Laman

Sabtu, 31 Desember 2016

JOE HASSELVANDER




Dilahirkan pada 30 Desember 1956 di Washington DC, AS adalah seorang musisi Amerika yang sudah bermain secara profesional sejak berusia 9 tahun pada 1966. Dia belajar sendiri, memainkan violin dan kemudian drum. Dia sudah menjadi drumer dari band NWOBHM Raven sejak 1987, dan adalah anggota dari band doom metal berpengaruh Pentagram.

Hasselvander secara rutin bermain di seputaran klub militer di dan sekitar wilayah Washington, DC hingga 1973, saat dia diminta untuk bergabung dengan The Platters setelah memainkan sebuah pertunjukan dengan mereka di Waldorf, Maryland. Hasselvander menolaknya, mengatakan diaharus menyelesaikan SMA. Dia kemudian bergabung dengan sebuah ensembel jazz fusion bernama the Ra Notra Sextet yang menulis dan menampilkan musik serupa dengan Chick Corea atau The Mahavishnu Orchestra.

Pada 1973, Hasselvander kembali ke genre hard rock bermain dengan band Washington, DC. The Boyz di wilayah Washington/Baltimore. Pada 1976, Hasselvander diminta untuk bermain di Mountain dengan Leslie West di sebuah klub kecil di Alexandria, Virginia. Pada 1977, Hasselvander bergabung dengan Bobby Liebling dan memulai sebuah versi baru dan kerja sesi dari band heavy doom metal, Pentagram. Single pertama milik Hasselvander, “Living in a Ram’s Head” b/w “When the Screams Come”, direkam dengan Hasselvander berbagi tugas produksi dengan Liebling. Pada 1979 Pentagram membuka untuk Judas Priest di tur Hell Bent for Leather and kemudian tahun itu juga Hasselvander membentuk Overlord dengan para anggota Pentagram dan The Pack dari Link Wray.


Pada 1981, Hasselvander sekali lagi bergabung dengan The Boyz untuk merilis album Bustin’ Out, diikuti oleh sebuah pertunjukan Falls Church, Virginia dengan Ritchie Blackmore’s Rainbow. Hasselvander membentuk Death Row dengan gitaris Victor Griffin pada 1982 dan sekali lagi merekrut Bobby Liebling dan bassis Martin Swaney untuk menulis dan merekam LP pertama milik Pentagram di label New York Dutch East Records.


Hasselvander pindah ke New York dan merekam album Devil Childe dan Phantom Lord dengan mantan gitaris Virgin Steele Jack Starr. Dia juga merekam album solo pertamanya, Lady-Killer. Di Lady-Killer, Hasselvander menampilkan gitar ritem, bass, drum dan vokal, sementara Jack Starr memainkan solo gitar. Pada 1985 Hasselvander bekerja dengan legenda blues Inggris, Kim Simonds menampilkan pertunjukan 2 tahun menempuh AS dibawah nama Savoy Brown atau The Kim Simmonds Band. Hanya satu rekaman demo studio dan rekaman live yang dihasilkan formasi ini yang menampilkan para pemain dari Blue Cheers, Cactus, The Plasmatics dan The Rods.


Pada September 1987 Hasselvander membuat sebuah pemunculan cameo di album kedua milik Pentagram, Day of Reckoning, mengisi di lagu “Burning Saviour”. Hasselvander kemudian merekam semua drum, gitar, bass dan vokal untuk album solo keduanya, Road Kill, dirilis di Bad Posture Records dan kemudian merekam demo pertamanya dengan legenda NWOBHM, Raven di Bearsville Studios dekat Woodstock, NY.


Hasselvander bergabung dengan Raven pada akhir 1987 dan merekam album Nothing Exceeds Like Excess untuk Combat Records. Dia menindaklanjutinya dengan tur dengan Raven mendukung Testament di AS dan Kreator di Eropa pada 1989. Kemudian, dia rekaman dengan band Christian metal Armageddon untuk album pertama mereka, The Money Mask. Raven beralih label dan manajemen ke Drakkar Productions dan SPV/Steamhammer di Jerman dan merekam Architect of Fear, mendukung rilisan itu dengan tur dengan pirate rockers Jerman Running Wild. Sebuah video dari tur ini dibuat menjadi sebuah “rock-umentary” berjudul Electro Shock Therapy, yang menampilkan momen yang sangat hebat dengan Hasselvander di habitat alaminya. Video ini dirilis bersamaan dengan EP Heads Up! yang menampilkan outtake dari Architect of Fear dan lagu-lagu live dari tur. Sebuah tur dengan band Jerman Risk menyusul pada 1992.


Pada 1993, Hasselvander diminta untuk bermain dalam sebuah album reuni untuk Pentagram berjudul Be Forewarned untuk Peaceville Records yang berbasis di London, setelah merekam ulang drum untuk Day of Reckoning yang dirilis dalam bentuk CD. Kemudian, Hasselvander dan Victor Griffin diminta untuk mengisi gitar dan drum untuk band doom Inggris Cathedral yang mendukung Black Sabbath di sebuah tur musim semi 1994 di Eropa untuk album Cross Purposes mereka. Hasselvander kembali untuk merekam album ketujuh milik Raven, Gloe, di label Jepang Zero Corporation; album ini dirilis pada 1995. Hasselvander pergi ke Los Angeles untuk ambil bagian dalam Foundations Forum dengan Raven. Raven kemudian pergi Tokyo, Jepang, untuk membuat sebuah album live, Destroy All Monsters/Live in Japan, dan untuk merekam sebuah video konser MTV Jepang. Pada 1996 Hasselvander merekam Everything Louder dengan Raven di studio milik Pete Evick. Band terbang ke Eropa sekali lagi untuk menjadi penampil utama untuk album ini dengan band-band pendukung, Tank dan HammerFall.

Pada 1997, Hasselvander dan Bobby Liebling dikontrak label Italia, Black Widow, dan Review Your Choices direkam dengan Hasselvander memainkan drum, gitar dan bass dan Bobby mengisi vokal. Di musim gugur 1999 Raven pergi ke Nashville untuk merekam One For All dengan produser legendaris Michael Wagener. Sebuah tur pada Januari 2000 dengan U.D.O. menyusul di Jerman dan kemudian musim semi tahun itu di AS. Hasselvander kembali dikontrak Black Widow untuk merekam album Pentagram, Sub-Basement, yang dirilis dengan mendapatkan ulasan yang baik pada 2001.

Hasselvander memainkan banyak pertunjukan dengan Raven pada 2003 dengan Mark Gallagher yang mengalami cedera yang diakibatkan sebuah kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya pada 2002. Pada 2003, Hasselvander pergi ke Florida dengan Jack Starr untuk merekam album Under a Savage Sky dibawah bendera Jack Starr’s Guardians of the Flame, menampilkan vokal dari Shmoulik Avigal (mantan Picture, The Rods). Joe Hasselvander adalah produser di album ini.


Pada 2004, Hasselvander diminta untuk memainkan dua konser di New Hampshire dengan idola masa anak-anaknya, Blue Cheer. Pertunjukan berlangsung dengan baik dan mereka bersama menjadi terkenal. Maka dari pertunjukan itu direkam sebuah album dengan Hasselvander pada drum, What Doesn’t Kill You.... 2005 datang dan Hasselvander memainkan festival rock Jerman besar Keep It True dan Bang Your Head!!! dengan Raven, bersama dengan Whitesnake dan Foreigner. Penampilan Bang Your Head!!! dan Keep It True difilmkan dan dirilis dalam bentuk DVD pada 2006. Raven memainkan satu pertunjukan festival selama 2006 dan 2007.

Joe Hasselvander kemudian merilis album solo ketiganya The Hounds of Hasselvander di label heavy metal Jerman Rock Saviour Records, kali ini memainkan semuanya di album ini. Pada November 2007, Hasselvenader pergi ke Inggris untuk bermain di festival Hard Rock Hell di resor Butlins di Minehead. Ulasan oleh Geoff Barton dengan sederhana menyatakan bahwa “Raven took over the show from the likes of Twisted Sister, Saxon and UFO”. Ini semua diikuti dengan sedikit jadwal terpilih di Belanda dan Belgia.

Joe Hasselvander bermain dengan versi asli dari band solonya, The Hounds of Hasselvander pada sebuah tur di East Coast, AS. Joe Hasselvander bekerja dengan sebuah formasi baru untuk the Hounds of Hasselvander untuk tut Eropa dan Kanada di awal musim semi 2009. Pada 2008, Hasselvander berkonsentrasi di pertunjukan Raven mendatang di California dengan teman-teman dari Hirax, di klub legendaris New York, L’amour, dan kembali lagi ke Inggris pada September untuk sebuah tur mini Raven.

Pada Juni 2009, Hasselvander dan Raven tampil dua malam di Jepang untuk mendukung album baru band, Walk Through Fire (2009, King Records).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...