Laman

Kamis, 05 April 2018

BERRY OAKLEY


Dilahirkan dengan nama Raymond Berry Oakley III pada 4 April 1948 di Chicago, Illinois adalah seorang bassis Amerika dan salah satu anggota pendiri Allman Brothers Band. Dia menempati peringkat ke-46 di daftar "The 100 Greatest Bass Players of All Time" milik majalah Bass Player.


Oakley dibesarkan di pinggiran Park Forest, Illinois, kemudian pindah ke Florida di mana ia bertemu dan bergabung dengan band milik Dickey Betts, The Second Coming. Dia adalah anggota pendiri The Allman Brothers Band pada tahun 1969, bersama dengan gitaris Duane Allman dan Dickey Betts, penyanyi dan keyboardist Gregg Allman, dan drummer dan perkusionis Butch Trucks dan Jai Johanny "Jaimoe" Johanson.

Oakley dikenal karena alur bass-nya yang panjang dan melodis yang membentuk fondasi berdentum di bawah solo gitar dan perpaduan Allman dan Betts. "In Memory of Elizabeth Reed", "Mountain Jam" dan "Whipping Post" dari album live At Fillmore East menangkap Oakley di permainan terbaiknya. Oakley juga anggota band yang paling terlibat dalam membangun persatuan domestik di antara keluarga besar band. Ketika Duane Allman meninggal dalam kecelakaan sepeda motor pada 29 Oktober 1971, Oakley hancur. 



Bass gitar Oakley, dijuluki "The Tractor Bass", adalah Fender Jazz Bass dengan pickup bass Guild (diproduksi oleh Hagström, sebuah perusahaan Swedia).

Pada tanggal 11 November 1972, Oakley terlibat dalam kecelakaan sepeda motor di Macon, Georgia, hanya tiga blok dari tempat Duane Allman mengalami kecelakaan motor fatal pada tahun sebelumnya. Oakley mengendarai di tikungan kanan jalan di Napier Avenue di Inverness ketika dia melewati batas dan bertabrakan dengan bus kota yang menikung dari arah berlawanan. Setelah menyerang bagian depan dan kemudian bagian belakang bus, Oakley terlempar dari sepeda motornya, persis seperti Allman, dan mengenai kepalanya. Oakley mengatakan dia baik-baik saja setelah kecelakaan itu, menolak perawatan medis, dan naik mobil pulang. Tiga jam kemudian, dia dilarikan kembali ke rumah sakit, mengigau dan kesakitan, dan meninggal karena pembengkakan otak yang disebabkan oleh tengkorak yang retak. Dokter yang hadir menyatakan bahwa bahkan jika Oakley langsung pergi ke rumah sakit dari tempat kejadian kecelakaan, dia tidak bisa diselamatkan. Kebetulan, baik Allman dan Oakley meninggal pada usia yang sama, keduanya berusia 24 tahun.

Pada tahun 1998, legislatif negara bagian Georgia mengeluarkan resolusi yang menunjuk jembatan di State Highway 19, di Macon, Georgia, sebagai 'Raymond Berry Oakley III Bridge' dalam "penghormatan dan peringatan" dari almarhum anggota pendiri Allman Brothers Band ".

Ia meningalkan saudara perempuannya, Candace Rose Oakley, janda Linda Diane Oakley Miller dan putrinya, Brittany Ann Oakley (yang fotonya muncul di sampul belakang album 1973 milik the Allmans, "Brothers and Sisters"). Putranya, Berry Duane Oakley (alias Berry Oakley Jr.) lahir pada Maret 1973.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...