Laman

Jumat, 09 Desember 2016

JIM MORRISON




Dilahirkan dengan nama James Douglas Morrison di Melbourne, Florida, Amerika Serikat, pada tanggal 8 Desember 1943. Ia dikenal sebagai vokalis dan penulis lagu dari grup band The Doors. Keunikan musik The Doors yang digabungkan dengan lirik bernuansa gelap karangan Morisson menjadikan band tersebut salah satu kelompok musik terbesar dalam dunia rock and roll. Menurut majalah Rolling Stone, Jim Morrisson merupakan salah satu dari 100 penyanyi terbesar sepanjang masa.

Morrison adalah putra pasangan Clara Clarke Morrison dan George Stephen Morrison, pilot angkatan laut. Saat berumur enam bulan, Morrison dan ibunya berpindah ke Clearwater, Florida untuk tinggal bersama orang tua ayahnya, Paul dan Caroline Morrison. Sedangkan, ayahnya pergi bertugas di daerah Pasifik sepanjang sisa Perang Dunia II.

Setelah itu, ayahnya naik pangkat menjadi laksamana dan menjadi pemimpin kapal USS Bon Homme Richard dalam insiden di Teluk Tonkin. Jim Morrison baru bertemu ayahnya kembali ketika ia berusia 2 tahun. Beberapa tahun kemudian, dia mendapat dua orang adik bernama Anne Robin yang lahir pada 1947 dan Andrew “Andy” Lee yang lahir pada 1948.

Dia menyelesaikan studinya dari bangku SMA di Alexandria dan melanjutkan ke St. Petersburg Junior College dan Florida State University. Pada tahun 1966, Morrison yang saat itu berusia 22 tahun memutuskan untuk belajar mengenai perfilman di University of California, Los Angeles (UCLA).


Setelah lulus dari UCLA, dia bertemu dengan Ray Manzarek, seorang mahasiswa UCLA dan pemain keyboard berbakat. Bersama dengan John Densmore sebagai penabuh drum dan Robby Krieger sebagai gitaris, mereka berempat membentuk kelompok musik bernama The Doors yang diambil dari buku karangan Aldous Huxley, THE DOORS OF PERCEPTION.

Album pertama The Doors dirilis pada tahun 1967. Singel kedua mereka yang berjudul Light My Fire berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 pada bulan Juni di tahun tersebut.

Salah satu hal paling kontroversi yang pernah dilakukan Jim Morrison adalah saat ia tampil di Dinner Key Auditorium, Miami, pada 1 Maret 1969. Dia menunjukkan bagian tubuhnya yang vulgar kepada para penonton. Pada Agustus 1970, dia menyerahkan diri ke FBI dan dinyatakan bersalah atas pelanggaran minor berupa mabuk-mabukan dan berbuat asusila melalui bahasa dan kelakuan. Namun, menurut penabuh drum The Doors, Morrison tidak melakukan perbuatan tersebut di konser Miami itu.

Di puncak popularitasnya, Morrison mengalami ketergantungan pada alkohol, obat-obatan terlarang, dan juga seks. Dia kemudian meninggal pada usia 27 tahun di Paris, pada 3 Juli 1971. Pacarnya, Pamella Courson menemukan jenazah Morrison di dalam bak mandi. Diduga penyebab kematian Jim Morrison adalah akibat serangan jantung.

Beberapa kemungkinan penyebab kematian Morrison telah dikemukakan berbagai sumber. Salah satunya berasal dari Sam Bernett, seorang pengelola klub malam di Paris, menyatakan bahwa ia menyaksikan Morrison meninggal akibat overdosis heroin di toilet klub miliknya. Berhubung tidak dilakukan otopsi pada jenazahnya, maka penyebab kematian sebenarnya tersebut tidak pernah diketahui secara pasti. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman Pére-Lachaise, Paris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...