Laman

Rabu, 05 September 2018

CHRIS DALE



Dilahirkan pada 4 September 1972 di Wales adalah seorang bassis yang saat ini bermain di band Sack Trick and Tank.

Pada akhir 1989 Chris bergabung dengan band hard rock, Atom Seed, menggantikan bassis asli Chris Huxter. Setelah tur konstan di Inggris dan EP début dirilis pada awal 1990, band ini merilis album debut mereka, Get in Line, melalui FM Revolver Records pada tahun 1991. Atom Seed selanjutnya menandatangani kontrak dengan London Records yang merilis beberapa EP dan menulis serta merekam album kedua, Hard Sell Paranoia, pada tahun 1992. Label memutuskan untuk menyimpan album itu dan Atom Seed akhirnya memutuskan untuk berpisah pada tahun 1993. 


Pada tahun 1994 Dale, bersama dengan rekan band Machine, Alex Elena, mengirimkan rekaman demo Machine mereka yang baru direkam kepada Bruce Dickinson dari Iron Maiden untuk karya solonya melalui Sanctuary Management. Mereka mendapat telepon kembali dan diminta untuk mempelajari beberapa lagu dari Balls to Picasso dan beberapa lagu Deep Purple dan AC/DC untuk audisi. Ternyata tidak ada lagi audisi jadi Dale dan Elena mendapatkan pekerjaan itu. 


Kelompok ini melakukan tur album Balls To Picasso dan merekam Alive in Studio A, rekaman ulang dari Balls To Picasso dan rekaman langsung di London, dan Skunkworks. Proyek Skunkworks dimaksudkan untuk menjadi band dengan nama yang sama tetapi karena Castle Records tidak mau merilis apa pun di bawah nama lain album itu diterbitkan sebagai rilisan Bruce Dickinson, akibatnya Skunkworks memiliki suara yang berbeda dari rilisan solo Dickinson lainnya.

Dale ikut menulis lagu album "Innerspace" serta dua lagu - "I’m in a Band with an Italian Drummer" dan "Americans Are Behind". Bruce menggunakan lagu-lagu terakhir sebagai B-sides pada single dan mereka kemudian dimasukkan dalam album edisi 2005 yang diperluas. Dickinson mendorong Dale untuk terus menulis, meskipun membubarkan line-up sebelum album solo berikutnya. 


Sack Trick dimulai sebagai proyek solo milik Dale dengan sesama anggota band Skunkworks Alex Dickson dan Alessandro Elena. Album pertama, (Music From) The Mystery Rabbits dirilis pada tahun 1999 yang dirilis oleh ORG Records dan segera ditindaklanjuti oleh album konsep, Penguins on the Moon pada tahun 2000. Pada tahun 2005 band ini merilis album penghormatan Kiss, Sheep in KISS MakeUp. Sack Trick memiliki keanggotaan musisi dan teman yang berevolusi/berputar pada masing-masing album dan khususnya live - tergantung pada siapa yang tersedia. Band ini masih terus bermain, meskipun, biasanya setahun sekali di Roskilde, Denmark, di pesta Natal tahunan Gimle - sudah bermain untuk tahun kesepuluh berjalan pada 2011. 


Pada tahun 2009 Dale bergabung dengan Tank setelah diminta oleh teman dan mantan penyanyi Rainbow, Doogie White, yang baru saja bergabung dengan band itu sendiri. Mereka berdua menggantikan penyanyi/bassist, Algy Ward. Chris sudah tahu gitaris Cliff Evans dan drummer Tank asli, Mark Brabbs, yang telah bergabung kembali dengan band yang baru direformasi. Setelah beberapa slot festival musim panas itu, Tank melanjutkan untuk merilis War Machine pada tahun 2010 dan menerjakan War Nation, dan dirilis pada pertengahan 2012.

Chris telah bekerja di beberapa proyek sebagai anggota band dan musisi sesi meliputi; 

Machine - Pada tahun 1993 Dale direkrut untuk proyek crossover rock hip-hop dimulai oleh dan dinamai dari produsen New Jersey, Machine. Tur UK dan demo mengikuti tetapi mendapat minat industri kecil dan band dibubarkan.


Balance of Power - Meskipun dikreditkan untuk tiga album, Dale sebenarnya hanya bermain di album kedua milik band, Book of Secrets. 

Seven Days. Meskipun Dale merekam bass untuk dua single, band ini memberi kredit pada bassis live mereka. 


AntiProduct - Setelah mendukung Clam Abuse dengan Sack Trick, Alex Kane mengundang Dale dan Robin Guy untuk bergabung dengannya untuk proyek barunya. Ini dikenal sebagai AntiProduct dan mereka menulis dan merekam debut band, Consume And Die ... The Rest Is All Fun, meskipun baik Dale dan Guy tidak dapat berkomitmen untuk tur dan anggota band baru direkrut. 

Ace Sounds - Setelah menghadiri beberapa gigs Sack Trick, gitaris Skunk Anansie Ace, mengundang Dale untuk bergabung dengannya untuk beberapa lagu di proyek solonya. Chris merekam lagu "Jet from California" yang menampilkan Jason Perry dari A, single "No Fear of Falling" yang menampilkan Shingai Shoniwa dari Noisettes dan "Prisoner" yang menampilkan Skye dari Morcheeba. 

Ricky Gervais - Produser Glyn Hughes, seorang teman sekolah Dale, mengundang Chris untuk bermain dalam versi full band dari "Free Loving on the Free Love Freeway", side B untuk single Ricky Gervais, cover dari Simply Red "If You Don’t Know Me by Now” untuk komedi BBC Spesial Natal The Office. Dale kemudian merekam bass untuk lagu "When The Whistle Blows" yang ditampilkan di Extras Series 2. 

Lapse Chatolic - Dale dipekerjakan kembali untuk merekam musik ekstrem untuk stok perpustakaan pada tahun 2005. Kelompok ini juga memasukkan vokalis SikTh, Mikee Goodman. 

I Play Rock - Dale bekerja di tur Tony Hadley dan Martin Fry pada tahun 2005, di mana ia akan terdengar berlatih dengan kelompok-kelompok ini dan bahkan mendapat penampilan tamu sesekali seperti memainkan "Highway To Hell" di Nottingham Royal Concert Hall. Produk yang dihasilkan dari pekerjaan ini adalah I Play Rock dengan John Keeble dari Spandau Ballet dan gitaris Richie B. Grup ini merilis sebuah album studio dan live pada tahun yang sama. 


Tribuzy - Pada tahun 2005 Dale dipekerjakan untuk merekam bass untuk Proyek milik Renato Tribuzy, Tribuzy, untuk album Execution dan kemudian pertunjukan DVD live dari album yang difilmkan di Brasil pada akhir 2005.

Chris juga menulis untuk MetalTalk.net dan seorang DJ di stasiun radio web, TotalRock, selain menjadi teknisi bass untuk tur band seperti Mr Big, Therapy? dan band Tony Hadley.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...