Laman

Selasa, 10 April 2018

SIMON McBRIDE


Dilahirkan pada 9 April 1979 di Belfast, Irlandia Utara adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser dan gitaris, yang telah bermain dengan artis lain serta merekam dan tur band sendiri, dan mengajar di BIMM di Dublin.


McBride mulai memainkan gitar ketika dia berusia sepuluh tahun. Pada usia 15 ia masuk di Young Guitarist of The Year milik majalah Guitarist, sebuah kompetisi penampilan yang dipentaskan tahun itu di Wembley Conference Center, yang ia menangkan.

Kurang dari setahun kemudian, beberapa bulan setelah ulang tahun keenam belas, McBride direkrut oleh band metal yang berbasis di Belfast Sweet Savage, yang direformasi pada tahun 1994 tanpa gitaris pendiri mereka, Vivian Campbell (Dio, Def Leppard), yang digantikan McBride. Dia melakukan tur dengan band dan merekam dua album, Killing Time 1996 dan Rune 1998. 



Setelah meninggalkan Sweet Savage pada tahun 1998, ia bergabung dengan sesama orang Irlandia Andrew Strong, yang mencatat namanya di film kultus pada tahun 1991, The Commitments, dan melanjutkan untuk membangun karier bernyanyi. Bermain dengan Strong sangat kontras dengan Sweet Savage, melibatkan sebagian besar lagu soul, R&B, dan beberapa lagu pop. Perubahan gaya musik adalah pengalaman belajar yang bermanfaat dan lebih dekat dalam gaya artis rock and blues yang telah menginspirasi McBride untuk mulai bermain gitar. Dia menghabiskan enam tahun tur dengan Strong sebelum pergi untuk mengejar ide karier solo.

Pada tahun 2008 McBride merilis album debutnya, Rich Man Falling di Nugene Records, sebuah label butik dengan spesialisasi pada gitaris dan artis berbasis blues. Album ini berisi cover dari Be My Friend yang aslinya oleh Free (band) dan lagu Jimi Hendrix Power of Soul.

Rilisan tahun 2010-nya Since then (Nugene Records) memberi dia nominasi pada British Blues Awards.

Pada saat ini ia telah membuka pertunjukkan di Inggris dan Irlandia untuk Jeff Beck, Joe Bonamassa dan gitaris slide AS Derek Trucks. Pada musim gugur 2010 ia melakukan tur di Inggris mendukung salah satu pahlawan gitar awalnya, Joe Satriani. Pada tahun 2011 ia memainkan festival-festival besar termasuk Festival Glastonbury, dan pertemuan lainnya termasuk tempat tamu khusus di Don Airey 's Soul & Blues Festival pada tahun 2011 dan 2013.

Selama tur di Inggris pada tahun 2011, setiap pertunjukan direkam. Ini menghasilkan rilisan CD ketiga McBride, Nine Lives (Nugene Records), disebut demikian karena ada sembilan lagu dalam konser. Album ini juga berisi empat lagu akustik solo, salah satunya adalah rendisi akustik dari judul lagu dari rilisan 2008 Rich Man Falling. Sebuah video dari lagu ini, diambil untuk cuplikan film tahun 1930, segera muncul di YouTube.

Pada tahun 2012 ia merilis "Crossing The Line" (Nugene Records) sebuah album yang berisi sebagian besar karya asli ditambah lagu Blood, Sweat & Tears "Go Down Gambin". Album ini direkam di Belfast N.Ireland dan Maryland USA dan dicampur di New York oleh produser veteran/penata rekaman Peter Denenberg. Album ini berhasil baik di beberapa tangga lagu tahunan "terbaik" termasuk Classic Rock Magazine. 



Pada tahun 2016, McBride bergabung dengan band rock klasik "Snakecharmer" menggantikan Micky Moody dan merekam album baru mereka "Second Skin" yang dirilis pada Mei 2017 dan tur bersama mereka sejak saat itu.

Sebagai seorang gitaris remaja McBride mendengar pembangun gitar independen terkemuka di dunia, Paul Reed Smith, dan sampai hari ini McBride adalah seorang seniman yang didukung PRS Guitars, peran yang telah membawanya ke acara musik di seluruh Eropa dan ke The PRS Experience, sebuah acara yang diadakan setiap tahun di pabrik PRS Guitars di Maryland USA, di mana McBride bermain bersama dengan nama-nama seperti Santana dan Buddy Guy. Dia juga didukung oleh Hughes & Kettner amplifier dan Rotosound Strings.

Dia adalah pengajar tamu di sekolah Dublin BIMM (Brighton Institute of Modern Music) dan juga menjadi pengajar tamu di sekolah musim panas International Guitar Foundation dan di BIMM di Bristol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...