Laman

Kamis, 19 April 2018

SKIP SPENCE


Dilahirkan dengan nama Alexander Lee Spence pada 18 April 1946 di Windsor, Ontario adalah seorang musisi dan penyanyi-penulis Amerika. Dia memulai karirnya sebagai gitaris di jajaran awal Quicksilver Messenger Service. Dia digambarkan oleh seorang penulis biografi sebagai seorang pria yang "tidak mati muda dan tidak memiliki kesempatan untuk menemukan jalan keluarnya."


Ayahnya, Alexander Lett "Jock" Spence (1914-1965), adalah seorang masinis, seorang salesman, dan memainkan Route 66 sebagai penyanyi-penulis lagu solo dan pemain piano. Alexander Spence adalah pilot pembom WW II Kanada yang didekorasi, yang telah dianugerahi Distinguished Flying Cross.

Pada akhir 1950-an, keluarga itu pindah dari Windsor ke San Jose, California, berdasarkan penemuan ayah Spence di industri pesawat terbang. Pada usia sepuluh tahun, dia diberi gitar pertamanya oleh orang tuanya. 




Spence adalah seorang gitaris di band the Other Side sebelum Marty Balin merekrutnya untuk menjadi drummer Jefferson Airplane (rupanya karena ia melihat bagian tersebut). Spence adalah drummer pada debut mereka, Jefferson Airplane Takes Off, dan diberhentikan oleh band setelah mengambil liburan mendadak ke Meksiko. Dia sempat mempertimbangkan bergabung dengan Buffalo Springfield sebagai drummer sebelum kembali ke gitar untuk ikut mendirikan Moby Grape.

Selama sesi rekaman album kedua Moby Grape, Wow, pada tahun 1968, Spence berusaha mendobrak pintu kamar rekan band dengan kapak api, sementara di bawah pengaruh LSD. Kemerosotan Spence di New York dan "insiden kapak api" dijelaskan oleh rekan setimnya Jerry Miller sebagai berikut: "Skippy berubah secara radikal ketika kami berada di New York. Ada beberapa orang di sana yang terlibat dalam obat-obatan yang lebih keras dan gaya hidup yang lebih keras, dan beberapa sangat aneh. Dan dia bergaul dengan orang-orang itu. Skippy menghilang untuk sementara waktu. Lain kali kami melihatnya, dia memotong janggutnya, dan mengenakan jaket kulit hitam, dengan dadanya menggantung, dengan beberapa rantai dan berkeringat seperti anak buruh. Aku tidak tahu apa yang dia dapatkan, hal itu benar-benar memukulnya. Dan hal berikutnya yang saya tahu, dia membanting pintu saya di Albert Hotel. Mereka mengatakan di area resepsionis bahwa orang gila ini telah memegang kapak ke kepala penjaga pintu." 




Seperti yang dijelaskan oleh rekan band Peter Lewis, tampak bahwa baik Jerry Miller dan rekan band Don Stevenson adalah target Spence: "Kami harus menegerjakan (album) di New York karena produser (David Rubinson) ingin bersama keluarganya. Jadi kami harus meninggalkan keluarga kami dan menghabiskan waktu berbulan-bulan di kamar hotel di New York City. Akhirnya saya berhenti dan kembali ke California, saya mendapat telepon setelah beberapa hari, mereka memainkan pertunjukan Fillmore East tanpa saya, dan Skippy berangkat dengan beberapa penyihir hitam sesudahnya yang memberinya makanan asam. Itu seperti adegan dalam film The Doors. Dia pikir dia adalah anti-Kristus. Dia mencoba untuk memotong pintu kamar hotel dengan kapak api untuk membunuh Don (Stevenson) untuk menyelamatkannya dari dirinya sendiri. Dia naik ke lantai 52 gedung CBS di mana mereka harus menggulingkannya ke tanah. Dan Rubinson melayangkan dakwaan. Mereka membawanya ke The Tombs (dan kemudian ke Bellevue ) dan di sanalah dia menulis Oar. Ketika dia keluar dari sana, dia menyelesaikan album itu di Nashville. Dan itulah akhir dari karirnya. Mereka memberinya suntikan penuh Thorazine selama enam bulan. Mereka benar-benar mengeluarkan Anda dari permainan."

Selama enam bulan di Bellevue, Spence didiagnosis menderita skizofrenia. Pada hari pembebasannya, ia mengendarai sepeda motor, dan seperti mitos urban berjalan (dan tidak benar menurut istrinya), hanya mengenakan piyamanya, langsung ke Nashville untuk merekam satu-satunya album solonya, tanpa ada yang lain, dengan tanpa musisi muncul di album itu, album psychedelic/folk yang sekarang menjadi klasik, Oar (1969, Columbia Records ).

Selama awal 70-an Spence juga mendirikan dan bereksperimen dengan band rock beranggotakan 3 orang bernama Pachuca dan kemudian ensembel yang lebih besar dengan nama The Rythmn Dukes. Dia terus memiliki keterlibatan kecil dalam proyek dan reuni Moby Grape nantinya. Dia berkontribusi untuk 20 Granite Creek (1971) dan Live Grape (1978), meskipun rekan bandnya selalu menyertakan setidaknya salah satu lagunya pada rekaman grup, terlepas dari apakah ia mampu tampil bersama grup pada saat itu. Ia juga pernah diingat oleh Jefferson Airplane, di mana lagunya "My Best Friend" dimasukkan dalam album Surrealistic Pillow (1967), meskipun ia keluar dari grup.

Karena kondisinya yang memburuk dan meskipun ia tidak lagi berfungsi di band, Spence didukung oleh anggota band Moby Grape untuk waktu yang lama. Konsumsi heroin dan kokain yang beraneka-ragam menghasilkan komitmen yang tidak disengaja untuk Spence. Seperti yang dideskripsikan oleh Peter Lewis, "Skippy hanya berkeliaran. Dia tidak ada di sana selama bertahun-tahun, karena dia sudah tenggelam dalam heroin sepanjang waktu. Sebenarnya dia benar-benar meninggal dan mereka memasukkannya di kamar mayat di San Jose dengan tanda di jari kakinya. Tiba-tiba dia bangkit dan meminta segelas air. Sekarang dia menghirup kokain besar, dan tidak ada yang akan terjadi padanya. Kami tidak bisa menahannya karena dia akan mondar-mandir di ruangan, menggambarkan pembunuhan kapak. Jadi kami punya tempat kecil untuk dirinya sendiri. Dia punya tikus putih kecil bernama Oswald yang akan menghirup coke juga. Dia tidak pernah mencuci piringnya, dan dia akan mencoba untuk mendapatkan gadis-gadis sekolah tata bahasa kecil ini untuk pergi ke rumah bersamanya. Dia benar-benar buruk. Salah satu orang tua akhirnya menelepon polisi, dan mereka membawanya ke County Mental Health Hospital di Santa Cruz. Di mana mereka segera kehilangan dia, dan dia muncul berhari-hari kemudian di bangsal perempuan."

Penyakit mental, kecanduan narkoba, dan alkoholisme mencegah Spence mempertahankan karier di industri musik. Sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk perawatan pihak ketiga, di bangsal dari Negara Bagian California, dan entah tunawisma atau di akomodasi sementara di tahun-tahun terakhirnya. Dia tetap di dan sekitar San Jose dan Santa Cruz. Peter Lewis secara teratur mengunjungi Spence selama tahun-tahun terakhir hidupnya: "Lima tahun terakhir saya mengunjungi, dia tinggal di sebuah trailer di sana, Capitola. Saya biasa bergaul dengannya; kami menghabiskan akhir pekan bersama. Tapi pada dasarnya dia seperti ... dia tidak berdaya dalam hal mampu mendefinisikan atau mengendalikan perasaannya."

Pada tahun 1994, ia berpartisipasi dalam program musik untuk sakit mental, yang disponsori oleh Kota San Jose. Dua tahun kemudian, pada tahun 1996, ia ditugaskan untuk menulis lagu untuk The X-Files soundtrack, Songs in the Key of X ; meskipun tidak digunakan, lagu ini dimasukkan dalam rekaman penghormatan Oar dengan judul "Land of the Sun".

Penampilan terakhir Spence dengan Moby Grape terjadi pada 9 Agustus 1996 di Palookaville di Santa Cruz. Pada pertnjukan final ini, Spence memimpin kelompok melalui sebuah rendition dari "Sailing" (sebuah lagu yang dimainkan selama reuni tahun 1971) dan penampilan spontan dari "J.P.P. McStep B. Blues", yang ditulisnya untuk Jefferson Airplane pada tahun 1966.

Spence meninggal karena kanker paru-paru dua hari sebelum ulang tahunnya yang ke-53, 16 April 1999. Ia meninggalkan empat anaknya, 11 cucu, seorang saudara tiri (Rich Young) dan saudara perempuannya, Sherry Ferreira. More Oar: A Tribute To The Skip Spence Album, sebuah album yang menampilkan kontribusi antara lain dari Robert Plant, Tom Waits, dan Beck, dirilis beberapa minggu setelah kematiannya. Sebelum dirilis, CD diputar untuk Spence di rumah sakit, di tahap akhir sebelum kematian. Spence dikebumikan di Soquel Cemetary di Santa Cruz County.

Spence telah digambarkan di situs web Allmusic sebagai "one of psychedelia’s brightest lights". Spence menulis "Omaha" untuk dimana Rolling Stone Magazine mencantumnkannya pada tahun 2008 sebagai salah satu dari 100 lagu gitar terbesar sepanjang masa.

Pada bulan Juni 2008, konser tribute Skip Spence diadakan di Santa Cruz. Konser ini menampilkan putra Spence, Omar, yang telah bernyanyi dengan berbagai konfigurasi Moby Grape dalam beberapa tahun terakhir. Omar Spence, menyanyikan lagu-lagu ayahnya, didukung oleh Santa Cruz White Album Ensemble, dengan Dale Ockerman dan Tiran Porter, keduanya mantan Doobie Brothers, dan keduanya telah bermain dengan berbagai anggota Moby Grape di beberapa band selama tiga dekade terakhir. Don Stevenson (anggota Moby Grape asli) juga tampil. Keith Graves dari Quicksilver Messenger Service memainkan drum.

Peter Lewis bergabung dengan grup di atas panggung untuk finale. Konser tribute Skip Spence tambahan diadakan pada bulan Oktober 2008.

William Gibson memberi penghormatan pada Spence dalam koleksi esainya, Distrust That Particular Flavor, di mana dia mengagumi jeans yang disesuaikan miliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...