Laman

Minggu, 16 September 2018

SARAH DOUGHER



Dilahirkan dengan nama Sarah Eugenie Dougher pada 15 September 1967 di Eugene, Oregon, AS adalah seorang penyanyi-penulis lagu, penulis, dan guru Amerika.

Dougher telah merilis delapan album, sebuah kombinasi kerja dengan band-band serta rilisan solo. Sejak tahun 2007, ia telah menyutreadarai bersama Flash Choir dari Portland dengan Pat Janowski. Flash Choir adalah paduan suara tanpa audisi gratis yang mengkhususkan diri dalam kerja kolaboratif dan inklusif penonton. Pada bulan Januari 2010 ia memulai debutnya dengan komposisi 10 lagu yang berjudul "Strangers Together," dengan sebuah libretto dari penyair Oregon dan penulis buku William Stafford, Passwords. Dewan Seni dan Budaya Regional Portland mendukung pembuatan dan produksi karya ini melalui hibah proyek. Pada tahun 2009, ia menyusun karya paduan suara yang berjudul Caesar's Gate berdasarkan karya kolaborasi penyair Robert Duncan dan artis kolase, Jess, ditugaskan oleh Cooley Gallery di Reed College.

Yang pertama dari album solonya, Day One, dirilis pada label indie K Records pada tahun 1999; dua yang terakhir, Walls Ablaze pada 2000 dan The Bluff pada 2001, dirilis pada Mr. Lady records. Pada bulan Juni 2005, Dougher merilis Harper's Arrow pada label Cherchez La Femme. Dimulai dengan "Day One", Sarah memulai kolaborasi jangka panjang dengan Jon Nikki (Prima Donnas, Gene Defcon, Mocket, Sir, Sarah Dougher, Puce Moment). Jon Nikki menyumbangkan gitar, keyboard dan piano, bass dan drum pada banyak rekaman Sarah serta kredit lagu di album "Walls Ablaze" untuk lagu "What's Good Is Better Than Gone". 


Dougher juga bekerja dengan vokalis Sleater-Kinney Corin Tucker dan novelis di band Cadallaca , di mana dia menyediakan vokal dan memainkan organ Farfisa. Dalam tradisi kelompok gadis 1960-an, setiap anggota band mengasumsikan sebuah alias, Dougher dikreditkan sebagai Dusty. Band ini mengeluarkan dua album resmi: Introducing Cadallaca (K Records) dan Out West (sebuah EP, di Kill Rock Stars).

The Crabs adalah band indie-rock yang berbasis di Portland, Oregon. Awalnya dibentuk sebagai duet pada tahun 1993 dengan John Lunsford (vokal, gitar) dan Lisa Jackson (vokal, drum), pasangan ini kemudian menambahkan Sarah Dougher pada keyboard menyusul rilisan mereka pada tahun 1997 What Were Flames Now Smolder. Dougher menyumbangkan keyboard dan vokal ke rilisan 1999, Sand and Sea.

Dougher adalah alumnus dari Reed College (kelas 1990) dan memiliki gelar Ph.D. dalam literatur komparatif dari University of Texas di Austin. Terlepas dari upaya musiknya, Dougher mengajar mata kuliah History of Women in Rock music and Lyric Poetry di Women’s Studies department di Portland State University. Dia juga mengajar kursus tentang remaja tunawisma dan kerawanan pangan.

Dougher telah menjadi penyelenggara untuk Rock and Roll Camp for Girls, dan saat ini terlibat dengan Girls Rock Camp Alliance, sebuah koalisi internasional dari kamp rock anak perempuan. Antara 2006-2010, ia bekerja sebagai guru dan staf pengembangan penuh waktu untuk p:ear, sebuah program pengajaran untuk remaja tunawisma di pusat kota Portland.

Dougher memulai label rekaman Cherchez La Femme yang berpusat di sekitar cita - cita feminis akar yang sama dari label yang sebelumnya telah merekam Dougher. Pada tahun 2006, Dougher dipekerjakan untuk membuat musik dari versi tragedi Yunani klasik dari Euripidis, Orestes, yang berlangsung selama lima minggu di Portland.

Antara 2014 dan 2015, Dougher mengajar sekolah menengah di Oslo, Norwegia dengan Beasiswa Fulbright.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...