Laman

Minggu, 08 Mei 2016

ALEX VAN HALEN




Lahir dengan nama Alexander Arthur Van Halen pada 8 Mei 1953 di Nijmegen, Belanda. Ayahnya yang asal Belanda, Jan (1920-1986) adalah seorang pemain saksofon dan clarinet mahir. Ibunya Eugenia (1914-2005) adalah seorang Indo (Eurasia) dari Rangkasbitung, Indonesia. Dia menghabiskan masa kecilnya di bagian timur Belanda. Keluarganya pindah ke Pasadena, California pada 1962. Baik Alex dan adiknya Eddie, adalah warga negara Amerika naturalisasi.


Alex dan Eddie Van Halen belajar piano klasik di masa anak-anak mereka. Walaupun Alex dikenal sebagai drummer profesional, dia memulai aspirasi musiknya sebagai gitaris, dengan adiknya Eddie bermain drum. Saat Eddie mengantarkan Koran untuk membeli perangkat drumnya, Alex memainkan drum itu. Saat Eddie mendengar memainkan solo drum dari lagu The Surfaris “Wipe Out”, dia memutuskan untuk memainkan gitar listrik. Alex terpengaruh oleh drummer Budgie, Ray Phillips.


Alex, Eddie dan tiga orang anak lelaki lainnya membentuk band pertama mereka saat mereka di kelas empat, menamakan diri mereka The Broken Combs; mereka tampil di waktu makan siang di Hamilton Elementary School di Pasadena.


Pada 1971, Alex lulus dari Pasadena High School di California. Dia kemudian mengambil pelajaran teori musik, membuat musik, komposisi dan aransemen di Pasadena City College untuk jangka singkat. Saat belajar di Pasadena City College, Alex bertemu Michael Anthony dan David Lee Roth. Mereka membentuk band Mammoth, dan Alex, bersama dengan lainnya, meninggalkan Pasadena City College.


Alex memiliki beberapa band awal dengan Eddie sebelum Van Halen. Nama-nama band ini antara lain The Broken Combs, The Space Brothers, The Trojan Rubber Company, dan Mammoth.

Pada 1972, Alex dan Eddie membentuk Mammoth dengan Mark Stone pada bass dan Eddie pada vokal utama. Band menyewa system peralatan milik David Lee Roth untuk pertunjukan mereka. Tak lama, Edward lelah menjadi vokalis utama, dan meminta Roth untuk masuk band. Kemudian, pada 1974, sejak nama Mammoth telah diambil band lain, nama itu berubah menjadi Van Halen, dan Stone digantikan oleh Michael Anthony. Roth mengklaim bahwa itu adalah idenya untuk merubah nama band menjadi Van Halen, dan bahwa dia sebenarnya mengambil nama Alex. Selain bekerja di bidang musik saat itu, Alex menangani tugas manajerial, seperti pemesanan pertunjuklan, dll untuk band. Album tahun 1978 mereka Van Halen dirilis dengan sambutan besar, mempengaruhi banyak musisi hard rock.


Walaupun istilah “brown sound” pada umumnya berhubungan dengan gitar Eddie, awalnya itu dibuat oleh Alex yang berhubungan dengan suara drumnya.

Di pertunjukan panggung, Alex dikenal sebagai seorang penghibur, penampilan agresif, solo drum yang kompleks dan pyrotechnic panggung.

Rekaman tunggal yang dibuat Alex diluar Van Halen adalah instrumental “Respect the Wind” (dimana Van Halen bersaudara dinominasikan untuk sebuah Grammy Award pada 1997 untuk Best Rock Instrumental Performance), menampilkan Alex pada kibord dengan Eddie pada gitar. Lagu itu ditulis untuk film 1996 Twister dan dimainkan selama akhir kredit film.

Pengaruh utama Alex adalah Billy Cobham, Ginger Baker, Keith Moon dan John Bonham, dan dia menyebut karya drummer jazz Buddy Rich sebagai inspirasi awal dan dampak yang abadi.

Alex menikahi Valeri Kendall pada Juni 1983, setelah pertunangan selama 2 tahun. Pernikahan itu berakhir dalam perceraian, dua bulan kemudian. Putra pertama dari 2 putra Alex, Aric Van Halen, lahir pada 6 Oktober 1989; ibu Aric adalah mantan istri Alex, Kelly Carter, yang dia ceraikan pada Agustus 1996 setelah 13 tahun dalam pernikahan. Alex menikahi istrinya saat ini, Stine Schyberg, pada 2000. Dia adalah ibu dari putranya Malcolm Van Halen. Alex adalah paman dari Wolfgang Van Halen.

Alex menjadi pimpinan utama dan pengatur pernikahan dari adiknya Eddie Van Halen pada 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...