Laman

Selasa, 13 Desember 2016

DAN HAWKINS




Dilahirkan dengan nama Daniel Francis Hawkins pada 12 Desember 1976 di Chertsey, Inggris, adalah seorang gitaris rock Inggris, dikenal sebagai gitaris dan penyanyi latar dari band UK, The Darkness. Band ini dipimpin oleh kakaknya Justin Hawkins, mencapai kesuksesan mainstream tinngi antara 2002 dan 2006. Dia juga memainkan gitar utama untuk Stone Gods. Dia terpengaru oleh genre hard rock dan glam metal seperti Led Zeppelin, Aerosmith, Def Leppard, Whitesnake, AC/DC, Queen, Motley Crue dan Thin Lizzy.

Setelah pindah ke Lowestoft, dia belajar di Kirkley High School dan mendapatkan nilai bagus di GCSE miliknya sebelum meninggalkan kota asalnya untuk gaya hidup gemerlap dan kosmopolitan dari Camden, London. Dari usia muda, dia tergerak untuk menjadi seorang musisi, dimulai pada drum, beralih ke bass dan akhirnya menguasai gitar. Kembali ke hari-hari awalnya dalam karir profesioalnya, dia bekerja sebagai gitaris sesi untuk berbagai artis antara lain Natalie Imbruglia. Band-band terdahulu meliputi Vital Signs dan Empire sebelum The Darkness yang terdiri dari Justin Hawkins, Ed Graham, Frankie Poullain dan kemudian, Richie Edwards, menjadi sebuah kesuksesan mainstream. Dengan The Darkness dia memenangkan penghargaan Brits, MTV dan Kerrang dan Ivor Novella Award yang bergengsi untuk penulisan lagu pada 2004. The Darkness bubar pada 2005.


Pada 2006, setelah The Darkness bubar, Dan berkumpul kembali dengan rekan band Richie dan Ed untuk memulai band yang, setelah merekrut bassis Toby Macfarlaine, menjadi Stone Gods. Dia memainkan lead guitar dalam band dan merilis album debut Silver Spoons & Broken Bones, yang diterima baik secara kritiks. Stone Gods mengalami hiatus pada 2011, mengikuti reuni The Darkness.


Hawkins terlibat dengan proses produksi selama perekaman dari album The Darkness, belajar keahlian bersama produser terkenal, Roy Thomas Baker. Dia ikut memproduseri B-sides dari One Way Ticket to Hell... and Back. Proyeknya yang dikredirkan pertama adalah album Stone Gods, Silver Spoons & Broken Bones dengan produser rekaman, Nick Brine. Hawkins juga membangun dan memiliki sebuah studio rekaman tetap komersil yang mewah 'Leeders Farm' di Wymondham, Norfolk dimana album-album The Darkness direkam, yang dijalankan oleh Brine dan rekannya Katy Dann. Band-band seperti The Dandies, Arctic Monkeys, Seasick Steve, The Rifles, Teenage Fanckub, Wild Beasts, dan band baru milik gitaris Thunder, Luke Morley, The Union semuanya melakukan rekaman disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...