhan.

Pada 29 Mei 2010 Boris mebawakan "The End" dengan Ian Astbury di Vivid Festival di Sydney. Boris dan Astbury merilis empat lagu EP pada bulan September 2010 pada Southern Lord dan Daymare Records, yang berisi empat lagu berjudul Teeth and Claws, We are Witches, Rain (The Cult cover), Magickal Child.


Dia tinggal di Los Angeles dan bermain di tim sepak bola di Hollywood Inggris dengan Billy Duffy dan Steve Jones dari The Sex Pistols dan merupakan pendukung klub Liga Utama Inggris Everton FC.

Pada tanggal 26 Mei 2012, Astbury menikah dengan vokalis/gitaris The Black Ryder Aimee Nash di Las Vegas.

Astbury muncul pada trek milik UNKLE "Burn My Shadow", "When Things Explode" dan "Forever" Dia juga menyanyikan "Flame On" pada album solo Tony Iommi (gitaris Black Sabbath berjudul Iommi , serta duet dengan Deborah Harry pada dirinya 1989 album Def , Dumb and Blonde berjudul "Lovelight" . Pada tahun 2010, ia mengisi vokal untuk lagu " Ghost " pada album solo self-titled gitaris Slash. Lagu ini juga menampilkan mantan gitaris Guns N ' Roses Izzy Stradlin pada gitar . Astbury juga bermain drum pada lagu yang berjudul "gasp" oleh "Japanese Cartoon".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...