Laman

Selasa, 06 Desember 2016

J.J. CALE




Dilahirkan dengan nama John Weldon Cale pada 5 Desembr 1938 di Oklahoma City, Oklahoma, AS. Dia dibesarkan di Tulsa, Oklahoma, dan lulus dari Tulsa Central High School di tahun 1956. Bersamaan dengan mulainya dia mempelajari gitar dia mulai mempelajari prinsip-prinsip sound engineering saat dia masih tinggal dengan orangtuanya di Tulsa dimana di membangun sendiri studio rekamannya. Setelah lulus dia mendaftar ke jasa militer di Air Force Institute of Technology di Champaign, Illinois. Pengetahuan Cale tentang mixing dan rekaman suara akhirnya berperan penting dalam menciptakan sound yang berbeda di album-album studionya.

Bersama dengan sejumlah musisi Tulsa muda lainnya, Cale pindah ke Los Angeles di awal tahun 1960an, dimana dia bekerja sebagai studio engineer. Saat tinggal di Los Angeles di membuat sebuah single demo di tahun 1966 dengan Liberty Records dengan komposisinya ‘After Midnight’. Dia mendistribusikan kopi single ini ke teman-teman musisinya asal Tulsa yang tinggal di LA, sebagian besar mereka bekerja menjadi musisi sesi yang sukses. Walaupun dia berhasil mendapatkan waktu regular tampil di Whisky a Go Go (disinilah, menurut mengakuan dirinya sendiri, Elmner Valentine menyarankannya untuk memakai nama J.J. Cale untuk menghindari kebingungan dengan John Cale dari Velvet Underground), dia mendapatkan kesuksesan kecil sebagai artis rekaman, dan tidak bisa menghasilkan cukup uang sebagai studio engineer, dia menjual gitarnya dan kembali ke Tulsa dimana dia bergabung dengan sebuah band dengan musisi asal Tulsa Don White.

Di tahun 1970, menjadi suatu perhatian baginya bahwa Eric Clapton merekam cover “After Midnight” di album debutnya di tahun 1970. Sebagai hasil dari ini, disarankan kepada Cale bahwa dia harus mengambil keuntungan dari publisitas ini dan membuat rekaman sendiri. Album pertamanya, Naturally, memantapkan gaya musiknya, dideskripsikan oleh penulis Los Angeles Times Richard Cromelin sebagai “perpaduan yang unik dari blues, folk dan jazz, ditandai dengan groove yang relaks dan alur gitar dan vokal Cale. Penggunaan awalnya dengan drum machine dan pencampurannya yang tidak biasa menciptakan kualitas yang berbeda dan tak terbatas pada karyanya dan memisahkannya dari grup akar musik Amerika murni.”


Di otobiografinya di tahun 2003, Shakey, Neil Young menyebut, “Semua pemain gitar yang pernah aku dengarkan, (Jimi) Hendrix dan JJ Cale adalah pemain gitar listrik terbaik.” Di documenter tahun 2005 To Tulsa and Back: On Tour with J.J. Cale, gaya permainan gitar Cale dikarakteristikan oleh Eric Clapton sebagai “really, really minimal”, dan dia mengatakan dengan jelas, “it’s all about finesse”.

Single hit terbesarnya di AS, “Crazy Mama”, mencapai No. 22 di Billboard Hot 100 AS di tahun 1972. Di film dokumenter tahun 2005 To Tulsa and Back, Cale mengenang cerita saat diberi tawaran kesempatan untuk tampil di American Bandstand-nya Dick Clark untuk mempromosikan lagu ini, yang akan membuatnya makin tinggi posisinya di chart. Cale menolaknya saat dia diberi tahu tidak bisa membawa bandnya untuk bermain langsung dan hanya diperbolehkan untuk melukan lip-sync.

Cale sering bertindak selaku produser , engineer dan pemain sesi bagi dirinya sendiri. Vokalnya, terkadang bisikan, akan terkubur saat mixing. 

Katalognya dipublikasikan untuk seluruh dunia selain Amerika Utara oleh publikasi musik independen Fairwood Music (UK) Ltd.

J.J. Cale meninggal di usia 74 tahun di La Jolla, California, pada 26 Juli 2013, setelah mengalami serangan jantung.

Lagu-lagu yang ditulis oleh Cale yang telah dibawakan ulang oleh musisi-musisi lainnya antara lain: “After Midnight” dan “Cocaine” oleh Eric Clapton (“After Midnight” juga dibawakan ulang oleh Jerry Garcia dan “Cocaine”oleh Nazareth); “Bringing It Back” oleh Kansas; “Call Me The Breeze” oleh Lynyrd Skynyrd, Johnny Cash, Bobby Bare, John Mayer, dan Eric Clapton; “Clyde” oleh Wylon Jennings dan Dr. Hook; “I Got the Same Old Blues” oleh Captain Beefheart (di albumnya Bluejeans & Moonbeams tahun 1974), Lynyrd Skynyrd dan Freddie King; Magnolia” oleh Poco, Beck dan Lucinda Williams; “Ride Me High” dan “Travelin’ Light” oleh Widespread Panic; dan “The Sensitive Kind” oleh Santana (di album mereka Zebop! Tahun 1981).

Lagu di tahun 1992 “Run” di album debut Spritualized, Lazer Giuded Melodies, adalah sebuah lagu Cale “Call Me the Breeze” dengan beberapa lirik tambahan. Cale diberi kredit penulisan lagu di album ini.

The Band membawakan ulang “Crazy Mama” di album debut mereka High on the Hog di tahun 1996.

Album Bill Wyman’s Rhythm Kings di tahun 1999 dan lagu “Any Way the Wind Blows” dari albumnya, Okie, di tahun 1974.

Phish pernah memainkan “Ain’t Love Funny” dari albumnya Closer to You di tahun 1994 secara live beberapa kali. Satu versi muncul di box set Amsterdam milik Phish di tahun 2015, diambil dari penampilan pada 1 Juli 1997.

George Thorogood & The Destroyers membawakan ulang “Devil In Disguise” di album mereka Ride ‘Til I Die di tahun 2003.

Selain “After Midnight” dia album debut self-title nya di tahun 1970 dan “Cocaine” di album “Slowhand” tahun 1977, Eric Clapton telah membawakan ulang “I’ll Make Love To You Anytime” di album Backless tahun 1978. Lagu Cale lainnya oleh Clapton antara lain “Travelin’ Light” di album Reptile tahun 2001, “River Runs Deep” dan “Everthing Will Be Alright” di album album self-title nya Clapton tahun 2010, dan “Angel” di album Old Soc tahun 2013.

Di tahun 2014 Eric Clapton & Friends merilis album tribute The Breeze: An Appreciation of JJ Cale. Disini lagu-lagu Cale dibawakan ulang oleh Clapton dengan Tom Petty, Mark Knpfler, John Mayer, Don White, Willie Nelson, istri Cale Christina Lakeland, dan lain-lain. Di versi video dari Call Me The Breeze untuk album ini, Clapton mendeklarasikan Cale, “Dia adalah seorang musisi yang fantastik, dan dia adalah pahlawanku.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...