Laman

Minggu, 30 September 2018

IAN WALLACE



Dilahirkan dengan nama Ian Russell Wallace pada 29 September 1946 di Bury, Lancashire, Inggris adalah drummer rock dan jazz Inggris, yang paling terlihat sebagai anggota band rock progresif, King Crimson, anggota David Lindley's El Rayo-X dan sebagai drummer dari Don Henley.

Wallace dididik di Bury Grammar School. Ia membentuk band pertamanya, The Jaguars, di sekolah, sebelum melanjutkan untuk bergabung dengan The Warriors bersama Jon Anderson di masa pra-Yes. (Wallace kemudian bermain dengan Yes satu kali pada bulan November 1968 selama absen Bill Bruford dari band).

Dari The Warriors, Wallace melanjutkan untuk bergabung dengan Big Sound. Pada 1960-an, Big Sound bekerja di Denmark, Norwegia, dan Swedia sebagai band pendukung musisi rock asal Denmark, Nalle. The Big Sound dan The Warriors telah menjadi teman, dan telah bermain bersama di Storyville Club, Frankfurt, Cologne, dan Kopenhagen. Drummer dan pemain bass The Big Sound pergi, setelah itu pemain bass Ian dan The Warriors, Dave Foster, bergabung dengan band. Ketika the Big Sound bubar pada akhir 1967 selama tur Norwegia, beberapa anggota, termasuk Wallace, pindah ke London untuk mendukung artis lain seperti Sandie Shaw, David Garrick, Marv Johnson dan Lou Christie. 


Wallace kemudian bergabung dengan Vivian Stanshall 's BiG GrunT, dan kemudian The World dengan Neil Innes sebelum King Crimson. Dia muncul di album Islands pada tahun 1971, dan di album live Earthbound pada tahun 1972, serta sejumlah rilisan arsip selanjutnya. Pada Mei 1972, di akhir tur AS, dia dan anggota Crimson lainnya Mel Collins dan Boz Burrell meninggalkan band dan bekerja untuk Alexis Korner's Snape. 


Wallace kemudian bekerja dengan Steve Marriott’s All Stars dan diundang untuk bergabung dengan band Bob Dylan pada tahun 1978 dan menemani Dylan selama turnya di Jepang. Gaya drum berat Wallace adalah kekuatan pendorong di belakang album pop-berat Street-Legal. Dia melakukan tur lagi dengan Dylan di awal 1990-an. Pada tahun 1977 ia juga bekerja secara singkat dengan Foreigner memainkan beberapa jadwal setelah drummer reguler mereka, Dennis Elliott, mengalami luka tangan. 


Pekerjaan penting lainnya termasuk Ry Cooder pada 1979 dan Don Henley pada 1980-an dan 1990-an. Kredit studio Wallace dan langsung juga termasuk El Rayo-X dengan David Lindley, Bonnie Raitt, Joe Walsh, Bob Dylan, Johnny Hallyday, Keith Emerson, Roy Orbison, Jackson Browne, the Travelling Wilburys, Eric Clapton, Jon Anderson, Alvin Lee, Crosby, Stills dan Nash, the Quireboys, Brian Eno, Larry Coryell, Stevie Nicks, Lindsey Buckingham, Steve Marriott, Al Kooper, Tim Buckley, Lonnie Mack, Procol Harum (tur 1993), dan Warren Zevon.

Setelah pindah ke Nashville, Tennessee pada tahun 1998, Wallace bekerja sebagai produser dan pemain. Di antara rekaman-rekaman studio selanjutnya ada sesi dengan Kim Richey, Tim Krekel, Rick Vito, Dillon Dean, Rosie Flores, Jessi Alexander, produser Gary Nicholson, Steve Ripley, Jan Pulsford, Tim Hinkley, Charlie Taylor, Rodney Crowell dan penulis lagu legendaris Dan Penn. Dia juga tampil live dengan T. Graham Brown, the Nashville Chamber Orchestra, Rick Vito, Jessi Alexander, dan Billy Burnette, yang terakhir dalam kuartet yang menampilkan bassis Dave Roe (Johnny Cash) dan Kenny Vaughan (Lucinda Williams). 


Pada tahun 2003, ia bergabung dengan 21st Century Schizoid Band, dan merilis satu-satunya album solonya, Happiness With Minimal Side Effects.

Pada tahun 2005 ia membentuk Crimson Jazz Trio dengan Tim Landers pada bass dan Jody Nardone pada piano, yang merilis King Crimson Songbook Volume One pada November 2005 dan King Crimson Songbook Volume Two pada awal 2009.

Pada 10 Agustus 2006, Wallace didiagnosa menderita kanker esophagus. Dia mencatat penyakitnya di blog online-nya dengan harapan ceritanya akan mendorong orang lain dengan gejala yang sama untuk menjalani perawatan. Dia meninggal, di usia 60 tahun, bersama istrinya, Marjorie Pomeroy, di sisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...