Laman

Sabtu, 17 Desember 2016

TONY HICKS




Dilahirkan dengan nama Anthony Christopher Hicks pada 16 Desember 1945 di Nelson, Lancashire, Inggris adalah gitaris dan penyanyi yang menjadi anggota grup pop Inggris The Hollies sejak 1963, dan sudah dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2010.

Hicks pertama merasakan keterkenalan pada usia 12 tahun sebagai anggota dari Les Skifflettes saat mereka tampil di acara bakat Carrol Lewis pada 1957. Pada awal 1960an, dia adalah seorang anggota terhormat dari kancah musik Manchester dan menjadi gitaris utama dengan Ricky Shaw and the Dolphins. Saat pesaing lokal The Hollies memerlukan seorang pengganti untuk gitaris mereka Vic Steele pada Februari 1963, Hicks didekati untuk bergabung dengan band. Walaupun awalnya bimbang, dia kahirnya yakin untuk bergabung setelah mendengarkan The Hollies melalui ventilasi udara dari Twisted Wheel di Manchester. Mereka mendapatkan sebuah sesi rekaman percobaan dengan label Parlophone milik EMI untuk produser staff Ron Richards, dimana Hicks secara penuh menjadi gitaris baru mereka pada April 1963 dan menghasilkan sebuah kontrak rekaman dengan Parlophone.


The Hollies segera menjadi salah satu band paling sukses di Inggris; mereka memiliki gaya pop segar yang berbeda yang dibangun diantara tiga bagian harmoni dari Hicks (harmoni rendah) dan rekan band Allan Clarke (vokal utama) dan Graham Nash (harmoni tinggi). Hicks berkontribusi komposisi solo pertamanya untuk grup ("When I'm Not There") untuk sebuah EP yang dirilis pada 1964 dan ikut menulis B-side ("Keep Off That Friend of Mine") dengan drumer Bobby Elliott tahun itu. Hicks kemudian bergabung dengan Clarke dan Nash sebagai tim penulis lagu tetap grup, yang dari 1964 hingga pertengahan 1966 menulis seperti "Chester Mann" dan "L. Ransford" sebelum mengadopsi bendera Clarke-Hicks-Nash. Pada pertengahan 1966 ketiganya bertanggung jawab untuk penulisan sebagian besar lagu mereka, meliputi hit single seperti "Stop! Stop! Stop!", "On A Carousel", "Carrie Anne" dan "King Midas in Reverse". Hicks jarang menyanyikan vokal utama pada lagu-lagu Hollies, tapi tampil di "Look Through Any Window" (1965), dan menyanyikan vokal pada bait "Too Much Monkey Business" (1964), "Carrie Anne" (sebuah lagu yang dia mulai untuk band di Stavanger, Norwegia pada 1967) dan "Open Up Your Eyes" (1969). Hicks mengambil solo vokal utama pada lagunya "Pegasus" (1967), ditulis oleh Clarke-Sylvester "Look at Life" (1969), miliknya "Hillsborough" (1989) dan "Then, Now, Always (Dolphin Days)" milik Bobby Elliott (2009).

Pada 1966, dengan kontribusi dari sesama Hollies, Clarke dan Nash, Hicks berkontribusi gitar bersama gitaris Yardbirds dan musisi sesi Jimmy Page untuk album Two Yanks in England milik Everly Brothers (yang menyertakan versi cober dari sejumlah lagu-lagu Hollies yang ikut ditulis oleh Hicks.

Pada 1960an, dengan Nash menampilkan sedikit karya gitar kecuali sesekali bagian ritem dan akustik, Hicks menjadi bagian integral dari suara Hollies. Terpisah dari kontribusi lead guitar, dia dapat diandalkan untuk menambahkan alat musik yang tidak biasa pada sesi mereka-seperti banjo yang merupakan komponen kunci dari hit mereka "Stop! Stop! Stop!", gaya Yunani ("Tell Me to My Face") dan fuzz guitar ("Have You Ever Loved Somebody"). Saat tidak ada anggota asli yang ada, Hicks menemukan demo dari hit Hollies "Just One Look" (UK No. 2 pada 1964), "I Can't Let Go" (UK No. 2 pada 1966) dan "He Ain't Heavy, He's My Brother" (UK No. 3 pada 1969) (yang menjadi salah satu hit terbesar mereka).

Hicks menyarankan untuk mengerjakan sebuah album dari lagu-lagu Bob Dylan pada akhir 1968; Nash tidak setuju, salah satu alasannya keluar dari band (walaupun dia sudah menyanyi dengan David Crosby dan Stephen Stills di AS). The Hollies menggantikan Nash dengan Terry Sylvester dan Hollies Sing Dylan (1969) menjadi No. 3 di tangga album UK, walau gagal masuk tangga album di AS. Ini adalah salah satu "tribute albums" yang dilakukan seorang artis tunggal oleh grup vokal.

Setelah kepergian Nash dari grup pada Desember 1968 Hicks mulai banyak menulis lagu sendiri, yang digunakan sebagai B-sides atau lagu-lagu album (seperti "Cos You Like To Love Me" dan "Don't Give Up Easily" pada 1969 dan "Dandelion Wine" pada 1970). Dia banyak menulis album 1970 milik Holies "Confessions of the Mind", meliputi "Too Young To Be Married" (sebuah single No. 1 di Australia dan Selandia Baru).

Hicks juga ikut menulis lagu dengan penyanyi UK Kenny Lynch-untuk The Hollies, seperti "What A Life I've Led", "Look What We've Got", "Promised Land", single hit AS "Long Dark Road" (semuanya 1971) dan "Blue in the Morning" (1972) dan "Faded Images", direkam oleh Cilla Black di albumnya Images pada 1971. Dia menulis bersama lagu-lagu Hollies antara 1974 dan 1978 dentgan Allan Clarke dan Terry Sylvester. Pada 1974, Hicks memproduseri album grup Taggett di EMI Records di UK.

Pada 1990, Hicks menulis bersama "Naomi" untuk The Hollies dengan putranya Paul. Pada 1993 dia menambahkan bagian gitar dan vokal harmoni baru (dengan Clarke dan Nash) untuk versi "alternate" dari "Peggy Sue Got Married" oleh Buddy Holly (dikreditkan untuk "Buddy Holly and the Hollies"), yang dimabil dari album penghargaan untuk Holly, Not Fade Away oleh beragam artis.

The Hollies terus memiliki hit selama 1970an, termasuk hit yang masuk chart UK dengan medley "Holliedaze" pada 1981, sebuah cover hit Top 30 AS dari "Stop! In the Name of Love" pada 1983, sebuah single No. 1 UK pada 1988 (sebuah rilisan ulang dari "He Ain't Heavy, He's My Brother"), dan pada 1983 "The Woman I Love". Grup ini masih tampil dan rekaman hari ini, dengan pensiunnya Allan Clarke pada 1999, hanya Hicks dan drumer Bobby Elliott tersisa dari awal band pada 1960an.

Pada 2010, The Hollies (yang sudah memenangkan sebuah Ivor Novello Award pada 1995 untuk kontribusi hebat untuk musik popular Inggris dan sudah dilantik ke dalam Vocal Group Hall of Fame pada 2006) dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Hicks dan Elliott absen untuk perayaan pelantikan karena komitmen tur UK dengan band Hollies saat ini, tapi keduanya disertakan sebagai bagian dari formasi pemenang penghargaan.


Hicks masih merupakan anggota aktif dari The Hollies saat mereka terus melakukan sebagian besar konser di UK, Australia, Selandia Baru, dan Eropa. Dia saat ini menjadi gitaris utama (dan beragam alat musik gesek lainnya) dan mengisi vokal.

Hicks menikah dengan Jane Dawton sejak 1974.

Putra Hicks, Paul Hicks, bekerja sebagai seorang penata suara pemenang sebuah penghargaan di Abbey Road Studios, dan membantu pada mixing pada beberapa rekaman Hollies. Paul Hicks juga bekerja pada proyek-proyek oleh Pink Floyd, Paul McCartney, dan George Harrison, juga beberapa proyek remastering The Beatles - terutama album-album Anthology dan Let It Be... Naked, dan versi mono dari katalog lama The Beatles pada Compact Disc. Paul, bersama dengan temannya Dhani Harrison, adalah seorang anggota dari band thenewno2, yang musiknya tampil di film 2013, Beautiful Creatures.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...