Laman

Selasa, 25 September 2018

JERRY DONAHUE



Dilahirkan pada 24 September 1946 di Manhattan, New York City adalah gitaris dan produser Amerika terutama dikenal karena karyanya dalam kancah folk rock Inggris sebagai anggota Fotheringay dan Fairport Convention serta menjadi anggota gitar rock trio The Hellecasters.

Donahue adalah putra saksofonis big band Sam Donahue dan aktris Patricia Donahue dan dibesarkan di Los Angeles. Didorong oleh orang tuanya, Donahue mengambil pelajaran gitar klasik semasa kanak-kanak, tetapi Gerry McGee (yang kemudian bergabung dengan The Ventures) yang membuat kesan terbesar pada dirinya, ketika Donahue yang berusia 14 tahun menyaksikan dia bermain pada pertunjukan di Sea Witch, meniru teknik banjo milik Earl Scruggs. Donahue kemudian mengambil pelajaran dari McGee. Mengenai bend regular di fretboard, Donahue mengutip Amos Garrett sebagai pengaruh besar. Pengaruh lain dalam masa-masa pembentukannya adalah Chet Atkins, Duane Eddy, The Shadows and The Ventures; pengaruh berikutnya adalah Clarence White, Danny Gatton, Albert Lee, Tommy Emmanuel, dan Robben Ford. 


Setelah pindah ke Inggris, Donahue segera menjadi anggota yang dihormati dari kancah folk rock Inggris yang berkembang. Sebagai anggota band, ia bermain dengan Poet and the One Man Band, Fotheringay, dan Fairport Convention. Kemudian ia merekam dan/atau melakukan tur dengan artis seperti Joan Armatrading, Gerry Rafferty, Robert Plant, Elton John, The Proclaimers, Mick Greenwood, Johnny Hallyday, Gary Wright, Cliff Richard, Chris Rea, Warren Zevon, Bonnie Raitt, Hank Marvin, Roy Orbison, Nanci Griffith, The Beach Boys dan The Yardbirds. Pada tahun 1990 ia mendirikan trio gitar The Hellecasters bersama Will Ray dan John Jorgenson. Mereka merekam beberapa album instrumental dan sering melakukan tur pada 1990-an dan awal 2000-an. Donahue telah merilis videotape instruksional dan selanjutnya telah memproduseri proyek solo termasuk Gold Dust milik Sandy Denny (1998) dan Instinct milik The Animals (2004) serta menyelesaikan album kedua oleh band folk rocknya Fotheringay yang berumur pendek pada 2008. 


Pada tahun 2009, Donahue membentuk band Gathering - Legends of Folk Rock dengan Clive Bunker, Rick Kemp, Ray Jackson, Doug Morter dan putrinya Kristina Donahue.

Jerry bergabung dengan duo The Electric Revelators, Gordon Wride & Simon Gregory pada bulan Februari 2011 untuk tur Inggris dari The Songs Of Robert Johnson dalam perayaan kelahiran dari raja delta blues kelahiran tahun 1911 tersebut. Selama periode ini The Electric Revelators menampilkan Jerry Donahue, Gordon Wride dan Simon Gregory menjadi penampil utama Acoustic Stage Colne Blues Festival Agustus 2011, sekali lagi membawakan lagu-lagu Robert Johnson - ini adalah satu dari penampilan festival. 


Pada 29 Juli 2016, Donahue menderita stroke dahsyat yang melumpuhkan. Menurut laporan yang diterbitkan beberapa minggu kemudian, dokter mengatakan kepada keluarganya bahwa dia mungkin tidak akan pernah bermain gitar lagi. 


Merasa seperti di rumah sendiri di AS dan juga di Inggris, musik Donahue bersumber dari pengaruh kedua negara seperti musik Celtic, rock, blues, dan country. Secara teknis, Donahue kebanyakan bermain dalam gaya fingerpicking atau hybrid picking dengan tangan kanannya. Namun, teknik tangan kirinya membuatnya terkenal di antara pemain gitar: Sejak pertemuan pertamanya dengan gitaris Gerry McGee dan Amos Garrett saat remaja, Donahue terpesona dan akhirnya menguasai teknik string "bending", sering membengkokkan beberapa string sekaligus dan bahkan membengkokkan nada dengan menekan tali di luar mur (dengan headstock). Pemain Telecaster Danny Gatton memujinya sebagai "the string-bending king of the planet".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...