Laman

Sabtu, 17 Desember 2016

BILLY GIBBONS


Dilahirkan pada 16 Desember 1949 dengan nama lengkap William Frederick Gibbons dari pasangan Frederick Royal ("Freddie") dan Lorraine (nee Duffy) Gibbons di Tanglewood pinggiran Houston, Texas. Ayahnya adalah seorang seniman, konduktor orkestra, dan pianis konser yang bekerja bersama sepupu kedua, penata artistic Cedric Gibbons, untuk Samuel Goldwyn di MGM Studios. Seorang perkusionis saat muda, ia dikirim oleh ayahnya ke New York City untuk belajar dengan Tito Puente. Pada tahun 1963, Gibbons menerima gitar listrik pertamanya setelah ulang tahunnya yang ketiga belas, sebuah sunburst Gibson Melody Maker, disertai dengan amplifier Large Cat dan dipengaruhi oleh gitaris seperti Jimmy Reed. Saat menghadiri sekolah seni Warner Brothers di Hollywood, California, Gibbons terlibat dengan band pertamanya antara lain The Saints, Billy G & yang Blueflames, dan The Coachmen. Saat berusia 18 tahun, Gibbons membentuk sebuah band yang berseni, secara konseptual terinspirasi oleh teman dan sesama musisi, Roky Erickson dan The 13th Floor Elevators, memberi nama kelompok "The Moving Sidewalks", menulis hit single, "99th Floor" dan menjalin persahabatan dengan Jimi Hendrix. Hendrix mengatakan pada The Tonight Show, dan "The Dick Cavett Show" bahwa Gibbons akan menjadi gitaris terpanas berikutnya.


Gibbons mendirikan kelompok psychedelic Texas, The Moving Sidewalks, yang merekam beberapa single dan satu album utuh, Flash. Gibbons dan The Moving Sidewalks menjadi band pembuka yang menonjol untuk The Jimi Hendrix Experience selama tur Amerika pertama Hendrix sebagai penampil utama. Yang utama adalah Gibbons menulis lagu, "99th Floor," judulnya diakui oleh Gibbons mendapat pengaruh dari sesama Texas dan band perintis psychedelic The 13th Floor Elevators. Dia juga berkomentar selama pertunjukan live saat memainkan intro lagu "Foxy Lady" dimana Hendrix mengajarinya cara memainkan lagu itu ketika Gibbons berusia "sekitar 17" di Dallas. Desas-desus tersiar di akhir tur Hendrix memberi Gibbons Stratocaster merah muda yang telah dia mainkan sebagai tanda penghargaan untuk bakat Gibbons, dan bahwa Hendrix kemudian menyatakan bahwa Gibbons adalah salah satu gitaris terbaik di AS. 



Gibbons membentuk ZZ Top pada akhir 1969, yang kemudian dengan cepat mantap dengan bassis/vokalis Dusty Hill dan drummer Frank "Rube" Beard, keduanya anggota dari band American Blues. Setelah mendapatkan gaya blues-rock yang menjadi cirri khas mereka, mereka merilis ZZ Top’s First Album di London Records pada 1971.

Band ini terus melaju, tur dan rekaman/merilis album secara instensif sampai tahun 1977, ketika mereka mengambil hiatus panjang. Manajer lama mereka mengambil waktu ini untuk menegosiasikan kesepakatan yang memungkinkan band untuk tetap mengontrol rekaman mereka sebelumnya, yang akan didistribusikan oleh label baru mereka, Warner Bros Records. Mereka mengadakan reuni dua setengah tahun kemudian untuk mulai merekam di bawah kontrak baru Warner Bros. Baik Dusty Hill dan Billy Gibbons telah menumbuhkan jenggot panjang hingga ke dada dada yang dengan cepat menjadi bagian dari citra mereka. 




Hit band yang terkenal di dunia internasional dan puncak komersial mereka adalah dengan merilis album laris berlian, Eliminator di tahun 1983. Eliminator dinamai Gibbons dari mobilnya, 1933 Ford Coupe, yang ditampilkan dalam tiga video musik band. Kendaraan ini dipamerkan di Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio. Album ini menampilkan hits "Gimme All Your Lovin'", "Sharp Dressed Man", dan "Legs".

Pada tahun 1994, band ini menandatangani kesepakatan lima-disk multi-juta dolar, dengan RCA Records.

Pada tahun 2003, koleksi yang komprehensif rekaman dari masa London dan Warner Bros. berjudul Chrome, Smoke & BBQ dirilis. Pada tahun 2004, ZZ Top dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Mereka memiliki perbedaan diantara kelompok yang sangat kecil dari band-band dengan sejarah lebih dari 40 tahun yang masih memiliki semua anggota aslinya.

Gibbons memainkan slide gitar utama pertama pada lagu "Dead End Streets" pada proyek sampingan Al Jourgensen dari Ministry, Revolting Cocks, album Cocked and Loaded. Dia juga menulis, bermain gitar dan menyanyikan lagu "Willin’ For Satisfaction " dari album solo gitaris Def Leppard, Vivian Campbell, Two Sides Of If di tahun 2005..

Gibbons berkolaborasi dengan Queens of the Stone Age pada lagu "Burn the Witch" dari album Lullabies to Paralyze. "Precious and Grace" milik ZZ Top juga direkam dengan vokalis Mark Lanegan sebagai bonus lagu untuk album itu. Gibbons juga mengklaim ini adalah salah satu kolaborasi favoritnya dan "Precious and Grace" kemudian ditambahkan kembali ke daftar lagu manggung ZZ Top. Gibbons juga dipilih untuk tamu album tindak lanjut Era Vulgaris tetapi tidak sanngup karena konflik penjadwalan.

Bersama The Raconteurs Gibbons tampil pada 2006 MTV Video Music Awards. Gibbons adalah bagian dari sebuah ensemble yang dipilih untuk bermain dengan band, yang menyertakan Lou Reed dan Jim Jarmusch. Penampilan ini diedit dan dipotong oleh MTV untuk disiarkan. Namun, penampilan lengkap tanpa diedit tersedia di MTV’s Website for the VMAs. Meskipun bukan penampilan utuh, Gibbons juga dapat didengar memainkan beberapa bar dari lagu klasik ZZ Top "La Grange."

Gibbons adalah salah satu dari beberapa artis yang berpartisipasi bersama-sama dengan B.B. King pada lagu "Tired of Your Jive," dari album B.B. King & Friends. Gibbons juga muncul di album Nickelback, All the Right Reasons, pada lagu "Follow You Home," "Fight for All the Wrong Reasons" dan "Rockstar." Gibbons tampil dengan Hank Williams III pada lagu "Trashville," dari albumnya Lovesick, Broke and Driftin’.

Gibbons berkolaborasi dengan Les Paul dengan Les Paul & Friends-nya di album American Made, World Played pada lagu "Bad Case of Loving You." Gibbons juga memainkan gitar dengan John Mayall & Friends” pada lagu Put It Right Back" dari album Along for the Ride. Dia adalah artis pertama yang tampil di panggung di teater negara bagian Cleveland pada bulan November 2008 di American Music Master Tribute to Les Paul, menghormati innovator gitar dan rekaman, yang meninggal beberapa bulan kemudian.

Gibbons juga vokalis tamu pada "Hillbilly Stomp"-nya Kid Rock dari album Kid Rock.




Ia juga gitaris selama presentasi penyanyi Luis Fonsi di 7th Latin Grammy Awards yang diadakan di Madison Square Garden, New York, pada tanggal 2 November 2006. Kemudian ini Gibbons juga menyanyikan vokal latar di CD mantan vokalis Van Halen Sammy Hagar, Cosmic Universal Fashion di tahun 2008 pada lagu "Switch on the Light." Gibbons berkolaborasi dengan Ronnie Dunn, dari Brooks & Dunn, untuk karya solo pertama Ronnie, bermain gitar dan bernyanyi bersama pada lagu, "Honky Tonk Stomp". Gibbons bermain gitar di "Broke Down On the Brazos", lagu pembukaan di album Gov't Mule tahun 2009, By a Thread. Gibbons bermain gitar pada "Run Rudolph Run", lagu ketiga dari kompilasi We Wish You a Metal Xmas and a Headbanging New Year. Gibbons bergabung dengan Jeff Beck di panggung pada 25th Anniversary Rock & Roll Hall of Fame Concert dengan versi Jimi Hendrix "Foxy Lady" di tahun 2009. Gibbons membuat penampilan tamu khusus di belakang Roky Erickson di Austin City Limits yang direkam pada 12 November 2007 dan awalnya ditayangkan 12 Januari 2008. (ACL Season 33, Episode 12). Gibbons memainkan gitar pada dua lagu dari album Everlast Cinta di tahun 2008, Love, War and the Ghost of Whitey Ford: "Stone My Hand" dan "Anyone".

Pada tanggal 22 Januari 2010, Gibbons bergabung dengan Ben Harper, Beck, Conan O'Brien, dan lain-lain pada episode terakhir dari The Tonight Show with Conan O'Brien memainkan rendisi Will Ferrell dari “Free Bird”-nya Lynyrd Skynyrd.

Pada tanggal 19 Februari, 2011 Gibbons muncul sebagai juri tamu di 5th Annual Misprint Beard and Moustache Contest di Mohawk club di Austin, Texas.

Pada tanggal 15 Desember 2012, Gibbons menjadi tamu di konser Social Distortion ini di House of Blues di the Sunset Strip. Frontman Mike Ness memintanya untuk membawakan dua lagu, "Drug Train" dan "Black Magic". Pada tanggal 19 November, 2014, Gibbons membawakan "Baby Please Don’t Go" di Vaclav Havel Bust Dedication Ceremony di US Capitol.

Pada tanggal 31 Juli 2015 diumumkan bahwa proyek solo Gibbons akan diberi nama Billy Gibbons and the BFG’s yang menampilkan musisi Chris Armes dan Ben Baker. Album debut mereka, Perfectamundo, dirilis pada tanggal 6 November 2015.

Gibbons memiliki peran berulang pada serial TV Fox network, Bones. Dia memainkan versi fiksi dari dirinya, sebagai bapak karkater Michaela Conlin, Angela Pearly Gates Montenegro. Ia tidak pernah menyebutkan nama di acara itu, namun; setiap penyebutan terbatas pada "ayah Angela." Nama tengah karakter Conlin ini sama dengan gitar Les Paul-nya Gibbons. Karakter Gibbons sangat protektif terhadap putrinya, dan ia sering "mengancam" atau "menghantui" suami Angela dan kolega kerja, Dr. Jack Hodgins, mengatakan kepadanya bahwa jika ia menyakiti Angela, ia akan membayarnya. Ketika Angela dan Hodgins pertama putus dia membius dan menculik Hodgins, selama waktu itu dia juga memberinya tato wajah Angela pada bisep kirinya. Setelah Angela menemukan tato dia memberitahu Hodgins dia ingin menghapusnya (dia tidak pernah menghapusnya) dan berseru sambil marah ketika ia mengetahui itu perbuatan ayahnya "Saya akan menendang pantat buruk Texas nya".

Dia telah muncul dalam beberapa episode lain dari Bones, termasuk satu di mana ia meminta Hodgins untuk membantunya memulihkan mobilnya dari beberapa "biker hoods". Dalam penampilan berikutnya, ia berdebat dengan Hodgins mengenai nama bayi. Dia ingin anaknya diberi nama "Staccato Mamba;" yang merupakan judul lagu buatannya, sementara Angela dan Hodgins ingin memberinya nama "Michael Joseph." (Orang tua dan kakek berkompromi pada "Michael Staccato."). Pada akhir episode Hodgins menemukan ia memiliki tato lain di bisep kanannya, saat ini di jenggot ayah mertua dengan kata "Daddy" (di saat ini Gibbons mengatakan pada Hodgins bahwa tequila perayaan dan dia tampaknya tidak cocok). Dalam episode yang lebih baru dia meminta cucunya Michael untuk duduk, menunjukkan bahwa Angela telah menghabiskan banyak malam ketika dia masih bayi tidur nyenyak di belakang panggung saat ia bermain di stadion yang penuh penonton. Setelah keengganan awal Angela dan Hodgins, mereka setuju untuk tidur karena Michael tidak akan berhenti menangis dan tidak akan pergi tidur. Gibbons memecahkan masalah dengan menemukan musik yang disuka Michael, termasuk Blues dan Boogie Rock, seperti Hi Fi Mama-nya ZZ Top.

Gibbons menyuarakan karakter dalam episode 60 dari Metalocalypse.

Gibbons juga menyuarakan versi fiksi dirinya di acara animasi Fox, King of the Hill yang diatur dalam kota fiksi, Arlen, Texas. Penampilan ZZ Top di acara itu karena Dusty Hill diberi peran sebagai sepupu karakter utama Hank Hill. Frank Beard juga menyuarakan dirinya untuk penampilan band di acara itu.

Pada tahun 2011, Gibbons bergabung dengan Mojo Products berbasis Texas, LLC untuk meluncurkan lini saus pedas, saus barbekyu, dan produk lainnya dengan merk sendiri, "BFG Brand". Saus dijual sebagai BFG No. 44 melalui situs pribadinya.

Pada akhir 2012, Gibbons tampil dalam serangkaian iklan televisi untuk Fiesta Mart, jaringan supermarket Texas. Berbagai saus BFG Brand terlihat dalam iklan secara singkat.

Pada tanggal 14 Desember 2005, Gibbons menikahi pacar lamanya Gilligan Stillwater (lahir Ellen J. Oetjen).

Gibbons adalah kolektor mobil dan penggemar mobil rancangan dengan koleksi yang mencakup 1948 Cadillac Series 62 (dikenal sebagai CadZZilla) 1962 Chevrolet Impala (dikenal sebagai Slampala), 1950 Ford Business Coupe, dan 1958 Ford Thunderbird. Satu mobil kustom awalnya, sebuah 1933 Ford coupe (dikenal sebagai Eliminator), muncul dalam tiga video bandnya. Gibbons juga menerbitkan sebuah buku pada tahun 2011 tentang cintanya akan mobil dan gitar berjudul Billy F Gibbons: Rock + Rock Gearhead. Edisi November 2014 majalah Guitar World menampilkan wawancara dari Gibbons dan sesama gitaris Jeff Beck tentang apresiasi mereka pada "mobil, gitar, dan segala sesuatu di antaranya".

Dia ada di peringkat nomor 32 pada daftar Rolling Stone “100 Greatest Guitarist of All Time” di tahun 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...