Laman

Kamis, 13 September 2018

CARLY SMITHSON



Dilahirkan dengan nama Carly Sarah Hennessy pada 12 September 1983 di Dublin, Irlandia.

Smithson lahir dari pasangan orang tuanya, Marie Murray dan Luke Hennessy. Setelah tinggal 6 bulan di Dublin, Smithson dan orang tuanya pindah ke Johannesburg, Afrika Selatan. Dia tinggal di sana sampai mereka pindah kembali ke Dublin ketika dia berumur 4 tahun. Smithson mulai bernyanyi sekitar usia 4 tahun dan juga memiliki pengalaman berakting. Dia tampil dalam iklan untuk Denny's Sausage selama tiga tahun, dimulai pada usia lima tahun. Pada tahun 1990, Smithson memainkan Young Marianne di Fools of Fortune. Dua tahun kemudian, pada tahun 1992, ia bergabung dengan pemeran Les Misérables dan membintangi sebagai Little Cosette di Irlandia. Ketika dia berumur 10 tahun, dia merilis sebuah CD independen berjudul Carly’s Christmas Album yang dirilis di Inggris. Ketika Smithson berusia 14 tahun, orang tuanya bercerai. Setahun kemudian, pada tahun 1999, dia dan ayahnya pindah ke Amerika Serikat agar Smithson mengejar karir di bidang musik. Smithson adalah anak putus sekolah.

Setelah kontrak rekaman Smithson dengan MCA Records dibubarkan, dia memutuskan untuk beristirahat dari musik. Ia bertemu dengan suaminya Todd Smithson, seorang seniman tato, di San Diego. Mereka tinggal di Marietta, Georgia, selama beberapa tahun, di mana Smithson bekerja di sebuah bar Irlandia bernama Fado. Dalam sebuah hubungan kebetulan, Michael Johns (finalis American Idol season 7) tampil setiap minggu di Fado, di bawah nama aslinya Michael Lee. Pada tahun 2005, Smithson dan suaminya pindah ke San Diego, di mana mereka saat ini berada. Smithson memiliki saudara tiri yang lebih tua bernama Nik dan seorang adik perempuan bernama Shannon. Smithson juga bekerja di Nothing Sacred, sebuah toko tato di San Diego yang dimiliki oleh suaminya. Smithson memiliki sembilan tato. Selama dia berada di Idol, laporan mengklaim bahwa tato lengannya yang belum selesai di lengan kanannya sepertinya adalah gambar dari Amy Winehouse. Namun, dalam sebuah wawancara setelah dia dieliminasi, Smithson menjelaskan bahwa itu adalah gambar Geisha Jepang, berdasarkan lukisan yang dia miliki. Pada 9 Juni 2012, Smithson mengumumkan bahwa dia mengharapkan anak pertamanya. Ia melahirkan putrinya Olivia Mabel Smithson pada 30 September 2012. Smithson menjadi warga negara Amerika pada 23 Agustus 2017. 


Sebelum menikah dengan suaminya Todd Smithson, Smithson (sebagai Carly Hennessy) merilis album untuk MCA Records yang berjudul Ultimate High pada tahun 2001. Meskipun MCA Records menghabiskan lebih dari $2 juta untuk produksi dan promosi album debut milik Smithson, album ini hanya terjual 378 kopi di tiga bulan pertama. Smithson telah menyatakan bahwa rekaman dengan uptempo tidak memiliki kesempatan untuk menemukan pendengar, karena itu dirilis begitu segera setelah peristiwa 9/11, serta merger perusahaan rekaman waktu itu dengan perusahaan induk. Meskipun beberapa seniman yang sudah mapan seperti Sheryl Crow selamat dari merger itu, artis-artis yang belum dirilis belum. Dalam album, Smithson membawakan ulang "Just Missed the Train" milik Danielle Brisebois. Kelly Clarkson membawakan lagu yang sama pada album 2003-nya, Thankful. Setelah American Idol , Ultimate High diam-diam diterbitkan kembali oleh Universal Music, baik untuk pengecer musik fisik dan online. Untuk periode singkat setelah eliminasi Smithson, album ini masuk dalam Top 10 dari Top Selling Digital Albums milik Amazon, serta ditampilkan di homepage MP3 mereka. Album ini mencantumkan konduktor Derek Gleeson sebagai produser eksekutifnya.

Smithson mengikuti audisi di Las Vegas, Nevada untuk musim kelima American Idol dan secara aklamasi diterima oleh para juri. Namun, dia kemudian didiskualifikasi karena dokumen untuk visa kerjanya ditunda.

Pada tahun 2007, Smithson mengikuti audisi lagi untuk musim ketujuh American Idol yang membuatnya ke Hollywood, tapi kali ini dengan dokumen yang tepat. Dia maju dengan suara bulat setelah menyanyikan "I'm Every Woman". Simon Cowell mencatat bahwa dia mengingat dia dari audisi musim 5. Di Hollywood, ia menyanyikan lagu "Alone" untuk audisinya dan sekali lagi menerima pujian bulat dari para juri. Smithson adalah salah satu kontestan asing pertama yang masuk Top 12 acara ini dengan yang lainnya adalah Michael Johns yang adalah seorang Australia. Smithson tersingkir pada 23 April 2008. Pertunjukan terakhirnya adalah "Superstar" dari Jesus Christ Superstar milik Andrew Lloyd Webber. Pertunjukan itu dianggap sebagai salah satu yang terbaik oleh para juri. Sehari sebelum dia dieliminasi Cowell menyatakan, "Saya pikir itu adalah penampilan terbaik malam ini sejauh ini.", Mendorong Smithson untuk mengeluarkan T-shirt yang dikirim kepadanya oleh para penggemarnya dengan tanda di atasnya yang bertuliskan "Simon Loves Me (minggu ini)". Setelah diumumkan bahwa dia dieliminasi, Cowell berkata: "Saya minta maaf karena memberi Anda pujian tadi malam — ciuman kematian, tetapi biar saya beritahu Anda, Carly, Anda bisa pergi dengan kepala terangkat tinggi".

Tidak lama setelah diumumkan bahwa Smithson telah masuk Top 24 acara ini, artikel-artikel muncul di pers mainstream yang mempertanyakan pemilihannya karena kontrak rekaman sebelumnya. Randy Jackson juga bekerja untuk MCA pada saat yang sama ketika Smithson dikontrak. Meskipun demikian, ia tetap di acara itu. Setelah eliminasi, Smithson secara singkat mengakui situasi dalam wawancara. Di The Ellen DeGeneres Show, dia menyatakan bahwa dia merasa bahwa dia "agak diasingkan" dan dia menambahkan bahwa "Media melakukan apa yang mereka lakukan dan saya mendapatkan banyak pers aneh dan negatif sejak awal, tetapi, Anda tahu, Aku hanya agak mengangkat kepalaku dan itu seperti dilupakan ketika pertunjukan berlanjut." Dia menambahkan, "Anda tahu, banyak orang memiliki karir profesional yang terlibat dan saya benar-benar tidak memiliki banyak pengalaman di panggung dan banyak orang lain memilikinya dan saya pikir itu lebih dari pengalaman yang benar-benar Anda butuhkan di pertunjukan itu."

Penghapusan Smithson menjadi kejutan bagi pemirsa karena dia dianggap sebagai salah satu pelari depan di acara itu. Ini mendorong reaksi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan blogger mempertanyakan kredibilitas program populer di tengah-tengah laporan dari penggemar bahwa sinyal sibuk selama periode voting. Whitney Pastorek dari Entertainment Weekly secara mengejek menyebut pertunjukan ini "Pemalasan Amerika yang Memalukan dalam Penghakiman", mengatakan "Carly Smithson dikirim berkemas-kemas, meskipun rendisi dari 'Jesus Christ Superstar' bahwa Yesus sendiri akan sulit membawakannya." Ada klaim penetapan dan panggilan untuk pertunjukan untuk mempublikasikan total voting yang tepat, menghasilkan siaran pers dari Fox dan produser acara: "Jaringan dan produsen tidak akan mengungkapkan penghitungan suara untuk kompetisi, karena pelepasan informasi hanya akan berfungsi untuk menciptakan rumor dan spekulasi tambahan", bertentangan dengan pernyataan produser eksekutif Ken Warwick bahwa mereka terbuka untuk dicermati, mengutip" Tidak ada yang mengatakan Anda tidak bisa melihat mereka."

Setelah dia tersingkir dari American Idol, Smithson muncul di acara talk show, termasuk Live with Regis and Kelly, The Tonight Show with Jay Leno, Access Hollywood, Today dan The Ellen DeGeneres Show.

Smithson menyelesaikan American Idols LIVE! Tur 2008, yang berlangsung dari 1 Juli 2008 hingga 12 September 2008. Dia menampilkan "Bring Me to Life" oleh Evanescence, "Crazy on You" oleh Heart, dan "I Drove All Night" oleh Cyndi Lauper. Smithson kembali ke Idol selama musim kedelapan, sebagai mentor untuk kontestan yang ambil bagian dalam Boot Camp Training selama "Hollywood Week," meskipun rekaman ini tidak muncul di acara itu. Kemudian, selama 18 Februari 2009 hasil semi final langsung menunjukkan, Smithson dan sesama kontestan musim 7 Michael Johns membawakan "The Letter," sebuah lagu yang mereka juga telah bawakan untuk Idol Finale pada musim sebelumnya. Dia juga muncul di Grand Finale musim 8, di mana ia melayani sebagai koresponden yang meliput peristiwa perayaan di San Diego, kampung halaman Adam Lambert.

Dua dari lagu asli Smithson, berjudul "Let Me Fall" dan "Lay with Me," ditampilkan dalam video LA Times Interview dari lagu rekaman Carly untuk album pasca-Idol-nya. Dalam wawancara, Smithson mengungkapkan bahwa "pop rock" adalah suara yang dipilihnya dan menjelaskan "Saya tidak ingin terlalu keras atau terlalu pop." Smithson menempatkan sentuhan akhir pada album ketika diumumkan pada 18 Juni 2009, bahwa ia akan bergabung dengan salah satu pendiri Evanescence, Ben Moody di band baru bernama We Are the Fallen, diduga diberi nama dari album pertama milik Evanescence. Album solo Smithson telah direkam dikabarkan dibatalkan.

Pada 28 Oktober 2009, diumumkan bahwa We Are the Fallen, bersama dengan Smithson, telah menandatangani kontrak dengan Universal Republic. Band ini merilis album pertama mereka pada 11 Mei 2010. Setelah tur dan merilis dua single, diumumkan bahwa band ini dicoret oleh Universal Republic pada 27 Mei 2011 tetapi mereka tidak akan bubar.

Pada bulan Desember 2010, Smithson mulai bernyanyi dengan Cirque du Soleil di Viva Elvis. Dia tampil dalam produksi Las Vegas selama hampir dua tahun sampai ditutup pada Agustus 2012. Satu bulan kemudian pada 30 September 2012, ia melahirkan anak pertamanya, seorang putri bernama Olivia Mabel Smithson.

Smithson menjabat sebagai seorang hakim meja di audisi stadion untuk musim keempat belas American Idol di Minneapolis, Minnesota, New Orleans, Louisiana, Long Island, New York, dan Nashville, Tennessee antara 18 Juni dan 30 Juli 2014. Di akun Twitter-nya, Smithson berkata, "Menyakiti jiwaku untuk tidak membuat semua orang melewatinya. Orang-orang luar biasa seperti itu dengan cerita yang menyentuh. Namun, aku berhasil melewati beberapa bakat besar. Dihormati telah berbagi momen yang dapat mengubah hidup seseorang."

Pada 7 April 2016, Smithson muncul di episode perpisahan American Idol, menampilkan "Here You Come Again" karya Dolly Parton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...