Laman

Senin, 05 Desember 2016

DENNIS WILSON




Dilahirkan dengan nama Dennis Carl Wilson pada 4 Desember 1944 di Inglewood, California, AS. Dia adalah putra kedua dari tiga bersaudara. Seperti saudara-saudaranya, Brian dan Carl, dia menderita akibat siksaan dari ayah mereka, Murry, saat tumbuh.

Sebuah aspek yang lebih positif dari kehidupan keluarga Wilson adalah musik, dimana Murry mendorong para putranya untuk melakukan karir. Dennis, para saudaranya, seorang sepupu, Mike Love, dan seorang tetangga, Alan Jardine, membentuk sebuah band bersama, yang pada awalnya bernama the Pendletons. Seorang peselancar, Dennis mendorong Brian untuk menulis sebuah alg tentang olah raga ini.

Pada 1961, grup ini, yang kini bernama the Beach Boys, merilis single pertamanya, "Surfin'," Popularitas lagu ini membawa pada sebuah kesepakatan dengan Capitol Records. Walaupun grup ini merilis lagu lain tentang selancar - meliputi "Surfin' U.S.A." dan "Surfer Girls" - Dennis adalah seorang peselancar serius di the Beach Boys.


Dennis, drumer band, tidak memiliki anugerah musik yang sama dengan yang dimiliki Brian - yang membuat komposisi banyak lagu Beach Boys. Namun, Dennis adalah bagian penting dari grup. Disamping bermain drum, dia terkadang menyanyikan vokal utama, termasuk untuk hit 1965 "Do You Wanna Dance."

Pada akhir 1960an, saat penyalahgunaan narkoba dan masalah psikologi yang membuat Brian mengundurkan diri dari grup, Dennis mulai mulai menulis lagu sendiri. Pada satu titik, dia berkolaborasi dengan Charles Manson, yang, bersama denga beberapa pengikut wanitanya, tinggal di rumah Dennis di musim gugur dan musim panas 1968. The Beach Boys bahkan merekam satu lagu Dennis dan Manson, "Never Learn Not to Love."

Dennis juga bekerja di proyek non-Beach Boys. Dengan Billy Preston, dia ikut menulis lagu populer "You Are So Beautiful." Melebarkan karir dalam film, Dennis muncul bersama James Taylor dalam Two-Lane Blacktop (1971). Dan dia adalah Beach Boys pertama yang merilis album solo: Pacific Ocean Blue (1977). Meskipun mendapatkan ulasan positif, album ini tidak terjual dengan baik pada saat itu.

Dalam Beach Boys, sebuah hubungan menegangkan terjadi antara Dennis dan Love pada 1970an. Dengan kebiasaan alkoholnya yang sering lepas kendali, grup terkadang melarang Dennis dari konser mereka. Pada 1983, dia diberi tahu bahwa dia perlu untuk bersih agar bisa ambil bagian dalam tur mendatang.

Dennis ikut dalam unit detoks pada akhir Desember 1983, tapi meninggalkan fasilitas itu pada hari Natal. Dia berakhir di Marina del Rey California, dimana dia menabrakan sebuah yacht seorang teman (kapalnya sendiri sudah dijual untuk memenuhi tagihan keuangan).

Pada 28 Desember, Dennis memutuskan untuk menyelam di laut untuk bisa mendapatkan benda-benda yang sebelumnya dia jatuhnya dari yacht lamanya. Saat dia tidak bisa ditemukan setelah sebuah penyelaman, teman-temannya menyalakan alarm. Para penolong menemukan tubuhnya sekitar pukul 5: 45 pm. Sebuah otopsi menunjukkan bukti dari kokain dalam tubuhnya, juga level alkohol dalam darah yang tinggi. Dennis berusia 39 tahun saat dia meninggal.

Pada saat kematiannya, Dennis - yang sudah menikah lima kali - menikah dengan Shawn Love, putri dari rekan band di Beach Boys dan sepupunya. Shawn mendesak bahwa suaminya dikubur di laut; hanya campur tangan dari presiden Ronald Reagan bahwa penguburan di laut diijinkan. Lima tahun setelah Dennis meninggal, the Beach Boys dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...