Laman

Minggu, 18 Desember 2016

JIM HODDER




Dilahirkan pada 17 Desember 1947 di Bethpage, New York, AS, adalah drumer Amerika, dikenal sebagai seorang anggota awal dari Steely dan. Setelah memimpin grup The Bead Game, Hooder bergabung dengan formasi formatif dari Steely Dan dan muncul di tiga album pertama mereka. Dia meninggalkan grup pada 1974 dan belerja sebagai seorang musisi sesi sebelum kematiannya pada 1990.

Dia lulus dari Plainedge High School di Plainedge Union Free School District pada 1965 dan pindah setelah itu ke wilayah Boston, dimana dia menjadi aktif di kancah musik lokal.


Sebagai drumer dan vokalis utama, dia bergabung dengan grup psychedelic rock asal Boston The Bead Game, diberi nama dari novel The Glass Bead Game milik Hermann Hesse. Grup ini membangun pengikut lokal sebelum menarik perhatian dari Avco Records dan produser Gary Kannon, kemudian dikenal sebagai Gary Katz. Album pertama mereka, Baptism, ditunda, walaupun menerima perilisan pada 1996 dengan waktu yang terbatas. Pada 1970 mereka muncul di film The People Next Door dimana mereka membawakan dua lagu, dan segera setelah itu merekam album Easy Ridin' sebagai bagian dari koleksi Freedom Express. Pada 1970 juga merilis satu-satunya album yang layak, Welcome, di Avco/Embassy. Album ini memperlihatkan suara persilangan dari psychedelic akhir/progresif awal, dan menampilkan Hodder menyanyikan vokal utama di semua lagu.

Pada 1972, Hodder menerima sebuah undangan dari Katz dan gitaris Boston Jeff "Skunk" Baxter untuk pindah ke Los Angeles dan bergabung dengan Steely Dan, sebuah grup baru yang dibangun oleh para penulis lagu Donald Fagen dan Walter Becker dengan siapa mereka bekerja. Dia pindah dengan pacarnya Kathi Kamen Goldmark, yang kemudian sukses sebagai penulis dan musisi. Dia sudah mengenal anggota band lain sebelum mulai merekam album pertama mereka.


Hodder bertindak sebagai drumer grup, tapi juga sesekali menyanyikan vokal utama berkat ketidaknyamanan Fagen sebagai vokalis. Dia menyanui di "Dallas", A-side dari single dua lagu awal mereka, dan "Midnite Cruiser" dari album pertama mereka, Can't Buy a Thrill. Grup ini kemudian melakukan tur yang luas setelah kesuksesan komersil mereka. Permainan drum Hodder tampil di album selanjutmya, Countdown to Ecstasy, sebuah fokus yang dilakukan band untuk direkam di tahun selanjutnya setelah suara grup berubah di jalanan.

Walaupun masih menjadi anggota band, dia memainkan peran berbeda di LP ketiga, Pretzel Logic, pada 1974. Denga permainan drum yang ditangani oleh musisi sesi Jim Gordon dan anggota masa depan Steely dan, Jeff Porcaro, peran Hodder pada album beralih ke vokal latar. Band tur disatukan untuk mempromosikan rekaman yang menampilkan permainan drum baik dari Porcaro dan Hodder. Hodder awalnya tidak nyaman dengan ide ini, tapi kemudian menyadari potensi kreatif yang dilakukan. Baik dia dan Baxter meninggalkan grup setelah tur, saat Becker dan Fagen menjadikan aktifitas band menjadi sesi studio dengan para musisi tamu.

Hodder terus bekerja sebagai seorang musisi sesi. Dia bermain drum di single 1974 milik Linda Ronstadt "You're No Good", dan lagu-lagu di album 1976 Nine on a Ten Scale oleh Sammy Hagar dan Sibling Rivalry oleh The Rowans. Dia kemudian muncul sebagai drumer tunggal di Playing to an Audience milik David Soul dan rekaman Caught in the Crossfire milik Rocky Sullivan pada 1984.

Pada 5 Juni 1990, Hodder tenggelam di kolam renang di rumahnya Point, Arena, California. Dia berusia 42 tahun pada saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...