Laman

Kamis, 22 Desember 2016

CARL WILSON




Dilahirkan dengan nama Carl Dean Wilson di Hawthorne, Los Angeles County, California, pada 21 Desember 1946. Bersama dengan kakak-kakaknya Brian dan Dennis, Carl Wilson mulai memainkan gitar saat remaja. Pada 1961, ketiga bersaudara itu, bersama dengan sepupu, Mike Love, dan teman mereka, Al Jardine, mendirikan the Beach Boys.

Grup ini segera menjadi terkenal di seluruh dunia, dengan lagu-lagu harmoni dan yang bertema pantai California Selatan dan selancar mereka yang menjadi ciri khas. Mereka merilis single pertama mereka, "Surfin'," pada Desember 1961, dan dalam beberapa bulan, lagu itu menjadi daftar single Billboard Hot 100, pada akhirnya mencapai No. 75 dan bertahan di tangga lagu selama enam minggu.

The Beach Boys menandatangani kontrak dengan Capitol Records pada 1962. Tahun itu juga, mereka merilis album utuh pertama mereka, Surfin' Safari, yang mencapai No. 32 di tangga album Billboard.


The Beach Boys merilis sejumlah single selama awal 1960an. Walaupun Brian menulis sebagian besar lagu-lagu milik grup, Carl adalah pimpinan secara tidak langsung di awal hari dan sering menyanyikan harmoni dengan saudara-saudaranya-walau dia menyanyikan vokal utama pada lagu antara lain "God Only Knows" dan "Good Vibrations".

Carl Wilson menikah dengan Annie Hinsche pada 1966. Pasangan ini memiliki dua putra: JOnah, lahir pada 1969, dan Justyn, lahir pada 1971.

Diklaim sebagai seorang penentang setelah dimasukkan ke dalam angkatan bersenjata pada 1967, selama perang Vietnam, Wilson diberi status keluar dengan syarat bahwa dia menampilkan musiknya, tanpa tuntutan, di penjara dan rumah sakit.

Wilson menikah dengan Gina Martin, putri dari penghibur Dean Martin, pada 1987. Pasangan ini menikah hingga kematian Wilson.

Carl Wilson meninggalkan the Beach Boys untuk sementara waktu pada 1981 untuk menciptakan album solo pertamanya, self-title Carl Wilson, melakukan tur dengan bandnya. Dia bergabung kembali dengan the Beach Boys tahun berikutnya, dan bertahan dengan mereka selama sisa karirnya.

Kakak Carl, Dennis Wilosn, meninggal dalam sebuah kecelakaan kolam renang pada 1983. Pada sebuah wawancara 1985 dengan the Los Angeles Times, Wilson tentang kesulitan yang dialami band: "Tentu, kami berbagi secara adil," dia berkata. "Tapi saya tidak tahu jika kami memiliki kelebihan dibandingkan dengan band lainnya ... Kami selalu memiliki cara untuk membawa diri kami dalam kesulitan."

Pada 1988, the Beach Boys, yang masih melakukan tur secara luas, menampilkan lagu-lagu selancar sejati mereka, sekali lagi hit No. 1 yang lama ditunggu-tunggu dengan "Kokomo." Tahun itu juga, band dilantik ke dalam Rock n' Roll Hall of Fame. Pada 2001, grup ini diberi penghargaan dengan the Recording Academy's Lifetime Achievement Grammy Award.

Bahkan setelah didiagnosa dengan kanker paru-paru, Wilson melakukan tur dengan the Beach Boys untuk tur tahunan ke 36 mereka pada 1997. Dia meninggal dari komplikasi dari penyakit pada 6 Februari 1998 di Los Angeles, pada usia 51 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...