Laman

Rabu, 28 Desember 2016

MARTIN BIRCH




Seperti sebagian besar sejarah dari produser musik yang hebat, Martin Birch lebih memilih sebagai pribadi yang rendah hati, bekerja di belakang layar untuk klien bintangnya dan harus digali lebih dalam untuk mengkonfirmasikan bahwa tanggal lahirnya adalah 27 Desember 1948. Martin telah menjadi produser/penata rekam selama karirnya di ranah hard rock dan heavy metal. Disini dirangkum daftar Top 10 Martin Birch Albums.


10. ‘Then Play On’ (1969) – Fleetwood Mac


Martin Birch adalah seorang penata rekaman studio yang tepat untuk album studio yang dianggap terhebat yang direkam oleh Fleetwood Mac era Peter Green. Dapat dikatakan bahwa kredit mayor pertama dari produser masa depana ini datang dari rilisan penting, dikepalai oleh gitaris berbakat yang akan menjadi pengaruh bagi klien masa depan Birch.

9. ‘Argus’ (1972) – Wishbone Ash


Proses pemikiran yang sama teraplikasi pada rekaman studio ketiga Wishbone Ash, ‘Argus’, yang dikerjakan oleh Birch di tahun 1972, saat karirnya baru dimulai. Secara keseluruhan, salah satu yang dapat diasumsikan bahwa pengalaman rekaman gitar kembar dari Ted Turner dan Andy Powell berpengaruh saat Iron Maiden memanggil Birch hampir satui dekade kemudian.

8. ‘Fire of Unknown Origin’ (1981) – Blue Oyster Cult


Martin Birch mulai memantapkan diri sebagai salah satu produser hard rock terkemuka di tahun 1981, saat dia menolong band asal Long Island, Blue Oyster Cult untuk membangkitkan karir mereka melalui album mereka, ‘Fire of Unknown Origin’, yang menampilkan single rock No. 1, ‘Burnin’ For You’ dan sebuah lagu yang dikenal sebagai soundtrack ‘Heavy Metal’, ‘Veteran of the Psychic War.’

7. ‘Killers’ (1981) – Iron Maiden


Tak lengkap kalau Top Ten Martin Birch Albums tanpa album dari Iron Maiden – sang juara New Wave of British Heavy Metal yang bekerja dengan Birch hingga dia pensiun di tahun 1992. Pada kenyataanya, kita bisa mengiri daftar ini dengan beberapa contih, tapi dimulai dengan album yang disebut sebagai album tonggak karir band, ‘Killers,’ dimana Martin menghadirkan sebuah pengembangan sound awal milik band.

6. ‘Saints & Sinners’ (1982) – Whitesnake


Band lain yang sangat bergantung pada tuntunan produksi dari Martin Birch untuk perbaikan karirnya adalah Whitesnake-nya David Coverdale – dimulai dengan debut grup di tahun 1978, ‘Trouble’, dan kemudian makin berkembang dari tahun ke tahun hingga (bahkan seterusnya) album di tahun 1982 ‘Saints & Sinners.’ Semuanya ada 8 album secara keseluruhan, termasuk album ganda ‘Live…in the Heart of the City.’

5. ‘Machine Head’ (1972) – Deep Purple


Dari sekian banyak album rock klasik, akan kita temukan album ‘signature’-nya Deep Purple, ‘Machine Head,’ yang dengan baik diproduseri oleh band tapi dengan bantuan penata rekam kepercayaan mereka, Martin Birch. Ada sedikit keraguan bahwa kesuksesan global album ini yang membawa karir Birch ke tingkatan selanjutnya, dan memantapkan namanya sebagai produser bergengsi di beberapa tahun berikutnya.

4. ‘Burn’ (1974) – Deep Purple


Deep Purple kembali mempercayai Martin Birch dua tahun kemudian di tahun 1974 dengan album ‘Burn.’ Sebuah album yang hampir menyamai kejeniusan ‘Machine Head’, Martin Birch membantu mengatur bagian Coverdale dan Glenn Hughes tanpa kehilangan sebuah ‘beat’ pun.

3. ‘Rising’ (1976) – Rainbow


Berkat ‘Rising’-nya Rainbow, salah satu dari tuga rilisan heavy metal hebat (empat, jika anda menghitung ‘On Stage’ di tahun 1977) yang diproduseri oleh Martin Birch untuk Rainbow, garapan musik milik Ritchie Blackmore setelah meninggalkan Deep Purple yang divokalisasi oleh Ronnie James Dio. Disebut sebagai album heavy metal No. 1 oleh majalah Kerrang!, ‘Rising’ hampir berulang tahun yang ke 40, tapi legenda dan pengaruhnya tetap bersinar setiap tahun.

2. ‘Heaven and Hell’ (1980) – Black Sabbath


Pelabuhan karir Ronnie James Dio berikutnya akan membawa kita ke hasil kerja Martin Birch berikutnya yang sangat berhasil, saat nasib kedua pria ini dipertemukan kembali di tahun 1980 untuk membantu kebangkitan Black Sabbath. Menghasilkan ‘Heaven and Hell’ yang dengan cepat dianggap sebagai tonggak heavy metal, dan dengan demikina, sama dengan banyak album lainnya, ini memantapkan namd Martin Birch di puncak daftar produser heavy rock, dengan dekade berikutnya tetap menghasilkan karya yang hebat.

1 ‘The Number of the Beast’ (1982) – Iron Maiden


Dan kita merayakan tahun 80an sekaligus daftar Top Ten Martin Birch Albums dengan ‘The Number of the Beast,’ sebuah rilisan yang oleh banyak ahli dan penggemar masih dipandang sebagai standar emas untuk band dan produser yang berkolaborasi di album ini. Walaupun Maiden dan Birch tetap akan menghasilkan album-album juara seperti ‘Piece of Mind,’ ‘Powerslave’ dan ‘Seventh Son of a Seventh Son,’ kerjasama yang hebat ini (termasuk, sebagian besar estetika metal 80an) tidak diragukan meghasilkan rekaman hebat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...