Laman

Kamis, 01 Desember 2016

BILLY IDOL




Dilahirkan dengan nama William Michael Albert Broad pada 30 November 1955 di Middlesex, Inggris. Sementara mempelajari literatur Inggris di Sussex University, Broad menjadi seorang anggota dari Bromley Contingent, sebuah grup pengikut Sex Pistols yang menyertakan para anggota dari the Clash and Siouxsie and the Banshees. Dia merubah namanya menjadi Idol seteleah seorang guru sekolah mengembalikan hasil ujian meyebutnya "idle" dalam kelas.

Idol bersatu dengan penulis lirik dan bassis Tony James, dan bersama mereka bergabung dengan band punk Chelsea pada 1976. Idol dan James pada akhirnya pergi dan membentuk Generation X - sebuah nama yang mereka ambil dari sebuah buku tentang budaya rock anak muda 60an. Walaupun band ini tidak pernah melakukan tur ke AS, mereka dikenal secara nasional pada 1980 dengan single "Dancing with Myself." Mereka bubar menyusul rilisan kedua mereka, Kiss Me Deadly, karena masalah manajer.


Pada 1981, Idol meluncurkan karir solonya di New York City dengan perilisan dari EP Don't Stop, yang menyertakan dua lagu Generation X, (sebuah remix dari "Dancing with Myself" dan "Untouchables") dan sebuah cover dari "Mony Mony" milik Tommy James. Dia kemudian membentuk sebuah tim baru, termasuk produser Keith Forsey, mantan manajer Kiss Bill Aucoin dan gitaris asal New York Steve Stevens. Grup ini merilis rekaman sukses bersama: Billy Idol (1982), Rebell Yell (1983), Whiplash Smile (1986) dan Vital Idol (1987).

Meskipun dikenal dengan gaya hidup kelas tingginya yang legendaris, Idol berpartisipasi dalam beberapa pertunjukan amal. Dia ambil bagian dalam konser Bridge School Benefit milik Neil Young pada 1988, dan muncul di sebuah penampilan amal dari Tommy milik the Who di London pada tahun berikutnya. Sebuah tabrakan sepeda motor pada Februari 1990 secara serius mencederakan kakinya, tapi dia pulih secara cepat untuk muncul dalam video untuk "Cradle of Love," dari album yang dirilis tahun itu Charmed of Life.


Idol berusaha untuk memperbarui citranya dengan musik yang menggunakan komputer Cyberpunk pada 1993 tapi rekaman itu menjadi kegagalam komersil dan kritik. Tahun selanjutnya, dia bisa menghindari kematian untuk kedua kalinya saat dia menderita overdosis narkoba. Idol hilang dari pandangan publik hingga akhir dekade itu, saat dia membuat sebuah pemunculan kameo di film komedi Adam Sandler, The Wedding Singer (1998).

Pada 2005, Idol merilis album studio pertama dalam lebih dari satu dekade dengan Devil's Playground, menampilkan lagu-lagu seperti "World Comin' Down," "Scream" dan "Romeo's Waiting." Tahun selanjutnya, Idol merilis Happy Holidays, yang menampilkan beberapa lagu Natal tradisional bersama beberapa single asli. The Very Best of Billy Idol: Idolize Yourself, sebuah koleksi rentang karirnya, menyusul pada 2008. "Setiap orang harus mengidolakan diri mereka, iya kan?" Idol berkata sambil tertawa saat ditanya tentang judul album, menurut situsnya.

Idol setuju untuk tampil di the 2013 Bonnaro Music & Arts Festival, bersama Paul McCartney, John Oates dari Hall & Oates, Jeff Tweedy dan Bjork. Sekitar waktu itu, Idol kembali ke studio untuk menciptakan sebuah album, merilis Kings & Queen of the Underground pada 2014. Tahun itu juga, Idol juga mempublikasikan otobiografinya, Dancing with Myself.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...