Laman

Selasa, 24 April 2018

JOHN COOPER


Dilahirkan dengan nama John Landrum Cooper pada 7 April 1975 di Memphis, Tennessee, AS, secara profesional ditulis John L. Cooper, adalah seorang musisi, penyanyi dan penulis lagu Amerika. Dia menjadi vokalis utama, bassis dan salah satu pendiri dari band Christian rock dengan nominasi Grammy, Skillet, sejak 1996.

Cooper secara singkat ada di sebuah grup rock experimental Seraph dari 1989-1995. Band ini merilis sebuah demo empat lagu, berjudul Silence E.P., sebelum dibubarkan. Daftar lagunya adalah “Alone”, “Silence”, “Wild Honey”, dan “Fading Love”.


John membentuk Skillet pada 1996 dengan Ken Steorts. Keduanya sudah bertemu saat melakukan tur untuk band-band sebelumnya; John sebagai vokalis untuk band rock progresif Tennessee Seraph dan Ken Steorts gitaris untuk Urgent Cry. Band-band itu dibubarkan tidak lama kemudian, maka pastor John dan Ken mendorong mereka untuk membentuk band mereka sendiri sebagai sebuah proyek sampingan. Datang dari gaya musik rock yang berbeda, mereka memutuskan untuk menamai eksperimen ini Skillet. Tidak lama setelah itu Trey McClurkin bergabung dengan band sebagai seorang drumer sementara. Skillet baru bersama untuk sebulan saat mereka menerima tawaran dari label rekaman Kristen ForeFront Records dan mereka dikontrak setelah itu. Ken Steorts meninggalkan band pada 1999 dan Trey McClurkin meninggalkan band pada 2000 meninggalkan John sebagai satu-satunya anggota pendiri band dan penulis lagu utama.


Cooper mengisi vokal untuk !Hero: The Rock Opera. Menurut sebuah wawancara, Cooper tidak melakukan tur dengan opera rock itu, dia hanya mengisi vokal untuk Rabbi Kai di soundtrack itu. Cooper adalah salah satu penulis dari single Decyfer Down “Best I Can”.


Dia menyanyikan judul lagu dari album milik tobyMac, Tonight, yang mencapai No. 27 di tangga lagu Christian Songs. Dia menampilkan vokal di lagu milik We as Human, pada “Zombie”, yang muncul di album self-title debut mereka dan membuat sebuah pemunculan cameo di musik video untuk “Strike Back”. Dia mengontrak mereka untuk labelnya.


John Cooper telah menyatakan di beragam kesempatan bahwa dia dilahirkan dan dibesarkan di sebuah keluarga dan atmosfir yang sangat agamis, dan mendengarkan musik rock tidak diperbolehkan di rumah orangtuanya. “Anda tidak bisa menggunakan warna hitam, anda tidak bisa mendengarkan apapun dengan drum, apapun dengan gitar, anda tidak bisa memiliki rambut yang panjang, anda tidak bisa melakukan ini dan anda tidak bisa melakukan itu. Segalanya tidak hidup. Saya tahu saya membaca Kitab Suci dan seperti...’Ini bukan yang dikatakan Kitab Suci. Saya menyukai ide kehidupan tentang Yesus, tapi saya membenci ide hidup untuk Anda.’ Anda tahu?”


Cooper datang dari sebuah keluarga musik. Ibunya adalah seorang guru piano dan seorang penyanyi di gereja dimana dia beribadah. Dia mulai menyanyi di usia yang sangat muda, memainkan gitar di sekitar usia 18 tahun dan gitar bass pada usia 19 tahun.

Pemain gitar bass favoritnya adalah Chris Squire dan Doug Pinnick.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...