Laman

Senin, 19 Desember 2016

JOHN SHANKS




Dilahirkan di New York City, New York, AS dengan nama John Matthew Shanks pada 18 Desember 1964. Shanks pindah ke Los Angeles saat dia berusia 17 tahun.

Shanks mulai bermain di band milik Melissa Etheridge pada 1988 dan melakukan tur dengannya untuk beberapa tahun. Shanks menikmati kesuksesan penulisan pertamanya pada awal 1990an dengan lagu-lagu oleh Bonnie Raitt, Joe Cocker dan Tuck & Patti. Dia juga mendapatkan kesepakatan penerbitan pertamanya.

Shanks melakukan reuni dengan Etheridge pada 1995 saat dia berkolaborasi dengan Etherideg pada lagu-lagu untuk Your Little Secret. Dia bekerja dengan Etheridge untuk beberapa tahun dan ikut memproduseri album Etheridge berikutnya, Breakdown, pada 1999. Breakdown menerima empat nominasi Grammy, termasuk Best Rock Song dan Best Rock Album.

Pada 2001, Shanks memproduseri beberapa lagu untuk album Stevie Nicks, Trouble in Shangri-La dan ikut menulis single pertama, “Every Day”, dengan Damon Johnson.

Pada Januari 2001, Shanks mulai bekerja dengan Michelle Branch. Bersama, mereka menulis empat lagu untuk album hit The Spirit Room, termasuk single pertama, “Everywhere”. Dia juga memproduseri album itu. Pada musim gugur tahun yang sama, Shanks ikut menulis single milik Sheryl Crowm “Steve McQueen”.

Shanks mulai bekerja dengan Take That pada 2005, di album kembalinya mereka Beautiful World, dan dia juga memproduseri album mereka selanjutnya The Circus pada 2008.

Shanks juga memproduseri atau menulis untuk proyek-proyek lain dengan Carlos Santana, Celine Dion, Sting, The Corrs, Chris Isaak, Hilary Duff, Keith Urban dan Alanis Morisette. Dia memproduseri album hit 2004 milik Ashlee Simpson, Autobiography dan dikreditkan dengan ikut menulis sepuluh dari 12 lagu di album itu dengan Simpson. Di tujuh lagu tersebut, Kara DioGuardi juga dikreditkan. Tahun itu juga, Shanks memproduseri tiga lagu untuk album hit milik Kelly Clarkson, Breakaway, termasuk lagu judul “Breakaway”, dan bekerja dengan Anastacia pada dua lagu di album self-title Anastacia, termasuk single “Welcome to My Truth”.

Shanks memenangkan Grammy Award for Producer of the Year, Non-Classical pada 2005 untuk karyanya pada Autobiography, lagu Kelly Clarkson “Breakaway”, “Fly” milik Hilary Duff, “Shine Your Light” milik Robbie Robertson dan album So-Called Chaos milik Alanis Morisette. Clive Davis menggambarkan Shanks sebagai “the father of that guitar-driven kind of pop sound”, saat karyanya dengan Branch, Clarkson, Duff dan Simpson menggunakan banyak gitar akustik kontras dengan suara berat synthesizer dari musik pop pada periode itu.

Pada 2005, Shanks bertemu kembali dengan Ashlee Simpson, memproduseri album keduanya, I Am Me, dan ikut menulis sebelas lagu dengan Simpson dan DioGuardi. Shanks juga bekerja di dua album mayor pada 2005, Never Gone milik Backstreet Boys dan Have a Nice Day milik Bon Jovi.


Pada Januari 2011, Shanks menyatakan bahwa dia mulai bekerja dengan band rock legendaris Van Halen di album pertamanya dengan penyanyi utama asli David Lee Roth sejak LP besar 1984 (1984). Dirilis pada Februari 2012, A Different Kind of Truth milik Van Halen melakukan debut di #2 di AS, dan di Top 10 di lima benua.


Pada 2014, dia memproduseri EP Stick Together milik Anthony Jasmin dan juga membantu untuk mengerjakan album milik Take That, III.

Pada 2016, Shanks menjadi gitaris ritem tur untuk Bon Jovi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...