Laman

Jumat, 09 Desember 2016

GREG HOWE




Gitaris dan komposer berkebangsaan Amerika ini dilahirkan dengan nama Gregory Howe pada 8 Desember 1963. Sebagai musisi yang aktif selama hampir tiga puluh tahun, ia telah merilis delapan album studio selain berkolaborasi dengan berbagai artis. 

Setelah meninggalkan SMA dan bermain di sejumlah klub di sekitar daerah New Jersey, New York dan Pennsylvania dengan saudaranya Albert (penyanyi) selama sebagian besar tahun 1980an, Greg Howe resmi memulai karir solonya setelah mengirimkan demo tape ke Shrapnel Records pada tahun 1987, di mana ia langsung dikontrak oleh pendiri Mike Varney. Album debut self-titlenya dirilis pada tahun 1988, selama era shred yang terkenal, dan kemudian menjadi album terlarirnya; sebuah artikel di majalah Guitar World tahun 2009 menempatkannya di peringkat kesepuluh di the all-time top list of shred albums. 


Tahun berikutnya, ia bergabung dengan Albert untuk membentuk band hard rock yang terinspirasi Van Halen bernama Howe II. Melalui Shrapnel, mereka merilis dua album studio: High Gear (1989) dan Now Hear This (1991). Album solo keduanya, Introspection, dirilis pada tahun 1993. Pada titik ini gayanya telah berubah secara radikal dari instrumental rock yang lugas dari kedua debutnya dan album Howe II, lebih ke pendekatan fusion jazz yang tetap unik dan teridentifikasi sampai hari ini; beberapa cirinya adalah Legato kidal yang cepat (yang sangat dipengaruhi oleh gitaris fusion jazz Allan Holdsworth), dan sering menggunakan tapping dan ‘time signature’ yang aneh. Salah satu aspek penting dari teknik legato Howe adalah “hammer-on" dari mana saja, di mana not tersebut di ‘hammer-on’ ke senar yang berbeda tanpa dipetik terlebih dahulu.

Sebuah trio album dibuat di pertengahan dekade- Uncertain Terms (1994), Parallax (1995) dan Five (1996) –semuanya adalah evolusi yang konsisten dari suara yang telah dia adopsi pada Introspection. Selama ini ia bekerja sama dua kali dengan sesama gitaris Richie Kotzen untuk album Tilt dan Project masing-masing pada tahun 1995 dan 1997. Ia kemudian secara singkat bereksperimen dengan gaya neo-klasik yang berat untuk rilisannya di tahun 1999, Ascend, yang menampilkan kibordis Vitalij Kuprij. Namun, ia mengatakan ketidakpuasannya untuk proyek itu, serta kolaborasi sebelumnya di album Kuprij sendiri, High Definition (1997). 


Setelah beralih label ke rekan Shrapnel yang berorientasi jazz, Tone Center Records, ia kembali ke gayanya yang telah dikenal dengan Hyperacuity (2000), yang masih sebagai rekaman dengan beberapa eksperimen yang menonjolkan jazz fusion. Setelah proses rekaman yang sangat bermasalah untuk Extraction (2003) – sebuah kolaborasi dengan drummer Dennis Chambers dan bassist Victor Wooten-dia mengambil hiatus dari rekaman materi solo sampai rilis album studio kedelapannya, Sound Proof, pada tahun 2008.
 
Dalam sebuah artikel oleh majalah Guitar World di tahun 2015, Howe menduduki peringkat 10 dalam Top 10 Pick Squealers of All Time. 

Pada tahun 2012 diumumkan bahwa Howe akan bermain di sebuah band baru bernama Maragold, yang akan terdiri dari drummer Gianluca Palmieri (yang sebelumnya bermain di Sound Proof), bassis Kevin Vecchione (dari Five), serta vokalis baru Meghan Krauss. Sebuah video promosi diunggah ke YouTube pada tanggal 6 Oktober 2012, dan album self-titled band ini dirilis pada tanggal 23 April 2013. Maragold telah merilis tiga video musik resmi melalui YouTube: "Evergreen is Golder", "Paradigm Tsunami" dan "Lullaby". 


Saat ini berada di Las Vegas, Nevada (setelah sebelumnya tinggal di Easton, Pennsylvania sampai sekitar 2006), Howe terus bekerja sebagai musisi sesi dan produser, serta memberikan pelajaran gitar online melalui situs resminya. Dari 2010 dan seterusnya ia telah melakukan tur Eropa untuk pertama kalinya, setelah lama menyatakan keinginan untuk tur benua sebagai artis solo.
 
Selama karir solonya, Howe telah terus membuat dirinya siap sebagai musisi sesi untuk banyak bintang pop terbesar dunia. Baru-baru ini ia telah bermain dengan artis seperti Christina Aguilera, Rihanna, Lady Antebellum, P Diddy, T-Pain dan Salt-n-Pepa-. Pada tahun 1996, ia menggantikan Jennifer Batten sebagai gitaris utama selama tur Asia dan Eropa dari HIStory World Tour penyanyi Michael Jackson. Dia kemudian akan menyediakan kemampuan permainan gitarnya untuk penyanyi Enrique Iglesias pada tahun 2000, yang memuncak dalam serangkaian pertunjukan televise dengan profil tinggi dan tur Eropa. Dua tahun berikutnya Howe direkrut sebagai gitaris untuk boyband 'N Sync selama dua tur Amerika Serikat. Setelah penyanyi Justin Timberlake meninggalkan 'N Sync, Howe terus tur dengan dia pada tahun 2003.
 
Delapan tahun kemudian, Howe bekerja sama lagi dengan Timberlake, serta rapper TI, untuk tampil di 2009 Grammy Awards. Pada tahun yang sama, Howe bermain sebagai bagian dari Ultimate Zero Project milik kibordis/pemain biola Eddie Jobson, dalam line-up yang terdiri dari bassis Tony Levin dan John Wetton, dan drumer Marco Minnemann dan Simon Phillips. Pada tahun 2011, Howe melakukan tur ke Vladivostok, Italia dan Israel dengan drummer Dennis Chambers dan bassist Stu Hamm. Pada bulan November tahun itu, album anumerta kedua Michael Jackson, Immortal, menampilkan permainan Howe pada "Dancing Machine" dan "Beat It".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...