Laman

Kamis, 15 Desember 2016

TREY GUNN




Dilahirkan pada 13 Desember 1960 di Texas, AS adalah musisi Amerika, dikenal untuk keanggotaannya dalam band King Crimson dari 1994 hingga 2003, memainkan Warr Guitar dan Chapman Stick.

Seorang warga asli Texas yang kini bermukim di Seattle, Washington, Gunn memulai kehidupan musiknya pada usia tujuh tahun memainkan piano klasik. Minatnya dala musik tumbuh melalui berbagai alat musik: bass listrik, gitar listrik dan akustik, dan touch guitar. Dia pindah ke Eugene, Oregon, dan bermain di band-ban punk sementara dia menyelesaikan gelarnya dalam komposisi musik klasik di University of Oregon. Dia kemudian pindah ke New York City dimana karir profesionalnya dimulai.


Dia menghabiskan beberapa waktu sebagai murid dari Guitar Craft dengan pendiri Robert Fripp dan muncul di beberapa rekaman Robert Fripp and the League of Crafty Guitarists. Dari 1988 hingga 1991, dia melakukan tur memainkan Chapman Stick di UK dan Eropa, dengan Toyah Willcox, Robert Fripp dan Paul Beavis, pertama kali dibawah namd proyek band "Fripp, Fripp" yang pada tur kedua menjadi "Sunday All Over the World". Mereka merekam dan merilis satu album pada 1991 berjudul Kneeling at the Shrine. Di tahun yang sama dan dengan formasi SAOTW, dia juga memainkan stick di album solo Toyah, Ophelia's Shadow, diproduseri oleh Toyak yang kemudian menjadi tamu di album Gunn, The Third Star.

Pada 1992, dia diminta untuk bergabung dengan david Sylvain dan Robert Fripp dalam sebuah proyek kolaborasi yang melakukan tur AS, Eropa dan Jepang. Band merilis The First Day dan Damage - sebuah rekaman live dari Royal Albert Hall di London. Selama periode ini Gunn juga merekam album solo pertamanya One Thousand Years.

Pada 1994, Gunn bergabung dengan King Crimson. Dengan King Crimson dia memainkan Chapman Stick dan kemudian berbagai jenis Warr guitar dan adalah bagian dari formasi "double trio" Tony Levin. Pada 1997, King Crimson berubah menjadi sebuah konfigurasi lebih kecil yang dikenal sebagai the ProjeKcts. Gunn, bersama dengan Fripp, berpartisipasi dalam semua penampilan dan rekaman the ProjeKcts. Pada 1999, grup ini bermutasi menjadi empat orang - Belew, Fripp, Gunn dan Mastelotto. Dia meninggalkan King Crimson setelah tur "The Power to Believe" pada 2003. Selama masanya dengan grup dia berpartisipasi dalam 33 CD King Crimson, dua DVD dan ratusan penampilan.


Dia juga tampil dan rekaman dengan sejumlah musisi lain: Tool, Puscifer, Robert Frpp, Sean Malone dan Gordian Knot, David Sylvain, Vernon Reid, John Paul Jones, Eric Johnson, penyani Italia Alice, Azam Ali, Matt Chamberlain, Michael Brook, Bill Rieflin, David Hykes dari the Harmonic Choir dan banyak lagi. Dia sudah merilis sejumlah album solo, sebagai Trey Gunn dan sebagai pimpinan dari The Trey Gunn Band.


Bertahun-tahun bekerja dengan alat musik yang berat seperti Warr guitar berakibat secara fisik pada Gunn dan dia harus mencari alat yang tidak memberatkan untuk ekspresi artistiknya. Hal ini membawanya bekerja dengan gitar dalam posisi horisontal dan mempraktekkan aikido. Pada 2003, Gunn mendirikan grup multi-media Quodia dengan Joe Mendelson dimana dia berkontribusi vokal yang lebih banyak dibandungkan proyek sebelumnya dan Warr guitar yang sedikit. Pada 2004, dia dan Pat Mastelotto mulai berkolaborasi dengan Kimmo Pohjonen dan Samuli Kosminen, membentuk KTU berbeda dengan duo mereka masing-masing TU dan Kluster. Pada 2012, dia mulai bekerja dengan Jerry Marotta dalam grup The Security Project.


Selain membantu untuk menjalanlan sebuah label yang berbasis di Seattle bernama 7d Media, dia saat ini membagi waktunya antara karya solonya, musik film dan televisi, melatih para artis dan membangun proyek media multi-dimensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...