Laman

Jumat, 13 April 2018

TONY JAMES


Dilahirkan dengan nama Anthony Eric James pada 12 April 1953 di Shepherds Bush, London adalah seorang musisi dan produser pop Inggris, yang merupakan bassis untuk band tahun 1970-an 1980-an Generation X dan Sigue Sigue Sputnik.

 
Tony menghabiskan masa kecilnya di Twickenham. Setelah pendidikan formal di Hampton Grammar School, ia kuliah di Brunel University, di mana ia lulus dengan penghargaan kelas satu di bidang matematika dan ilmu komputer. Sebelum menjadi musisi pop profesional ia sempat bekerja sebagai programmer komputer.

Pada tahun 1975 James adalah anggota dari formasi bergaya proto-punk rock London awal yang diberi nama The London SS, bersama dengan Brian James (nantinya di The Damned) dan Mick Jones dan Terry Chimes (kedua anggota masa depan The Clash).

Pada akhir 1976 James bergabung dengan band baru Chelsea sebagai bassisnya, grup tersebut menampilkan William Broad (anggota dari Bromley Contingent) pada gitar, John Towe pada drum dan Gene October sebagai frontman/penyanyi utama. Setelah beberapa minggu dan beberapa pertunjukan dukungan di London dan Manchester, James dan Broad berpisah dengan Gene October atas kurangnya chemistry pribadi, dengan October membalas sentimen, dan pergi membawa John Towe bersama mereka untuk membentuk band baru lainnya. 



James, Broad dan Towe bersama-sama membentuk band baru bernama Generation X, Broad mengubah nama dirinya dengan nama punk samaran 'Billy Idol' saat ia beralih dari peran gitaris untuk menjadi penyanyi/frontman saat perekrutan Bob "Derwood" Andrews sebagai gitaris utama dari band Fulham Paradox. Generation X memainkan pertunjukan pertamanya di London pada bulan Desember 1976, dan dengan cepat mulai menulis materi sendiri dan bermain langsung di tempat-tempat di sekitar London dan lebih jauh. Setelah lima bulan Towe dikeluarkan dari formasi band atas dorongan James, dan digantikan oleh drummer Mark Laff, untuk melengkapi line-up yang menandatangani kontrak dengan Chrysalis Records dan merilis single pertama band, "Your Generation" di September 1977, yang masuk ke UK Top 40 Singles Chart. Band ini melanjutkan untuk merilis dua album, Generation X (1978) dan Valley of the Dolls (1979), dan beberapa single, semua kecuali satu di antaranya masuk tangga lagu, dan melalui jadwal tur yang sibuk semakin mendapatkan pengakuan media sebagai salah satu band dengan masa depan komersial yang berpotensi cerah yang muncul dari kancah punk-rock. Namun, pada awal 1979 kohesi internal band mulai terurai setelah kegagalan komersial relatif dari LP Valley of the Dolls, yang tidak lebih tinggi dari # 51 di Chart Album Inggris, dan perbedaan pendapat muncul di dalamnya tentang arah masa depan band di lanskap pasca-punk London, proses penulisan dan kredit untuk karyanya, ditambah dengan munculnya bentrokan kepribadian. Hal ini muncul pada akhir 1979 selama rekaman apa yang dikerjakan untuk album ketiga (yang belum selesai) milik band (secara retrospektif dirilis secara komersial 20 tahun kemudian dengan judul Sweet Revenge). Generation X bubar dalam kepahitan pada akhir tahun dengan Andrews gitaris utama meninggalkan band setelah konfrontasi dengan James dan Idol di Olympic Studios, dan James dan Idol meminta drummer Mark Laff untuk meninggalkan band segera setelah perselisihan lainnya. 



Setelah meninggalkan sesi rekaman di Olympic Studios, pada awal 1980 James dan Idol meluncurkan kembali band dalam gaya New Romantic, diberi dengan nama baru 'Gen X', dengan drummer Terry Chimes. Rekam ulang beberapa materi dari sesi Olympic yang gagal, bersama dengan beberapa lagu baru, pada awal tahun 1981 dirilis dalam album berjudul Kiss Me Deadly, menampilkan permainan sesi dari beberapa gitaris utama yang berbeda dalam ketiadaan dari pemain permanen di line-up band. Tur kecil juga dilakukan untuk mempromosikan band baru dengan James Stevenson yang telah didatangkan sebagai gitaris stand-in. Kiss Me Deadly adalah kegagalan komersial saat dirilis, gagal masuk di Chart Album Inggris, dengan satu-satunya rilisan single "Dancing with Myself" yang juga gagal masuk ke Top 40 Singles Chart; sebagai akibatnya Chrysalis Records memutus kontrak band dan band bubar, dengan Idol berangkat ke New York City untuk mengejar karir solo di Amerika Serikat. 



Pada tahun 1982, setelah menulis rilisan single "Russian Roulette" untuk band The Lords of the New Church, bermain di Album milik The London Cowboys, Animal Pleasure dan memproduksi album Song and Legend untuk band Sex Gang Children, James membentuk band rockabilly/ cyberpunk Sigue Sigue Sputnik, yang dia tulis dan tampilkan bersama hingga tahun 1989. 



Pada tahun 1990 James menjadi bassist dengan The Sisters of Mercy, melakukan rekaman di album Vision Thing; dia juga bermain di tur live band selanjutnya, namun dia meninggalkan band pada tahun berikutnya.

Pada tanggal 20 September 1993, selama Tour No Religion milik Billy Idol, James bergabung dengan Generation X untuk pertunjukan reuni satu kali di Astoria Theatre di West End London. 



Pada tahun 2002, ia bersatu kembali dengan Mick Jones rekan lamanya dari The London S.S. pada pertengahan 1970-an, untuk membentuk band Carbon/Silicon ; dia terus bekerja dengan Jones, ikut menulis lagu dan bermain gitar dengan band ini.

James pernah memiliki hubungan dengan Magenta Devine, dan Janet Street-Porter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...