Laman

Jumat, 21 September 2018

ALANNAH CURRIE



Dilahirkan dengan nama Alannah Joy Currie pada 20 September 1957, di Auckland, Selandia Baru adalah seniman dan musisi yang berbasis di London, yang paling dikenal sebagai mantan anggota grup pop Inggris 80-an Thompson Twins.

Lahir di Selandia Baru dan dilatih sebagai jurnalis, Currie beremigrasi ke Inggris pada 1977. Currie bepergian di berbagai tempat di London Barat Daya, berakhir di Lillieshall Road, Clapham Old Town. Pada tahun 1979, bersama tetangganya di seberang jalan, Trace Newton-Ingham (Traci Newton), ia ikut mendirikan grup dread-punk, The Unfuckables. The Unfuckables melakukan satu "pertunjukan" pada konferensi anti-psikiatri pada awal tahun 1980, yang diadakan di Conway Hall, Red Lion Square, London. Untuk pertunjukan khusus ini, grup terdiri dari dua anggota pendiri, ditambah sejumlah musisi dari kancah musik "underground" London - Viv Albertine (The Slits), Gareth Sager (The Pop Group), Charles Bullen dan Charles Hayward (This Heat), Tom Bailey (Thompson Twins, yang akan dinikahinya nanti), Jimmy Cauty (kemudian dari The KLF, dan suaminya saat ini) dan Steve Beresford. 


Pada tahun 1981, Currie bergabung dengan Tom Bailey, Joe Leeway, dan lain-lain untuk membentuk bagian dari Thompson Twins, yang terdiri dari tujuh anggota di awal-masanya. Thompson Twins menjadi trio pada tahun 1982 dan menandatangani dua kontrak rekaman besar dengan Arista Records sebelum menandatangani kontrak dengan Warner Bros. Records. Currie adalah seorang penulis lirik, perkusionis, penata visual dan penyanyi di band dan ikut menulis dan merekam 6 album yang meliputi rekeman emas dan platinum dan hits "Doctor! Doctor!", "Hold Me Now", dan "You Take Me Up". Band ini tampil di JFK Stadium, Philadelphia untuk konser Live Aid tahun 1985 dan bekerja dengan para artis termasuk Nile Rodgers, Madonna, Grace Jones, Alex Sadkin dan Jerry Harrison dari Talking Heads.

Pada tahun 1984 band ini berpartisipasi dalam "instalasi satelit internasional pertama" oleh Nam June Paik, Good Morning, Mr. Orwell.

Kredit lagu-lagunya juga termasuk "I Want That Man", sebuah hit internasional untuk Deborah Harry pada tahun 1989.

Pada tahun 1992, Currie dan suaminya, sesama anggota band Thompson Twins Tom Bailey, terpilih untuk membentuk Babble, menampilkan Currie sebagai penulis lirik, perkusionis dan seniman visual, sebagai sarana untuk menciptakan musik tanpa harapan komersial yang ditempatkan pada Thompson Twins. Pada tahun 1994 Babble merilis album pertama mereka. Currie kemudian kembali ke Selandia Baru bekerja terutama sebagai seniman kaca dan aktivis lingkungan. Dia adalah pendiri gerakan rekayasa anti- genetik perempuan Mothers Against Genetic Engineering di Food and the Environment (MAdGE). Pada tahun 2004 ia merancang serangkaian billboard protes yang menimbulkan kontroversi di Selandia Baru tetapi memenangkan beberapa penghargaan seni/ilmu internasional. 


Pada tahun 2004 ia kembali ke London di mana ia sekarang bekerja dengan nama Miss Pokeno dan terus membuat karya seni yang memadukan ″perselisihan yang menyenangkan″ dengan narasi yang mengganggu/tidak nyaman. Praktiknya bermain di batas antara yang lucu dan mengancam, seperti dengan feminis militan (semi) mitologi The Sisters of Perpetual Resistance dan the Armchair Destructivists.

Alannah menikah dengan sesama anggota band Tom Bailey dari 1991 hingga 2003. Mereka memiliki dua anak, Jackson (b. 1987) dan Indie (b. 1992).

Pada 2011, Alannah menikahi Jimmy Cauty (sebelumnya dari KLF).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...