Laman

Minggu, 23 September 2018

MATT SHARP




Dilahirkan dengan nama Matthew Kelly Sharp pada 22 September 1969 adalah seorang multi-instrumentalis, penyanyi, penulis lagu dan produser Amerika, dan paling dikenal sebagai anggota pendiri dan mantan bassis dari band rock alternatif Weezer.

Selama waktunya dengan Weezer, Sharp dikenal karena nada hangat dan fuzzy dari gitar bassnya, serta kemampuan vokal latar falsetto- nya. Selama pertunjukan langsung, Matt biasanya sering bergerak di panggung, melakukan lompatan, tarian, dan slide. Sharp adalah kidal, tetapi memainkan bass dengan tangan kanan.

Matt Sharp lahir di Bangkok, Thailand dari orang tua Amerika dan pindah ke Arlington, Virginia ketika dia berumur satu tahun. Pada usia sembilan tahun, ia melakukan pembelian musik pertamanya - sebuah single 45 rpm dari lagu "Le Freak" oleh Chic. Pada usia empat belas tahun, Matt menemukan selera musiknya yang tertarik pada band-band heavy metal seperti Voivod dan Venom dan band thrash seperti Anthrax, Suicidal Tendencies dan D.R.I. Meskipun cintanya pada distorsi gitar dan suara heavy metal, dia sangat terobsesi dengan Moog synthesizer. Dia memulai band thrash-nya sendiri bernama Wreckage dan sering bermain bass bersama dengan Marcel DeSantos (drum) dan Kingsley “King” Fowley (gitar dan vokal) pendiri dari band death metal Deceased. Matt pergi ke Washington-Lee High School dan berkembang di AudioVisual Club. Matt tinggal di N. Glebe Rd di Arlington, Virginia pada waktu itu. Pada usia enam belas tahun, pindah ke San Diego. 


Pada tahun 1989, Sharp mulai memimpin band goth bernama Clique. Band ini berlangsung kurang dari satu tahun. Beberapa bulan setelah pembubarannya, dia berteman dengan drummer Weezer masa depan, Patrick Wilson, dan bersama-sama, mereka menciptakan band, 60 Wrong Sausages. Mereka segera mendapatkan gitaris Weezer masa depan, Jason Cropper, bergabung dengan band. Pada saat ini, Wilson juga di band dengan frontman Weezer, Rivers Cuomo bernama Fuzz. Membutuhkan pemain 8-lagu, Wilson meyakinkan Cuomo untuk pindah ke apartemen yang sama dimana dia dan Wilson berbagi. Selama waktu ini, Sharp juga bekerja sebagai telemarketer.

Pada musim panas 1991, Sharp pindah ke utara ke Berkeley untuk mengejar apa yang disebut Karl Koch "semacam musik pengaturan keyboartd simfonik simpang siur." Anggota band lainnya pindah ke apartemen terpisah selama waktu ini. Pada bulan Januari 1992, Sharp terhubung kembali dengan mantan teman bandnya; Cuomo, Wilson dan Cropper, ketika Wilson menunjukkan kepadanya materi dari "proyek 50 lagu"-nya dan Cuomo. Sharp senang dengan materi dan kembali ke Los Angeles untuk bergabung dengan band, yang terdiri dari Rivers Cuomo, Patrick Wilson dan Jason Cropper, sekarang di bawah nama Weezer.

Pada Hari Valentine di tahun 1992, Weezer lahir, dengan Sharp sebagai seorang anggota pendiri. Pada musim semi tahun 1994, setelah kesuksesan album pertama Weezer, The Blue Album, Sharp mendirikan proyek lain; The Rentals, yang merilis debut ,mereka Return of the Rentals pada tahun berikutnya, yang menampilkan hit radio "Friends of P" dan "Please Let That Be You". Sharp meninggalkan Weezer pada Februari 1998, 2 tahun setelah perilisan album ke-2 band, Pinkerton. 


Pada tahun 1999, The Rentals merilis album kedua mereka, Seven More Minutes. Di antara kontributor yang terkenal adalah Damon Albarn (dari Blur, dan Gorillaz ), Donna Matthews (dari Elastica), Miki Berenyi (dari Lush), dan Tim Wheeler (dari Ash ). Maya Rudolph (kemudian dari Saturday Night Live) adalah anggota dari versi tur band selama waktu ini. Lagu "My Head is in the Sun" ditulis bersama frontman Weezer, Rivers Cuomo. Album terjual jauh lebih sedikit daripada Return of the Rentals, dan band ini akhirnya hiatus, di akhir tahun 1999.

Sharp pindah ke kota kecil Fork, Tennessee, sekitar satu jam di luar Nashville, Tennessee, dan mulai merekam ketika tinggal di sana. Dalam wawancara dengan MTV News, Sharp mengatakan dia mencoba memutuskan hubungan dan memutuskan semua hubungan dengan dunia musik.

Setelah hiatus empat tahun dari mata publik, Sharp kembali pada akhir 2003 ke dunia musik dengan EP berjudul Puckett's Versus the Country Boy. Puckett's dan Country Boy adalah 2 restoran dimana Sharp makan saat tinggal di Tennessee, dan judul berasal dari keraguan dan harus memilih satu atau yang lain. Sharp juga melanjutkan tur akustik pada musim gugur 2002, dengan mantan gitaris Cake, Greg Brown.

Sharp mengajukan gugatan federal 5-hitungan terhadap Weezer pada tanggal 19 April 2002, menyatakan bahwa ia memiliki uang untuk menulis lagu pertama Weezer, "Undone - The Sweater Song," dan bahwa ia memiliki 25% saham di sembilan trek pertama Pinkerton (yang hanya dikreditkan ke Rivers Cuomo). Sharp juga mengklaim bahwa ia telah menangani sebagian besar urusan bisnis Weezer selama kesuksesan awal mereka, termasuk mempekerjakan akuntan dan pengacara, serta membantu band mendapatkan kontrak rekaman mereka. Menurut biografi Weezer, Rivers' Edge: The Weezer Story oleh John D. Luerssen, gugatan itu juga menyatakan bahwa frontman Weezer, Rivers Cuomo, akan memintanya untuk muncul dalam video musik untuk lagu "Island in the Sun." Akhirnya, Sharp menuduh mantan anggota bandnya melanggar kewajiban fidusia, malpraktek hukum, pembubaran kemitraan, dan penghapusan deklarasi. Gugatan itu kemudian diselesaikan di luar pengadilan. Sebagai tindak lanjut, ketika Sharp ditanya tentang masa depannya dengan Weezer, dia mengemukakan fakta bahwa dia tidak mendengar musik mereka sejak dia pergi dan "jika [album] buruk, mereka mungkin akan sama buruknya jika aku ada di sana."

Pada tanggal 12 Februari 2004, Rivers Cuomo dan Matt Sharp mengakhiri perpisahan publik mereka ketika mereka bersatu kembali di panggung ketika Rivers hadie selama pertunjukan solo oleh Matt di Cal State Fullerton. Sharp dan Cuomo memainkan 4 lagu bersama: kolaborasi Sharp/Cuomo "Mrs. Young" dan "Time Song," serta lagu Weezer "Say It Aint So" dan "Undone". Shrap mengumumkan di pertunjukan itu, dia dan Cuomo akan bekerja pada rekeman kolaboratif bersama. Namun kemudian pada tahun itu, dia mengumumkan di situs webnya bahwa meskipun mereka telah datang dengan "15 atau 16 ide lagu baru" untuk album baru mereka, "merek disfungsi khusus" mereka mungkin membuat mereka tidak menyelesaikan proyek dalam waktu dekat.

Pada tahun 2003, Sharp merilis EP solo, sebuah album solo utuh, dan melanjutkan tur pada 2004-2005 dengan band Goldenboy.

Pada 2004, Sharp merekam synthesizer di So Jealous oleh band indie pop Kanada Tegan and Sara. Sharp terus bekerja dengan band di album berikutnya, The Con, yang kemudian muncul di konser Tegan and Sara di tahun 2008 untuk bermain bass dalam sebuah cover dari lagu Weezer "Tired of Sex."

Setelah periode yang lambat pada tahun 2005, Sharp merenungkan apa yang harus dilakukan selanjutnya, mempertimbangkan baik album solo baru atau memulai kemitraan kolaboratif baru (meskipun ia tidak menyatakan dengan siapa). Kemungkinan dia bergabung kembali dengan Weezer juga merupakan pilihan. Dengan demikian ia memutuskan untuk membentuk kembali The Rentals setelah enam tahun absen. Pekerjaan telah dimulai pada LP ketiga dan mereka merilis sebuah EP berjudul The Last Little Life EP pada tanggal 14 Agustus 2007. Formasi dari band yang direformasi berbeda dari aslinya, termasuk vokalis cadangan asli Rachel Haden pada bass/vokal, Sara Radle pada vokal/beberapa instrumen, Ben Pringle dari Nerf Herder pada synth, Lauren Chipman pada viola/synth/vokal dan Dan Joeright pada drum. Sara Radle menceritakan ketika dia pertama kali menyadari gagasan Matt Sharp untuk mereformasi The Rentals di profil Myspace -nya di blognya. The Rentals melakukan tur ke Amerika Utara pada musim panas 2006 dan 2007; dengan tur ini menjadi terkenal karena menampilkan versi "I Just Threw Out the Love of My Dreams," sebuah sisi b Weezer dimana Haden menyanyikan vokal utama dan Sharp bermain bass, yang terakhir masih berada di band pada saat itu.

Setelah merilis "Songs About Time" pada tahun 2010, Matt dan The Rentals melanjutkan hiatus.

Pada bulan Oktober 2010, Matt Sharp menjual sebagian besar peralatannya dari masa Weezer dan The Rentals di eBay.

Orange Matamp Lead 200 miliknya yang terkenal yang terkenal dia pergunakan dibeli oleh Greg Veerman, pemain Bass dari band rock Kanada, San Sebastian.

Pada bulan November 2010, Cuomo menyebutkan dalam sebuah wawancara dengan Spin Magazine bahwa "ide muncul" karena Sharp bergabung kembali dengan band untuk "Memories Tour" mereka, di mana mereka memainkan The Blue Album dan Pinkerton. Cuomo menyatakan "Saya pikir kami meninggalkan ide itu sangat awal. Saya tidak ingat. Saya tidak terlibat dalam diskusi sehingga saya tidak tahu apa masalahnya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...