Laman

Rabu, 28 Desember 2016

SCOTTY MOORE





Dilahirkan pada 27 Desember 1932 di Gadsden Crockett County, Tennessee, AS dengan nama Winfield Scott Moore III. Moore adalah seorang pelopor gitaris rock n' roll yang memainkan rekaman pertama milik Elvis Presley untuk Sun Records. Dia mulai bermain gitar pada usia 8 tahun. Dia terdaftar di Navy dan bertugas di Korea dari 1948-1952. Dia merupakan penggemar dari Chet Atkins.


Moore mendirikan the Starlite Wranglers tidak lama setelah tugasnya usai di militer. Band ini merekam sebuah single untuk label baru yang berorientasi blues Sun Records pada Mei 1954. Atas saran dari manajer kantor Sun, Moore bergabung dengan Presley dan berlatih dengan vokalis itu. Mereka masuk studio pada 5 Juli 1954 dan membuat sebuah versi dari "That's Alright" milik Arthur Crudup. Dirilis sebagai single, lagu ini menjadi terkenal dan mendongkrak karir Presley.


Moore dipekerjakan pada semua single milik Sun selanjutnya, meliputi penampilan klasik seperti "Blue Moon of Kentucky", "Baby Let's Play House", "Mystery Train" dan "Good Rockin' Tonight". Sebagai seorang anggota dari the Blue Moon Boys, Moore mendukung Presley pada tur awal penyanyi itu menempuh wilayah Selatan, dimana bintang rock n' roll yang menanjak ini terkadang digabungkan dengan rekan labelnya di Sun, Johnny Cash dan Jerry Lee Lewis. Setelah Presley menandatangani kontrak dengan RCA, Moore mengikutinya ke studio di Nashiville dan New York, bermain di album-album awal Presley yang sukses. Dia juga mendukung Presley di pemunculan TV awalnya yang terkenal di berbagai acara the Dorsey Brothers, Milton Berle dan Ed Sullivan.


Setelah Presley masuk ke ketentaraan pada 1958, Moore menjadi wakil presiden di Fernwood Records dan menjadi produser beberapa album untuk label itu. Saat Presley kembali dari dinasnya pada 1960, Moore terhubung kembali dengannya, muncul di beberapa rekaman dan acara TV yang berpuncak pada acara "comeback" khusus milik NBC pada Desember 1968 dimana Presley kembali ke wilayah musik setelah bertahun-tahun membintangi film-film Hollywood. Acara itu sangat didukung oleh sebuah penampilan grup kecil yang intim yang menampilkan Moore pada gitar.


Di tahun-tahun selanjutnya, Moore mendirikan Independent Producers Corp. dan mengatur acara TV untuk Opryland Productions. Pada 1992, dia muncul dengan rekan label lamanya dan sesama gitaris rock Carl Perkins di rekaman '706 Reunion' dan pada 1997, dia merekam 'All the King's Men' dengan mantan drumer Presley, D.J. Fontana dan beberapa bintang seperti Keith Richards, Ron Wood, Levon Helm dan Jeff Beck.

Moore ada di peringkat 29 dalam daftar milik majalah Rolling Stones dari 100 Greatest Guitarists of All Time pada 2011. Pada 2000, Moore dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dan the Memphis Music Hall of Fame pada 2015. Dia menjadi inspirasi pada banyak gitaris terkenal lainnya, seperti George Harrison, Jeff Beck dan Keith Richards.

Moore meninggal pada 28 Juni 2016 di Nashville County, Tennessee, AS pada usia 84 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...