Laman

Minggu, 11 Desember 2016

J MASCIS




Dilahirkan dengan nama Joseph Donald Marcis, Jr., pada 10 Desember 1965 di Amherst, Massachusetts, AS. Dia ada di peringkat nomor 86 dalam daftar Rolling dari "100 Greatest Guitarists", dan nomor 5 dalam daftar serupa untuk majalah Spin pada 2012.

Dia adalah seorang putra seorang dokter gigi dan tumbuh di wilayah yang sama bersama adik perempuannya Patty dan kakak lelakinya. Nama keluarganya adalah Italia, dari provinsi Foggia, di wiliayah Apulia di selatan Italia. Ibunya, Theresa (seorang pegolf handal), meninggal pada 1985 sementara ayahnya, Joseph, Sr., meninggal pada 1993.


Pada usia 17 tahun, Mascis bergabung dengan grup hardcore singkat Deep Wound dengan Lou Barlow, Scott Helland, dan Charlie Nakajima di awal 1980an. Dia awalnya bermain drum, tapi beralih ke gitar saat dia mendirikan Dinosaur Jr. dengan bassis Barlow dan drumer Emmett Jefferson "Patrick" Murphy (aka "Murph") pada 1984 dan mencapai kesuksesan nasional. Vokalnya digambarkan sebagai "Neil Young-like" dan riff gitarnya sebagai "monolithic". Mascis mengeluarkan Barlow dari Dinosaur Jr. pada 1989 dan pada beberapa tahun selanjutnya merekam beberapa album Dinosaur Jr., juga sebuah album solo akustik pada 1996 Martin + Me. Pada 1989 Kurt Cobain menyarankan bahwa Mascis bergabung dengan Nirvana.


Manajer untuk Deep Wound adalah Gerard Cosloy, yang kemudian mendirikan Homestead Records. Homestead merilis rekama pertama milik Dinosaur Jr.. Mascis mengatakan bahwa alasan mengapa suara Dinosaur Jr. tidak secara penuh tampil di rekaman itu adalah mereka secara otomatis akan dikontrak Homestead. Megan Jasper, wakil presiden di Sub Pop Records mengkarakteristikkan periode ini sebagai "J memiliki kemarahan, seperti anak punk rock manapun. Biasanya, saat seorang muda marah, mereka cenderung akan nyaring. Dan J tidak begitu. Dia hanya nyaring saat dia memainkan musik".


Sebagai sebuah proyek sampingan, dia adalah drumer di band doom metal Boston Upsidedown Cross, yang merilis sebuah album self-title di Taang! Records pada 1991. Dia menulis lagu untuk film Gas, Food, Lodging, dimana dia membuat sebuah kemunculan cameo. Pada 1996, dia memiliki sebuah bagian kecil di film Grace of My Heart dan mengisi sebuah balada dan sebuah lagu seperti Beach Boys untuk soudntrack itu. Pada 1998, dia mempensiunkan nama Dinosaur Jr..

Pada April 2005 Mascis, Barlow, dan Murph mereformasi band untuk sebuah tur untuk merayakan perilisan ulang dari tiga album pertama milik grup. Formasi yang bereuni sudah merilis empat album baru: Beyond pada 2007, Farm pada 2009, I Bet on the Sky pada 2012, dan Give a Glimpse odf What Yer Not pada 2016.


Pada 2000 dia mulai menjadi produser album dengan band barunya, J Mascis + The Fog. Pada 2003, rumah dan studio yang dia miliki terbakar habis.

Pada Agustus 2005 Mascis merilis J and Friends Sing and Chant For Amma, sebuah album solo dibawah bendera J Mascis and Friends. Album ini berisi lagu-lagu yang didedikasikan untuk pimpinan agama Hindu Mata Amritanandamayi, atau Ammachi, tentang siapa dua menulis "Ammaring" di album pertama J Mascis + The Fog, More Light. Hasil dari album ini disumbangkan untuk meringankan korban tsunami yang dilakukan organisasi Ammachi. Pada 2008 album enam lagu ini tersedia secara digital di label miliknya Baked Goods.

Pada 2006 Mascis kembali bermain drum dengan band heavy metal miliknya yang baru dibentuk Witch untuk album debut self-title mereka.


Juga pada tahun itu, dia berkolaborasi dengan Evan Dando di album Lemonheads baru. The Lemonheads rilis pada September tahun itu, menampilkan Mascis memainkan gitar utama.

Pada 2010 Mascis bergabung dengan John Petkovic dan Tim Parnin dari Cobra Verde dan Dave Sweetapple dari Witch untuk membentuk Sweet Apple. Album debut self-title dirilis di Tee Pee Records. Mascis memainkan drum, gitar, dan menyanyi di album ini.


Mascis merilis sebuah album akustik pada Maret 2011 berjudul Several Shades of Why di Sub Pop Records. Dia ditemani di studio oleh beberapa musisi tamu, meliputi Kurt Vile, Ben Bridwell dan Sophie Trudeau. Mascis melakukan tur Amerika Utara dengan Vile sebagai band pendukung untuk mempromosikan album. Pada 2013 Richard Ayoade memberi J Mascis dalam sebuah peran kecil, seorang pengurus, di filmya The Double. Karya gitar listrik J Mascis tampil di album Heal milik Strand of Oaks pada 2014.


Pada April 2014 dia bermain dengan reuni Nirvana di sebuah pertunjukan rahasia setelah pelantikan Rock and Roll Hall of Fame. Dia menyanyikan lagu-lagu School, Pennyroyal Tea dan Drain You. Pada Agustus 2014 dia merilis album solo Tied to a Star di Sub Pop dan melakukan tur untuk mendukungnya.

Istrinya, Luisa, dari Berkin, Jerman, yang dia temui di New York di pertengahan 1990an dan menikah pada 2004. Mereka tinggal di Amherst, Massachusetts, di sebuah rumah yang pernah dimiliki Robert Thurman. Pada September 2007 dia memiliki seorang bayi lelaki bernama Rory. Adik iparnya adalah pembuat film Jerman Phillip Virus, sutradara dari DVD Dinosaur Jr. 2006, Live in the Middle East. Guru lamanya adalah Mata Amritanandamayi. Mascis menjelaskan bahwa dia menemukannya di pertengahan 1990an saat "I was at my lowest, as the band got bigger, I got more depressed. I was looking for anyone to help, to feel better".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...