Laman

Kamis, 08 Desember 2016

THUNDERSTICK




Dilahirkan dengan nama Barry Graham Purkis pada 7 Desember 1954 di Inggris, adalah seorang drumer Inggris yang memakai beragam topeng dan biasanya tampil di panggung dengan dikunci dalam sebuah kandang. Dia bermain di band terkenal Samson, dengan siapa namanya selalu dihubungkan.

Pada 1979 Dia membangun ciri khasnya mengambil model pada ikon horor seperti The Rocky Horror Show, Dr. Phibes dan film horor Hammer lama, secara bergantian menggunakan tata rias hitam dan putih, sebuah topeng orang tua/guru sekolah, sebuah topeng katun hitam dan yang menjadi merk dagangnya topeng bola kaca. Dia bermain dalam sebuah kandang, termasuk selama sebuah reuni Samson singkat pada 2000. Dengan Samson dia menikmati kesuksesan tingkat atas, terutama saat album mereka Head On dirilis pada 1980 dan mencapai No. 34 di tangga album UK. Single berikutnya Riding With the Angels, dari album Shock Tactics, masuk ke tangga lagu di UK di No. 54.


Dalam sebuah kesempatan langka wajahnya terlihat saat dia memainkan peran utama di film kelas b Biceps of Steel, menampilkan bandnya pada saat itu Samson. Di film ini adik ipranya Ben K. Reeves tampil sebagai Thunderstick, hanya untuk pengambilan gambar saat Purkis dan Thudnerstick akan ditampilkan pada saat yang sama.

Pada Juni 2005 edisi Classic Rock Magazine, Thunderstick dicantumkan di No. 36 dalam daftar "50 Greatest Drummers in Rock".

Purkis mulai bermain drum di tingkat semi profesional saat bergabung dengan band asal Inggris yang sangat sukses The Primitives (juga dikenal sebagai "Mal Ryder & The Primitives" - jangan bingung dengan band Inggris 80an) pada 1974. Mereka secara luas melakukan tur di Italia Selatan.

Kemudian dia menjadi seorang drumer untuk Iron Maiden secara singkat pada 1977, waktu yang lama sebelum dia menciptakan persona topengnya. Banyak cerita fantastis tentang kebiasaan dari Purkis selama jabatanya dalam Iron Maiden, salah satunya adalah selama sebuah pagelaran dia jatuh tertidur saat di panggung. Selama jabatan awalnya di Samson, Purkis juga diminta untuk bergabung dengan Iron Maiden pada 1980 setelah band melakukan tur dengan Samson tapi menolak agar bisa bertahan dengan Samson. Hal ini terutama karena citra aneh teatrikalnya sudah terkenal, dan kemudian dia dipandang menjadi "the face of the New Wave of British Heavy Metal". Pendahulunya di Samson Clive Burr pada akhirnya mengambil posisi Maiden.


Setelah dia meninggalkan Samson karena perbedaan artistik, Thunderstick kemudian membentuk band miliknya sendiri bernama Thunderstick terdiri dari dua gitaris, bass dan vokalis wanita. Mereka merekam dua album hard rock, EP Feel Like Rock 'n' Roll? (1983) dan sebuah LP utuh Beauty and the Beasts (1984) via Magnum/Thunderbolt Records. Album-album sudah diperbarui dan mendapat mastering ulang untuk rilisan CD pada 2011, sebuah antologi berjudul Echoes from the Analogue Asylum yang juga menampilkan materi yang sebelumnya tidak dirilis.

Band dibubarkan pada 1986, setelah melakukan rekaman album terakhir mereka yang belum dirilis Don't Touch, I'll Scream. Baik Thunderstick dan vokalis Jodee Valentine pergi ke AS untuk mencoba untuk mendapatkan sebuah kesepakatan baru. Sebuah formasi Amerika baru dibentuk, tapi segera dibubarkan untuk mempertahankan identitas mereka dalam skena NWOBHM. Keduanya kembali ke UK. Inkarnasi kelima dibuat pada 1988, didukung oleh sebuah kontrak manajemen dengan profil tinggi, tapi Thunderstick dibubarkan lagi setelah gagal untuk mendapatkan kesepakatan mayor dengan sebuah label.

Sebagai Barry Purkis, di akhir 80an dia bekerja dengan Bernie Thirme and the Electric Gypsies, dan para artis lainnya.

Dia tampil sebagai Thunderstick lagi dalam serangkaian pagelaran solo Paul Samson di Amerika dengan bassis Eric Mauriello, pada 1989. Ace Frehley bermain dengan mereka selama sebuah encore di the New York Roxy. Thunderstick bergabung kembali dengan Samson dua kali, satu kali pada 1990 untuk menulis dan merekam materi baru (kemudian diedarkan pada 1999 dengan judul Past Present & Future) dan kemudian lagi pada 1999-2000, untuk pagelaran reuni baik di Jepang dan di Wacken Festival di Jerman. Input penulisan lagunya dimasukkan di album solo milik Paul Samson P.S... 1953-2002 yang awalnya dijadwalkan sebagai album baru milik Samson dengan judul "Brand New Day".

Purkis masih menulis musik, dan terlibat dalam produksi untuk para artis lain. Pada 25 April 2009 dia bermain di the Keep It True Festival di Jerman dengan sebuah reuni dari berbagai artis heavy metal Inggris, menandakan kembalinya persona Thunderstick miliknya.

Pada 22 April 2016, mantan vokalis utama Jodee Valentine meninggal pada usia 56 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...