Laman

Senin, 05 Desember 2016

MORTEN VELAND




Dilahirkan pada 4 Desember 1977 di Stavanger, Norwegia, adalah seorang multi-instrumentalis, komposer, penulis lagu dan produser Norwegia. 

Pada usia 14 tahun, Veland mulai menabung untuk membeli gitar listrik pertamanya. Dia mengunci dirinya dalam kamar dan berlatih setiap hari dan malam. Veland terisnpirasi oleh Appetite of Destruction milik Guns N' Roses dan Trash milik Alice Cooper untuk menjalani karir dan setelah itu menyukai The Sisters of Mercy, Fields of Nephilim, dan The Mission.


Pada 1992, Veland memasuki kancah musik saat dia baru berusia 15 tahun. Dia dan rekan band Kenneth Olsson, yang kemudian membentuk Tristania, membentuk Uzi Sucide. Mereka digambarkan sebagai sebuah gabungan dari Rock dan Metal. Namun, minatnya tumbuh kepada kancah gothic Inggris. Hal itu menginspirasi penulisan lagunya menjadi bernuansa lebih gelap dan suram. Formasi Uzi Suicide menjadi Tristania.


Pada 1995, dia ikut mendirikan Tristania dan pada usia 19 tahun menandatangani kesepakatan kontrak pertamanya. Veland merilis 2 album dan EP dengan band. Tristania menjadi salah satu band terdepan pada saat itu. Mereka melakukan tur menempuh benua Amerika dan juga di Eropa. Band tampil di beberapa festival musik terbesar di Eropa. Sementara di Tristania, dia adalah penulis lirik utama, penulis lagu dan gitaris, juga bertanggung jawab untuk growling vocal, hingga dia meninggalkan Tristania setelah dua album penuh karena perbedaan sosial dan musikal.


Setelah Tristania, pada 2001 dia membentuk bandnya sendiri Sirenia, membuat komposisi genre musik yang sama, dimana dia berkontribusi hampir semua alat musik juga growling vocal. Anggota band lainnya sebagian besar digunakan ahanya saat tampil langsung.


Saat membawa Sirenia ke arah yang lebih melodik, Veland mulai menulis gaya musik lainnya. Dia akhirnya memiliki banyak ide hebat tapi sangat tidak cocok dengan konsep musik bandnya saat ini. Sejak dia merasakan musik itu sangat bagus, dia memutuskan untuk membentuk Mortemia. Gaya musikya serupa dengan album kedua Tristania Beyond the Veil. Band teken kontrak dengan Napalm Records pada 6 Juli 2009. Mortemia hanya proyek studio, tapi dia ingin melakukan formasi langsung di masa depan. 


Selama karirnya dia menghormati dan mengagumi: Guns N' Roses, Metallica, Leonard Cohen, The Sisters of Mercy, Fields of the Nephilim, The Mission, Tiamat, Nick Cave, dan Paradise Lost.


Dia tetap melakukan kontak dengan Kenneth Olsson, drumer asli Tristania, yang tetap tinggal di daerah Stavanger. Selain mendapatkan penghasilan dari bandnya, dia menjalankan studio Audio Avenue dan bekerja sebagai produser dan penata rekaman. Lima band Norwegia teratas sepanjang masa pilihannya adalah Dimmu Borgir, Emperor, The 3rd and the Mortal, Satyricon dan Immortal. Selama waktu luangnya dia mengumpulkan cognac, red wine, dan bir. Dia juga suka bermain catur dan pergi memancing. Veland menyukai alam dan suka berjalan menempuh hutan dan gunung.

Dia memiliki seorang istri bernama Rozemarijn, yang juga biasa dipanggil Rose. Mereka berpacaran lama sebelum pernikahan mereka, dan Rose menjalankan laman MySpace Sirenia untuk beberapa saat. Menurut sepengetahuan umum, pasangan ini tidak memiliki anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...