Laman

Senin, 05 Desember 2016

GARY ROSSINGTON




Dilahirkan dengan nama Gary Robert Rossington pada 4 Desember 1951 di Jacksonville, Florida, AS.

Ibunya Berniece (untuk siapa sebuah lagu oleh Lynyrd Skynyrd sebagai sebuah penghormatan pleh Rossington) mengingat bahwa Gary saat anak-anak memiliki minat dalam bisbol dan ingin menjadi seorang New York Yankee, dan Gary sendiri mengingat bahwa dia adalah seorang "good player" hingga dia mendengar The Rolling Stones dan meninggalkan karir bisbolnya.

Rossington membentuk sebuah band "The Noble Five" saat remaja dengan teman-teman Ronnie Van Zant, Allen Collins, Larry Junstorm dan Bob Burns pada musim panas 1964. Mereka kemudian mengubah nama band menjadi "The One Percent" sebelum menjadi Lynyrd Skynyrd.


Menurut sebuah artikel New York Times, Lacy Van Zant, kepala keluarga Van Zant, sekali pergi ke Robert E. Lee High School di West Jacksonville untuk mengakui kasus Rossington pada administrasi sekolah setelah Rossington yang tidak memiliki ayah dihukum karena memiliki rambut panjang. Lacy Van Zant menjelaskan pada asisten kepala sekolah bahwa ayah Rossington, yang meninggal tidak lama setelah Rossington lahir, meninggal dalam AB dan bahwa ibu Rossington memerlukan uang yang dihasilkan Rossington yang bermain di bandnya. Lacy Van Zant lebih jauh menjelaskan bahwa, seperti para putranya sendiri, mereka adalah para pria pekerja dan rambut panjang adalah bagian dari pekerjaan.

Alat musik pilihan Rossington adalah 1959 Gibson Les Paul yang dia beli dari seorang wanita yang pacarnya meninggalkan dia dan meinggalkan gitarnya. Dia memberinya nama "Berniece" untuk menghormati ibunya dengan siapa dia sangat dekat setelah kematian ayahnya. Rossington memainkan gitar utama pada "Tuesday Gone" dan slide guitar untuk "Free Bird". Bersama dengan Collins, Rossington juga mengisi gitar untuk "Simple Man".

Pada akhir pekan Labor Day pada 1976, Rossington dan sesama gitaris Skynyrd Allen Collins keduanya terlibat dalam kecelakaan mobil terpisah di kota asal mereka Jacksonville. Rossington baru membeli Ford Torino baru, dan menabrak sebuah sebuah pohon oak saat dibawah pengaruh alkohol dan narkoba. Band bersiap untuk melakukan tur dalam dua hari, tapi harus menunda tur ini karena kecelakaan Rossington. Anggota band tidak semuanya suka dengan Rossington, dan mendendanya $5000 yang menyebabkan penundaan jadwal band. Van Zant dan Collins menulis lagu "That Smell" berdasarkan kecelakaan, dan keadaan Rossington karena pengaruh narkoba dan alkohol pada saat itu. Lirik yang spesifik yang merujuk pada kecelakaan: "Whiskey bottles and brand new cars, oak tree you're in my way. There's too much coke dan too much smoke."

Rossington adalah salah satu dari enam anggota band yang selamat dari kecelakaan pesawat, pada 20 Oktober 1977, dekat Gillsburg, Mississippi, yang merenggut nyawa dari Van Zant, Steve Gaines, Cassie Gaines, dan tiga lainnya. Meskipun mengalami dua patah lengan, kedua kaki, kedua pergelangan tangan, kedua pergelangan kaki, kedua panggul, Rossington pada akhirnya pulih dari cederanya dan bermai diatas panggung lagi (walaupun dengan tongkat baja di lengan kakan dan salah satu kakinya). Dia berjuang dengan kecanduan narkoba berat selama beberapa tahun kedepan, sebagian sebagai akibat dari ketergantungan obat berat pada pengobatan yang dilakukan selama pemulihan dari kecelakaan pesawat.


Rossington ikut mendirikan The Rossington Collins Band dengan Collins pada 1980. Band merilis dua album, tapi dibubarkan pada 1982 setelah kematian dari istri Collins, Kathy. Dengan istrinya, Dale Krantz-Rossington, dia kemudian membentuk The Rossington Band, yang merilis dua album masing-masing pada 1986 dan 1987.


Rossington masih bermain di formasi Lynyrd Skynyrd saat ini. Dengan kematian dari kibordis Billy Powell pada 28 Januari 2009, Rossington kini adalah anggota asli terakhir yang tersisa dalam band yang dibentuk kembali.


Rossington dan istrinya Dale Krantz-Rossington memiliki dua orang putri, Mary dan Annie.

Dia mengalami masalah jantung di masa lalu yang secara sukses disembuhkan melalui operasi, tapi dia terkadang mengalami rasa sakit di kakinya beberapa kali yang cukup untuk memaksanya untuk tidak ikut pertunjukan; hal ini diakibatkan dari kecelakaan pesawat 1977.


Rossington adalah penggemar berat Jacksonville Jaguar. Dia merekam sebuah video, bersama dengan anggota yang tersisa dari Lynyrd Skynyrd, yang dimainkan di setiap pertandingan rumah Jaguars di papan video Everbank Field.

Rossington menderita serangan jantung pada 8 Oktober 2015 yang menyebabkan dua konser Lynyrd Skynyrd harus ditunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...