Laman

Senin, 05 Desember 2016

MINA CAPUTO




Dilahirkan dengan nama Keith Caputo pada 4 Desember 1973 di AS.

Caputo memulai Life of Agony pada 1989 dengan gitaris Joey Z. dan bassis Alan Robert. Drumer Sal Abruscato direkrut tidak lama kemudian. Setelah bersepakat dengan Roadrunner Records, mereka melakukan debut dengan album 1993, River Runs Red. Ridak lama setelah perilisan album ketiga pada 1997, Caputo mengklaim bahwa hatinya tidak lagi sejalan dengan gaya musik yang mereka tampilkan, dan meninggalkan grup.

Caputo juga menjadi tamu pada lagu "Free Spech (Will Cost You)", yang muncul di album Memory Rendered Visible oleh band Both Worlds, yang dirilis di Roadrunner Records.


Setelah meninggalkan grup, Caputo membentuk Absolute Bloom, tapi band itu bubar pada Juli 1998. Kemudian, Caputo membantu membentuk kembali band Brasil Freax, yang sudah bubar selama lebih dari 10 tahun. Mereka menghasilkan sebuah album self-title pada 2003.

Caputo juga bekerja secara luas pada karir solo pada 1990an, dan merilis dua album studio. Formasi asli dari Life of Agony melakukan reuni untuk dua pertunjukan yang laris di Irving Plaza New York pada 3 dan 4 Januari 2003. Reuni ini menghasilkan beberapa pertunjukan lagi dan muncul di festival-festival Eropa, juga merekam Broken Valley (2005), materi baru pertama milik band sejak 1997.

Pada 2003, Caputo membentuk sebuah grup yang berisi para musisi New York Mike Shaw (bass) dan Dan Platt (gitar), bersama dengan para musisi Belanda Jochem Van Rooijen (drum) dan Jack Pisters (gitar utama) yang melakukan tur dan rekaman yang menjadi album Live Monsters (2004).

Pada 2005, Caputo mengisi vokal untuk lagu "Tired N' Lonely" di album Roadrunner United: The All-Star Session.

Pada 1 Mei 2006, Caputo merilis album solo ketiganya Hearts Blood on Your Dawn yang hanya dijual di pertunjukan langsungnya, melalui mailorder melalui situsnya, dan di iTunes Store.

Pada 2007, Caputo merekam album keempat, A Fondness for Hometown Scars, yang menampilkan pemunculan tamu antara lain oleh Flea (dari Red Hot Chili Peppers) pada trumpet. Pada 2008, dia melakukan tur untuk mendukung rilisan ini, dengan band yang terdiri dari para musisi Belanda Ryan Oldcastle (gitar), Axel Van Oort (bass), dan Jochem van Rooijen (drum). Album ini diproduseri oleh Martyn LeNoble dan dirilis di Eropa pada April 2008 oleh label Belanda, Suburban Records. Caputo berpartisipasi sebagai penyanyi tamu di lagu band symphonic metal Belanda Within Temptation "What Have You Done", single pertama (dan lagu kedua) dari album 2007 mereka The Heart of Everything.


Pada 2011, Caputo membentuk sebuah proyek sampingan dengan Ryan Oldcastle dan Michael Shaw bernama The Neptune Darlings, dan merilis sebuah album pada 15 September 2011, berjudul Chestnuts & Fireflies. Gaya musik CD ini disebut "geek rock" oleh majalah The Advocate.

Pada Juli 2011, setelah tampil lebih dari duapuluh tahun sebagai seorang pria, Caputo mengumumkan rencana untuk berubah dari pria ke wanita dan mulai memperkenalkan dirinya dengan sebutan wanita. Untuk sesaat, nama resminya adalah Keith Mina Caputo. Dia seorang lesbian. "Saat saya adalah Keith, saya pasti tidak mengijinkan diri saya semuluk atau serentan seperti saya saat ini," kata Caputo pada sebuah wawancara 2016 yang muncul di situs musik, No Echo. "Saya seorang banci, lupakan saja (tertawa)! saya tidak lagi memiliki kejantanan atau sifat pria untuk dilindungi. Ini adalah sebuah transformasi yang sudah saya impikan sepanjang hidup saya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...