Laman

Rabu, 05 September 2018

GARY DUNCAN



Dilahirkan dengan nama Gary Ray Grubb pada 4 September 1946 di San Diego, California adalah seorang musisi Amerika, yang pernah menjadi gitaris The Brogues, kemudian terutama dengan Quicksilver Messenger Service, di mana interaksi kompleks antara dirinya dan sesama gitaris John Cipollina sangat menentukan suara unik dari band yang berbasis di San Francisco ini.

Duncan dibesarkan di Ceres, California di mana (sebagai "Gary Grubb") ia bermain gitar untuk "The RATZ" sampai mereka menyelesaikan jadwal pertunjukan mereka sebagai pembuka untuk "The Byrds" dan "Rolling Stones" di War Memorial Auditorium di San Jose, California. Saat itu pada tahun 1965 ketika (sebagai Gary Cole) ia bergabung dengan The Brogues, di Merced, California, dan bertemu drummer Quicksilver Messenger Service masa depan Greg Elmore. Bersama dengan The Brogues inilah ia mengadopsi nama panggung Gary Duncan. Dia tinggal bersama mereka sampai mereka bubar pada tahun 1965. 


Pada akhir 1965, Duncan menerima panggilan dari John Cippolina yang menawarkan audisi untuk dirinya sendiri dan sesama anggota Brogues, Greg Elmore untuk bergabung dengan Quicksilver Messenger Service. Kelompok ini pertama tampil pada bulan Desember 1965 di The Matrix. Interaksi gitar yang kompleks antara Duncan dan John Cippolina memiliki pengaruh besar pada suara rock psychedelic. Pada awal 1969, setelah merekam dua album, Duncan meninggalkan Quicksilver dan ketika ia menjelaskannya, "Saya pergi selama satu tahun dan mengendarai sepeda motor dan tinggal di New York City dan Los Angeles dan agak menjadi gila selama sekitar satu tahun."

Pada awal tahun 1970 Duncan bergabung kembali dengan Quicksilver Messenger Service bersama dengan penyanyi/ Dino Valenti yang mendorong grup tersebut menuju suara rock yang lebih besar. Pada tahun 1971 kelompok asli telah terpecah dengan Cippolina, David Freiberg dan Nicky Hopkins semua pergi sementara Duncan, Elmore dan Valenti terus tampil sebagai Quicksilver Messenger Service sampai akhir tahun 1970-an. 


Pada pertengahan 1980-an Duncan menghidupkan kembali nama Quicksilver dan memulai tur dengan bandnya sendiri bahkan merilis album, Peace by Piece. Dia merilis beberapa album lagi ke tahun 1990-an dengan nama Quicksilver tetapi dia adalah satu-satunya anggota asli dalam grup (kecuali David Freiberg yang menjadi bintang tamu). Dia mulai tur dengan band empat anggota sampai 2001 ketika World Trade Center diserang. Setelah itu Duncan ingat tidak ada lagi pertunjukkan untuk dimainkan dan dia merobohkan studio rumahnya karena alasan keuangan. Dia mengatakan: "Saya merobohkan studio sendirian ... tidak ada bantuan dari teman-teman saya ... bahkan sepatah katapun ... mereka semua datang dan mendapatkan barang-barang yang telah mereka simpan dan meninggalkan barang-barang yang tidak mereka inginkan maka saya membangunnya kembali dan mereka tidak pernah berbicara kepada saya lagi ... ".

Duncan meninggalkan industri musik selama beberapa tahun berikutnya hingga 2004, ketika ia mulai merilis musik dari band Quicksilver pada 1980-an dan 1990-an. Pada tahun 2006 Duncan bersatu kembali dengan Freiberg dan mulai mengadakan tur lagi sebagai Quicksilver Messenger Service. Mereka masih tampil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...