Laman

Minggu, 04 Desember 2016

MICKEY THOMAS




Dilahirkan dengan nama John Michael Thomas pada 3 Desember 1949 di Cairo, Georgia, AS.

Dia terinspirasi untuk mengejar karir musik setelah bepergian ke Atlanta dengan teman masa kecil lama Charles Connell dan Tommy Verran untuk menyaksikan penampilan Beatles pada 1965. Thomas, Connell, dan Verran membentuk band pertama mereka. Verran adalah vokalis utama pada saat itu. Mereka berpisah untuk pergi ke kampus yang berbeda tapi kemudian terbentuk kembali pada awal 1970an dengan teman Bud Thomas dengan nama "Jets".

Thomas adalah vokalis untuk Lords of London, sebuah band garasi dari Douglas, Georgia untuk waktu singkat, bersama dengan gitaris Billy Folsom, bassis Bob Hutchinson, kibordis Billy Corbi, dan drumer Troy Blasingame.


Sementara menyanyi untuk the Jets pada 1974, Thomas bergabung dengan Elvin Bishop Group sebagai vokalis latar dan pada akhirnya sebagai vokalis utama. Dia menjadi vokalis utama pada single Elvin Bishop pada 1975 "Silent Night" dan single 1976 "Spend Some Time," tapi pencapaiannya yang terkenal adalah menyanyi di hit tangga lagu milik Elvin Bishop "Fooled Around and Fell in Love", sebuah single #3 pada 1976.

Pada April 1979, Thomas diminta untuk bergabung dengan Jefferson Starship setelah kepergian dari Marty Balin dan Grace Slick. Pada 1981 dia merekam album solo keduanya, Alive Alone. Mantan drumer grup Elvin Bishop Donny Baldwin menjadi drumer untuk Jefferson Starship dua tahun kemudian saat Aynsley Dunbar pergi.


Thomas menghabiskan sebagian besar awal 80an sebagai vokalis utama dari Jefferson Starship, menampilkan beberapa duet dengan Slick (yang bergabung kembali pada 1981) dan memberi pengaruh besar dalam band. Setelah Paul Kantner pergi pada 1984, Thomas adalah pimpinan band. Kantner menuntut pada nama Jefferson Starship dan hasilnya meningalkan band dengan nama "Starship". Dari 1985 hingga 1989 band mencatatkan tiga lagu #1. Saat Grace Slick pergi lagi pada 1988, Thomas menyanyikan semua vokal utama. Tapi keberuntungan mereka sebagai band musik pop segera memudar. Sebuah tur ditunda setelah Donny Baldwin menyerang Thomas di sebuah bar. Hal ini memerlukan operasi rekonstruksi wajah. Baldwin segera dipecat setelah insiden ini.

Inkarnasi asli dari Starship dibubarkan pada 1991. Pada 1992 Paul Kantner membentuk kembali Jefferson Starship tanpa Thomas, dan Thomas membentuk sebuah band tur baru bernama Starship featuring Mickey Thomas. Tur tetap berlanjut dengan nama ini.


Thomas merekam album solo As Long as You Love Me pada 1976. Album soundtrack pertamanya adalah pada 1978, saat dia merekam tiga lagu untuk film Skateboard. Dia juga dikreditkan tahun itu saat melaukan scat vocal di album Nitty Gritty Band yang berjudul The Dirt Band. Lagu dimana Thomas memiliki kredit adalah "For a Little While".

Pada 1986, dia merekam lagu "Stand in the Fire" untuk film hoki Rob Lowe, Youngblood. Thomas merekam lagu judul untuk film 1989 Sing. Dia muncul di film 1989 Dream a Little Dream dan merekam lagu judul film dan versi duetnya dengan Mel Torme untuk soundtrack. Versi durt juga dimainkan selama akhir film.

Pada 1987 Mickey Thomas merekam "Only the Fool Survives" dengan Donna Summer untuk albumnya All Systems Go. Duet mereka dirilis sebagai single kedua album.

Pada 1998 dia menjadi tamu di album Marching to Mars milik Sammy Hagar.

Pada 2002, Thomas dan band turnya merekam ulang semua hit Jefferson Starship dimana dia muncul. Album yang dihasilkan dirilis pada 2003, tanpa kredit band, seperti Forever Gold, bagian dari seri rilisan dari St. Clair Entertainment Group. Rekaman ini dilisensikan pada beberapa label, menghasilkan perilisan dari Starship - Greatest Hits (Brilliant Records). Rilisan asli dari rekaman ini adalah Starship - Greatest and Latest, tersedia diluar AS saja, dan menyertakan CD dan DVD.

Pada 2004 dia merilis sebuah proyek album, dibawah judul Over the Edge, diproduseri oleh Fabrizio Grossi. Pada 2008 dia merekam sebuah album baru dengan Aysnley Dunbar untuk Direct Music, menampilkan para artis seperti Jake E. Lee, mantan gitaris Ozzy Osbourne. Thomas bereuni dengan Elvin Bishop saat Starship menutup untuk mereka pada akhir 2008.

Pada November 2010, Thomas mengumumkan di situsnya bahwa sebuah album baru Starshp, Loveless fascination, akan dirilis pada akhir musim panas atau awal musim gugur 2011; album ini akhirnya dirilis pada September 2013. Pada Juli 2011, Thomas merilis Marauder, sebuah proyek solo yang membawakan ulang lagu-lagu yang aslinya direkam oleh artis lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...