Laman

Jumat, 09 Desember 2016

DAN HARTMAN


Dilahirkan pada 8 Desember 1950 dengan nama Daniel Earl Hartman di dekat ibukota Pennsylvania, Harrisburg, di West Hanover Township, Dauphin County. 


Dia bergabung dengan band pertamanya, The Legends, pada usia 13. Saudaranya Dave juga anggota band. Ia bermain kibord dan menulis banyak musik band, tetapi meskipun merilis sejumlah rekaman, ternyata tak satu pun menjadi hit. Dia kemudian menghabiskan periode waktu dengan mendukung Johnny Winter Band. Dia kemudian bergabung dengan Edgar Winter Group (Edgar Winter adalah adik Johnny Winter), di mana ia bermain bass, menulis atau ikut menulis banyak lagu-lagu mereka, dan bernyanyi pada tiga album mereka. Dia menulis dan menyanyikan hit pop terbesar kedua band, "Free Ride", pada tahun 1972. Balada "Autumn" di LP Edgar They Only Come Out at Night adalah hit radio regional di New England. Setelah meluncurkan karir solo pada tahun 1976, ia merilis album promosi berjudul Who Is Dan Hartman and Why Everyone Saying Wonderful Things About Him?. Itu adalah cakram kompilasi termasuk lagu-lagu dari Johnny Winter dan Edgar Winter Group. Rilisan kedua, Images, adalah album sejati pertama dan menampilkan mantan anggota Edgar Winter Group Edgar Winter, Ronnie Montrose dan Rick Derringer dan para tamu Clarence Clemons dan Randy Brecker.



Dari tanggal 21 Oktober sampai tanggal 5 November 1977, legenda blues Muddy Waters menggunakan studio rekaman Hartman di Westport, Connecticut. Hartman menjalankan tugas untuk sesi, yang diproduseri oleh Johnny Winter, yang menciptakan album I'm Ready.

Pada akhir tahun 1978, Hartman mencapai No. 1 di Dance Charts dengan single disko, "Instant Replay", yang mencapai ke No 29 di Billboard Hot 100 pada tahun 1979 dan juga mencapai Top 10 di tangga lagu Inggris. Musisi bekerja dengan Hartman di album terkait termasuk Vinnie Vincent dan GE Smith. Hal ini diikuti oleh pencapian tertinggi kedua, tahun 1979 "Relight My Fire", yang menampilkan teman Loleatta Holloway pada vokal. Lagu ini kemudian menjadi tema untuk NBC talk show Tomorrow dan pada tahun 1993 menjadi hit single untuk boyband Inggris Take That menampilkan Lulu. Ada juga versi cover dari "Replay Instant" direkam oleh duo Inggris Yell!, Top 10 hit pada bulan Januari 1990.





Dia kembali di tangga lagu lagi dengan single "I Can Dream About You", yang ditampilkan di album dengan judul yang sama I can Dream About You serta soundtrack Streets of Fire pada tahun 1984. Lagu itu mencapai No. 6 di tangga lagu AS, dan (pada rilis ulang pada tahun 1985) No. 12 di Inggris. Hartman tampil sebagai bartender di salah satu dari dua video yang dirilis untuk single itu, yang sering diputar di MTV. "I Can Dream About You" yang dinyanyikan dalam film Streets of Fire oleh grup vokal fiksi bernama The Sorels, yang vokalis dimainkan oleh Stoney Jackson; vokal yang sebenarnya dilakukan oleh Winston Ford.

Pada tahun 1984, Hartman juga menampilkan "Heart of Beat" di bawah nama band 3V dengan Charlie Midnight untuk soundtrack Breakin' , disutradarai oleh Joel Silberg dan, pada tahun 1985, mencetak single Nomor 1 ketiga di tangga lagu Dance Music, "We Are the Young". Single "Second Nature" juga masuk tangga lagu selama periode ini. Juga pada tahun 1985, lagu Hartman "Talking to The Wall" tampil pada soundtrack untuk film Perfect yang dibintangi Jamie Lee Curtis dan John Travolta.

Pada tahun 1985 dan 1986 Hartman bekerja pada apa yang direncanakan sebagai album studio berikutnyanya, White Boy; ia ingin album memiliki suara yang lebih gelap dan lebih dewasa dari karya sebelumnya. Album ini selesai pada tahun 1986, namun label rekaman, MCA, berpikir itu terlalu berbeda dengan karya Hartman sebelumnya, terutama "I Can Dream About You", dan menolak untuk merilisnya. White Boy tidak pernah dirilis, meskipun beberapa cetakan percobaan album yang dibuat sekarang dipegang oleh kolektor, dan beberapa lagu dari album tersedia di internet. Salah satu lagu dari album, "Waiting to See You", digunakan dalam film 1986 Ruthless People dan album soundtrack yang menyertainya, dan kemudian dirilis sebagai single.

Pada tahun 1988, Hartman ikut menulis lagu "Why Should I Worry?" dengan Charlie Midnight, untuk film Walt Disney Animation Studios Oliver and Company.

Selama dekade berikutnya ia bekerja sebagai penulis lagu dan produser, dan berkolaborasi dengan artis seperti Tina Turner, Dusty Springfield, Joe Cocker, Bonnie Tyler, Paul Young, James Brown, Nona Hendryx, Holly Johnson, Living in the Box, the Plasmatics dan Steve Winwood. Hartman memproduseri dan ikut menulis "Living in America", sebuah hit No. 4 untuk James Brown yang muncul pada soundtrack dari Rocky IV pada 1985. Lagu ini adalah yang terakhir dari 44 rekaman hit Brown tampil di Billboard Top 40 chart. Lagu ini juga muncul di album yang dihasilkan Hartman Gravity.

Pada tahun 1989 ia merilis album studio terakhirnya New Green Clear Blue, album bergaya new-wave instrumental. Pada tahun 1991, Hartman merekam "(That's Your ) Consciousness" untuk soundtrack untuk Teenage Mutant Ninja Turtles II: The Secret of the Ooze. Pada tahun 1994, album Keep the Fire Burnin' dirilis kemudian - kompilasi yang menampilkan remix hits sebelumnya dan materi belum pernah dirilis sebelumnya. Album ini menelurkan dua single; "Keep the Fire Burnin'" - sebuah yang duet menampilkan Halloway - dan "The Love in Your Eyes".

Hartman tidak pernah menikah dan tidak punya anak. Pada saat kematiannya, kedua orang tua, saudara, dan saudarinya semua masih hidup. Seorang pria gay yang tertutup, ia menjaga status HIV-nya rahasia, bahkan setelah teman dan kolaborator sesekali Holly Johnson, mantan band Frankie Goes ke Hollywood, mengumumkan status HIV-nya sendiri pada tahun 1993.

Hartman meninggal pada 22 Maret 1994 di rumahnya Westport, Connecticut karena tumor otak yang terkait AIDS. Jenazahnya dikremasi. Pada saat kematiannya, musiknya sedang menikmati kebangkitan antara lain: versi cover dari "Relight My Fire" menjadi nomor satu hit Inggris untuk Take That dan Lulu. Penjualan rekaman solo, secara grup, produksi, penulisan lagu dan kompilasi milik Hartman terhitung melebihi 50 juta album di seluruh dunia.

Versi Hartman dari "Free Ride" tampil dalam Mighty Morphin Power Rangers: The Movie pada tahun setelah kematiannya. Pada tahun 2006, 12 tahun setelah kematiannya, "I Can Dream About You" ditampilkan dalam video game Grand Theft Auto: Vice City Story dan "Relight My Fire" juga ditampilkan dalam video game Grand Theft Auto: The Ballad of Gay Tony.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...