Laman

Rabu, 14 Desember 2016

DANNY LOHNER




Dilahirkan pada 13 Desember 1970 di Corpus Christi, Texas, AS dengan nama Daniel Patrick Lohner, sering dikenal sebagai Renholder, adalah seorang musisi Amerika. Dia bekerja dengan Trent Reznor di berbagai kesempatan, keduanya dengan Nine Inch Nails dan yang kini tidak aktif Tapeworm. Dia juga sudah bermain untuk Killing Joke, Methods of Mayhem, dan di masa lalu adalah salah satu anggota pendiri dari band industrial-thrash Skrew, juga salah satu anggota dari band thrash metal Texas, Angkor Wat.

Pada 1994, Trent Reznor membawa Lohner masuk Nine Inch Nails untuk bermain gitar bass, dan kibord untuk band secara langsung. Lohner bertahan dengan band selama putaran tur untuk The Downward Spiral, baik rekaman dan tur di belakang The Fragile, album/DVD live And All That Could Have Been, dan rekaman dari EP Still. Lohner meninggalkan Nine Inch Nails secara naik-baik untuk fokus pada pekerjaan produksi saat Reznor mulai mengerjakan album Nine Inch Nails, With Teeth. Lohner tampil di banyak remix NIN selama waktu ini, dan tampil di rekaman Nine Inch Nails dari “Big Man With a Gun”, “Somewhat Damaged”, “Even Deeper”, “The Great Below”, berbagai lagu dari Still juga memainkan berbagai alat musik pada setiap lagu di And All That Could Have Been. Dia adalah penampil tamu dengan NIN secara langsung selama Wave Goodbye Tour mereka pada 2009.


Dia tampil di album terobosan Marilyn Manson, Antichrist Superstar, juga sebagian besar Nine Inch Nails karena hubungan Trent Reznor dengan Manson, bertindak sebagai pembimbingnya di dunia musik. Lohner dapat didengar memainkan gitar akustik pada “The Reflecting God” dan lead guitar pada “Angel With the Scabbed Wings.”

Lohner bekerja sama dengan Eminem dan Marilyn Manson pada lagu “The Way I Am (Danny Lohner Remix)”.

Dia saat adalah anggota studio dari Puscifer, membantu dengan perekaman dan mengisi alat musik dan vokal jika diperlukan.


Setelah bassis lama Jason Newsted meninggalkan Metallica dan rekaman lanjutan dari album St. Anger, Lohner adalah salah satu dari sedikit musisi yang terpilih yang diundang oleh band untuk audisi untuk lowongan kosong bassis (produser Bob Rock sudah merekan bagian bass untuk album itu). Walaupun dia tidak bergabung dengan band, dia dapat dilihat secara singkat dalam dokumenter dari pembuatan album dan perubahan dalam band selama periode itu, Some Kind of Monster.


Lohner secara rutin dapat ditemukan berkontribusi untuk musik film dengan sesama alumni Nothing Records, Charlie Clouser dan Clint Mansell. Selain itu, dia melakukan remix untuk berbagai artis dibawah nama Renholder (sebuah anagram candaan dari Re: D. Lohner). Ini dimulai sebagai hasil dari lagu dengan judul sama, yang muncul di album debut milik A Perfect Circle, Mer de Noms. Kontras dengan kepercayaan umum, Lohner tidak bekerja pada lagu ini tapi kemudian dikatakan oleh gitaris Billy Howerdel bahwa lagu ini tentang dia. Dia sudah munculdi semua album milik A Perfect Circle hingga kini dalam satu bentuk atau lainnya dan juga sudah muncul di panggung dengan band.

Pada awal 2003, situs resmi A Perfect Circle mengumumkan bahwa Renholder akan menggantikan Troy Van Leeuwen sebagai gitaris kedua band. Sementara Lohner tidak menerima kredit pada rilisan kedua milik band, Thirteenth Step, dia memiliki obligasi lain pada saat tur dimulai, dan mantan gitaris Smashing Pumpkins James Iha mengsisi kekosongan itu. Alasan paling menonjol untuk kepergian Lohner adalah obligasinya untuk memproduseri soundtrak dari film Underworld. Soundtrack ini adalah sebuah kumpulan yang sebagian besar lagu-lagunya ditulis, diproduseri, di-remix, dan dimainkan oleh Lohner dan teman-temanya dalam industri musik, meliputi David Bowie, TRUSTcompany, Maynard James Keenan, Johnette Napolitano, dan lainnya. Lohner bekerja dengan Richard Patrick dari Filter, Wes Borland dari Limp Bizkit dan Black Light Burns, dan Josh Freese dari A Perfect Circle dan Nine Inch Nails, dalam sebuah proyek bernama The Damning Well. Total 14 lagu yang direkam, tapi hanya satu yang dimasukkan dalam Soundtrack. Satu lagu Damning Well, “Coward”, yang aslinya menampilkan Amy Lee dari Evanescence pada vokal tamu, akhirnya dikerjakan ulang untuk dimasikkan dalam album debut oleh Black Light Burns tanpa vokal milik Lee karena pelarangan kolaborasi dari label rekamannya Wind-Up. Sejauh ini, tidak ada rencana untuk merilis sisa lagu.

Pada November 2004, Lohner sangat berkontribusi pada eMOTIVe, album utuh ketiga oleh A Perfect Circle. Album ini adalah koleksi sebagian besar dari lagu-lagu cover, tapi juga menyertakan “Counting Bodies Like Sheep to the Rhythm of War Drums,” sebuah kelanjutan dari “Pet” dari album kedua milik band, Thirteenth Sheep. Selain itu, adalah sebuah karya asli, berjudul “Passive,” yang merupakan versi final dari lagu yang aslinya dibuat untuk proyek Taprworm. Lagu ini akhirnya muncul di soundtrack dari film Constantine, dan Lohner muncul di video untuk lagu ini. Sebuah kembaran dari eMOTIVe, pada 2004 juga dirilis aMOTION, sebuah koleksi 2 disk yang menyertakan sebuah CD dari remix milik band dan sebuah DVD dari video musik dan materi live. Album remix menyertakan remix milik Lohner dari “3 Libras,” “Judith,” “Weak and Powerless,” dan “The Outsider.” Walaupun remix ini sebelumnya sudah ada di berbagai soundtrack dan CD single, 3 Libras adalah pengerjaan ulang dari rilisan aslinya, dan “Judith” kini menampilkan lirik yang disensor. Baik di eMOTIVe dan aMOTION, Lohner dikreditkan sebagai anggota band.

Lohner terlibat dnegan Thirty Seconds to Mars dalam programming pada lagu mereka “Fallen” dari album self-title mereka.


Pada 2005 dan 2006, Lohner terlibat lebih jauh dengan Borland dalam sebuah proyek bernama Black Light Burns, mengambil peran produser juga memainkan gitar, bass, synth, programming, dan lainnya. Proyek ini merupakan penerus dari the Damning Well, saat melibatkan sebagian besar anggotanya termasuk Josh Eustis dari Telefon Tel Aviv dan Josh Freese. Album ini dirilis pada 5 Juni 2007, yang diikuti oleh tur dimana Lohner tidak bisa berpartisipasi karena aktifitas lainnya, meskipun usaha Borland untuk membawa Lohner untuk bergabung dalam formasi tur.

Dia juga bekerja dengan artis rock Jepang terkenal HYDE pada 2005-2006, merekam trek bass bersama dengan Craig Adams di album Faith milik Hyde.

Lohner ikut menjadi produser album Keep Telling Myself It’s Alright dengan rekan band lamanya Billy Howerdell untuk proyek solo milik Howerdel, Ashes Divide.

Dia juga terlibat dengan mantan anggota Blink-182 Tom Delonge dan band barunya Angels & Airwaves dalam produksi dan programming pada lagunya “Disraction” dari album We Don’t Need to Whisper.

Pada Maret 2008, diumumkan bahwa dia akan memproduseri album debut dari album solo gitaris Korn, James “Munky” Shaffer, Fear and the Nervous System.

Pada Desember 2008, Genghis Tron merilis Board Up The House Remixes Volume 3 (dari lima bagian seri perilisan remix vinyl) via Relapse Records. Lohner berkontribusi remix-nya dari lagu trek judul milik band dari album 2008, Board Up the House.

Lohner memproduseri CD/DVD milik band rap rock Hollywood Undead, Desperate Measures, yang dirilis pada 10 Nopember 2009. Dia juga mengerjakan remix (dibawah alias ‘Castle Renholder’) untuk lagu milik band dari album debut mereka, “Everywhere I Go”, dan memproduseri lagu-lagu “Dove & Grenade” dan “How We Roll”. Lohner juga menjadi produser pada album debut 2008 milik band Swan Songs, dan single 2012 mereka “We Are”.

Lohner memproduseri Crisis in Utopia, album debut dari band heavy metal California, Holy Grail. Album ini dirilis pada 26 Oktober 2010 (di AS).

Lohner memproduseri Smite and Ignite untuk band fiksi League of Legends, Pentakill, dirilis pada 3 Juni 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...