Laman

Kamis, 26 April 2018

BRUCE TURGON


Dilahirkan pada 25 April 1952 di North Chili, New York, AS adalah gitaris bass, gitaris, vokalis, penulis lagu dan produser Amerika yang telah bermain di beberapa band sepanjang karirnya, meliputi Foreigner, The Lou Gramm Band, Shadow King, Steve Stevens, Warrior, Black Sheep dan Showcase.


Turgon dibesarkan di North Chili, New York, pinggiran kota Rochester, dan dekat kota kelahiran rekan band masa depan, penyanyi Lou Gramm. Seorang multi-instrumentalis, Turgon mulai bermain di sekolah dasar, dan, setelah sekolah menengah, menjadi anggota Showcase, berkompetisi di pasar yang sama dengan band yang dikomandani Gramm, Poor Heart. Pada akhir 1971, ia dan Gramm memulai band Black Sheep, yang mendapatkan pengikut regional selama dua tahun berikutnya. Pada tahun 1974, Gramm-Turgon menulis EP Stick Around yang dirilis melalui Chrysalis, yang kemudian membawa grup untuk menandatangani kontrak dengan Capitol. Band ini merilis dua album pada tahun 1974, dan siap untuk sukses besar ketika kecelakaan kendaraan pada tahun 1975 merusak peralatan mereka, yang menyebabkan Black Sheep kehilangan tempat sebagai band pendukung untuk Kiss tahun itu. Turgon kemudian meninggalkan New York ke Los Angeles, akhirnya menulis, merekam, dan tur dengan artis-artis seperti Billy Thorpe, Nick Gilder, Prism, dan Warrior serta melakukan pertunjukan di sekitar Los Angeles dengan band-bandnya sendiri. Pada tahun 1987, Turgon ikut menulis lagu "My Way" bersama dengan Paul Stanley dan Desmond Child untuk album Kiss platinum, Crazy Nights. 



Akhirnya, hubungan panjang Turgon dengan temannya, Gramm, mengarah pada penulisan dan rekaman album solo pertama Gramm, Ready or Not, yang menghasilkan hit single, "Midnight Blue". Album ini masuk chart di nomor 27 di Amerika Serikat. Single "Midnight Blue" menjadi nomor satu di Hot Mainstream Rock Tracks. Akhirnya album solo kedua, Long Hard Look dirilis, yang menampilkan top ten hit "Just Between You and Me" dan "True Blue Love", dan mencapai Top 40. Juga berkontribusi, adalah sebuah lagu untuk soundtrack untuk horor film The Lost Boys (1987), berjudul "Lost in the Shadows". Pada tahun 2003, Gramm berusaha untuk meremajakan karir solonya dengan band yang menampilkan Turgon pada bass, Rocket Richotte pada gitar, Kevin Neal pada drum, John Purdell pada keyboard (yang tiba-tiba meninggal sangat awal selama tur), dan Gary Corbett di keyboard. Setelah kematian ayah dan ibu Gramm, lineup awal ini memutuskan yang terbaik untuk mengambil jalan yang berbeda. 



Di antara rekaman album kedua Gramm, Long Hard Look dan tur berikutnya, Turgon juga melakukan tur dengan Steve Stevens untuk mendukung album solonya Atomic Playboys (1989). Band ini menampilkan Steve Stevens pada gitar, Perry McCarty pada vokal (sebelumnya di Warrior dengan Turgon), Gregg Gerson pada drum, Phil Ashley pada keyboard, dan Turgon pada gitar bass. Album ini adalah rekaman solo pertama Steve Stevens dan menampilkan video musik "Atomic Playboys" di mana Turgon tampil (bermain bass). 



Pada tahun 1991, Turgon dan Gramm membentuk band Shadow King yang berumur pendek, bersama dengan gitaris Vivian Campbell (Dio, Whitesnake, Riverdogs dan Def Leppard) dan drummer Kevin Valentine (Godz, The Lou Gramm Band, Kiss, dan Neverland). Mereka merilis album self-titled pada tahun 1991 dan menyumbangkan satu lagu ("One Dream") ke film Highlander II: The Quickening (yang dibintangi Sean Connery dan Christopher Lambert). Turgon ikut menulis sembilan dari sepuluh lagu di album debut, serta menangani berbagai instrumen, aransemen dan tugas pemrograman. Video "I Want You" menerima beberapa penayangan di MTV, dan meskipun rencana dibuat untuk tur, mereka tampil hanya sekali, di Teater Astoria di London, Inggris, pada 13 Desember 1991. Tak lama setelah itu, Vivian Campbell mengumumkan dia meninggalkan Shadow King untuk bergabung dengan Def Leppard. Meskipun penggantian Campbell direncakan, para anggota band akhirnya berpisah. Lou Gramm menampilkan klasik Bad Company "Can't Get Enough" di atas panggung bersama mantan rekan band Vivian Campbell dan Def Leppard ketika tur Adrenalize mereka membuat pertunjukan di kota kelahiran Gramm di Rochester, New York. 



Pada tahun 1992, ketika Gramm kembali bergabung dengan Foreigner, Turgon dipekerjakan untuk posisi bass yang sekarang dikosongkan oleh Rick Wills yang pergi. Membawa energi baru ke band, tiga lagu baru direkam untuk kompilasi, The Very Best ... and Beyond. Lagu-lagu ini termasuk "Soul Doctor", "Prisoner of Love" dan "With Heaven on Our Side". Foreigner kemudian merilis album studio kedelapan mereka, Mr. Moonlight pada tahun 1995, dengan beberapa lagu yang ditulis bersama oleh Turgon, termasuk single "Until the end of Time". Beberapa tur diikuti yang mengembalikan Foreigner kembali ke sorotan rock klasik, dan sekali lagi membuktikan band ini menjadi aksi tur yang sukses. 




Selama sepuluh tahun terakhir, Turgon menjadi semakin terlibat dalam karya rekaman televisi, film, dan dokumenter, berkontribusi pada pertunjukkan di HBO, Showtime, PBS, dan Warren Miller Films. Pada akhir 2005, Turgon akhirnya merilis album solo pertamanya yang berjudul Outside Looking In, yang menampilkan lagu "Living a Lie", "Any Other Time", dan judul lagu "Outside Looking In" yang menampilkan Ronnie Montrose pada lead guitar. Mantan anggota Montrose Denny Carmassi adalah drummer untuk semua lagu. Turgon kemudian bekerja pada album kolaborasi dengan musisi elektronik Redding, California, Craig Padilla. Kolaborasi ini bertajuk Places of Power dan CD Now Is the Hour dirilis pada 23 Januari 2009 melalui label Blistering Records.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...