Laman

Kamis, 20 September 2018

SALLY BARKER



Dilahirkan pada 19 September 1959 di Barrow upon Soar, Leicestershire, Inggris adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Inggris, yang dikenal karena pekerjaan solonya dan sebagai anggota pendiri dari The Poozies. Pada tahun 2014, ia adalah finalis di kontes BBC One, The Voice, berakhir di posisi kedua.

Antara awal 1980 dan musim panas 1982, ketika belajar di Loughborough, dia bergabung atau membentuk beberapa band rock dengan sesama siswa. Band-band ini termasuk 'Manitou', 'The Chapter', 'Sally Barker and The Undergraduates' dan 'Runway 5'. Kebanyakan pertunjukan dimainkan di gedung Student Union di Loughborough University tetapi ada beberapa pertunjukan di asrama dari pemukiman dan satu di Loughborough Town Hall. Beberapa pertunjukan ini direkam dan The Chapter melakukan satu sesi rekaman di studio Pebble Mill di Birmingham.

Juga di awal karier Barker, sebagai seorang penyanyi-penulis lagu, ia mendukung berbagai aksi termasuk Fairport Convention, Taj Mahal, Richard Thompson, Wishbone Ash, dan Roy Harper. Rilisan kedua, This Rhythm Is Mine, yang juga menerima perilisan AS pada label Ryko’s Hannibal, menandai kedewasaannya sebagai penulis lagu. 


Pada tahun 1990, Barker menjadi anggota pendiri dari The Poozies, sebuah kelompok musik yang semuanya wanita. Formasi yang ditampilkan pemain harpa Mary Macmaster dan Patsy Seddon dari harpa duo Sileas, dan Karen Tweed (akordion) yang ditemui Barker di sebuah festival rakyat di Hong Kong. Barker bermain dengan The Poozies hingga 1995, ketika ia pergi tepat sebelum kelahiran anak pertamanya.

Sally juga muncul di album Show of Hands, Live at the Royal Albert Hall. Pada tahun 1992, ia merekam lagu "I Misunderstood" untuk CD The World Is a Wonderful Place: The Songs of Richard Thompson. Barker juga menyediakan vokal untuk CD 1997 Pete Morton, Courage, Love and Grace dan CD 1998 Janet Russell, Gathering the Fragments.

Pada musim gugur 2006, Barker bersatu kembali dengan The Poozies untuk serangkaian pertunjukan. Dia kemudian bergabung kembali dengan grup secara permanen, album pertama dengan line-up ini adalah Yellow Like Sunshine, dirilis pada musim gugur 2009.

Dimulai pada November 2008, Barker mempersembahkan "The Joni Mitchell Project" dengan pemain piano dan dulcimer Glenn Hughes (dan kadang-kadang pemain banjo Debbie Cassell) di mana mereka memainkan malam lagu-lagu dari Joni. Sebuah album, Conversation: The Joni Tapes (Vol. 1) dirilis pada Agustus 2010 dengan peluncuran album di Edinburgh Fringe di Acoustic Music Center.

Pada Januari 2014, Barker menjadi seorang kontestan di kontes bakat BBC One, The Voice, bergabung dengan tim dari Tom Jones setelah sebuah audisi buta di mana dia menyanyikan "Don't Let Me Be Misunderstood". Dalam putaran pertempuran pada 1 Maret ia menyanyikan "Dear Darlin" dengan Talia Smith dan dimasukkan oleh Jones.

Di babak pertama babak knock-out, pada 15 Maret, ia menyanyikan "Walk On By" dan di perempat final, pada 22 Maret, Barker diberikan umpan cepat ke semi final oleh Jones, setelah menyanyikan "To Love Somebody". Di semifinal, ia menyanyikan "The Whole of the Moon" dan terpilih hingga final.

Mengomentari reaksi penuh tangisnya terhadap penampilan Barker, Jones berkata: "Sally senang mendengar Anda bernyanyi. Anda menggerakkan saya dan itulah yang terjadi di audisi. Sangat indah sehingga saya tidak bisa menahan diri."

Di final, pada 5 April 2014, Barker menyanyikan lagu Joni Mitchell, "Both Sides, Now" dan duet dengan Tom Jones di "Walking in Memphis". Setelah lolos dari eliminasi, ia mencapai final tiga dan menyanyikan lagu "Dear Darlin" lagi sebagai lagu terakhirnya, tetapi menjadi runner-up untuk Jermain Jackman .

Pada September 2014 Barker mengumumkan tur Inggris antara September dan Desember 2014. 


Pada tahun 2015 Sally bergabung dengan tiga anggota dari band folk-rock yang tersisa, Fotheringay, untuk enam jadwal tur di Inggris dan, pada tahun 2016, memberikan dukungan vokal pada album baru oleh Brooks Williams berjudul My Turn Now. Dia juga memulai tur solo, yang berakhir pada November 2016.

Pada 2017 Sally mendukung Fairport Convention pada Win-tour 2017 mereka.

Barker memiliki dua putra, Ben dan Dillon. Suaminya, Chris Wakeford, meninggal pada tahun 2003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...