Laman

Minggu, 01 April 2018

FRANK FARRELL


Dilahirkan dengan nama Francis Anthony Farrell pada 31 Maret 1947 di Birmingham, Inggris. Dia belajar di Grammar School di St. Philip di Hagley Road, Edgbaston dari tahun 1959 hingga 1963. Lebih dari karir profesional yang membentang tiga puluh tahun dia paling dikenal sebagai bassist dari band rock Inggris Supertramp dan untuk asosiasi musiknya dengan Leo Sayer. Farrell ikut menulis lagu "Rosie Had Everything Planned" dengan Roger Hodgson sementara dengan Supertramp dan sejumlah lagu dengan Sayer termasuk hit chart di seluruh dunia "Moonlighting".


Penampilan publik pertamanya adalah dengan band beat "The Silverlinks" yang berbasis di Birmingham, dimana dia bergabung dengan teman baik dan teman sekolahnya, Robert Shorter, yang bermain drum, pada tahun 1964. Dia kemudian bermain bass dan memberikan vokal pendukung di Ray King Soul Band yang banyak melakukan tur di West Midlands.

Pada tahun 1968 ia direkrut oleh band rock psychedelic Birmingham "Breakthru" pada saat yang sama dengan drummer Richard "Plug" Thomas. Breakthru kemudian menjadi salah satu band rock yang paling sukses di Birmingham pada periode tersebut, memainkan beberapa festival ternama termasuk "Festival of Flower Children" di Woburn Abbey waktu yang sama dengan The Jimi Hendrix Experience, the Bee Gees, Eric Burdon dan Small Faces. Breakthru juga tampil di National Jazz and Blues Festivals pada 1967 dan 1968.

Band ini menandatangani kontrak dengan Mercury Records pada awal 1968 dan merilis single yang tidak sukses "Ice Cream Tree" b/w "Julius Caesar". Single tindak lanjut, adaptasi rock yang ditulis oleh Farrell dan secara bebas berdasarkan Peer Gynt "Hall of the Mountain King Overture", tidak pernah dilepaskan namun versi panggung dua puluh menit dari nomor tersebut akan menjadi inti dari pertunjukan band tersebut. 



Breakthru kemudian melakukan tur ekstensif di Jerman dan Swiss pada paruh kedua tahun 1969, hanya kembali ke Inggris pada bulan Desember tahun itu. Band ini berpisah saat mereka kembali dengan Farrell dan vokalisnya, Gary Aflalo, pindah ke London. Aflalo bergabung dengan pemeran London dari Hair dan Farrell menjadi manajer jalan perjalanan untuk band Amerika Serikat Johnny Johnson and the Bandwagon selama tur tujuh bulan mereka di Inggris.

Saat tur Bandwagon berakhir pada awal 1970 Farrell kembali bermain bass. Pada April 1971, ia mulai berlatih dengan Supertramp yang pada umumnya tidak dikenal. Setelah merilis album pertama mereka di label A&M (UK division) untuk mendapat sedikit kesuksesan band ini mempersiapkan materi untuk Stamper Indelibly mereka yang akan datang.

Setelah menulis beberapa lagu selama tahun-tahun Breakthru, Farrell menulis lagu "Rosie Had Everything Planned" bersama dengan Roger Hodgson dan lagunya akhirnya disertakan dalam Indelible Stamped, dengan Farrell bermain bass, piano dan akordeon selama sesi rekaman. Farrell bermain dan melakukan tur dengan Supertramp selama lebih dari setahun, meninggalkannya pada bulan Februari 1972.



Pada akhir musim semi 1973 Farrell menjadi penata musik utama dari Rocky Horror Show pertama dan pindah untuk memainkan piano di band pertunjukan itu. Namun, tak lama setelah pelaksanaan perdana acara tersebut, di Royal Court Theatre Upstairs pada bulan Juni 1973, Farrell mengundurkan diri setelah berselisih dengan penulis acara Richard O'Brien atas gaya musiknya.

Hampir seketika Farrell bergabung dengan Renaissance dan tetap bersama mereka sebagai bassis yang keluar-masuk sampai awal 1974, berbagi jabatan bass dengan John Wetton.

Selama waktunya dengan Renaissance, Farrell terlihat oleh Leo Sayer dan direkrut untuk mengisi slot bass di band Sayer yang dibentuk untuk melakukan tur ke Inggris, Eropa dan Amerika Serikat. Selama tur di Inggris kibordis Dave Greenslade meninggalkan band dalam waktu singkat untuk mengerjakan album baru milik Greenslade, Spyglass Guest, dan Farrell beralih ke keyboard untuk sisa tur, kembali ke bass saat band tersebut melakukan tur ke AS.

Antara musim semi 1974 dan awal 1975 Farrell dan Sayer turut menulis sejumlah besar lagu bersama-sama, sepuluh diantaranya akan ditampilkan di album Another Year dan satu lagu Moonlighting yang akan mencapai nomor 2 di chart single Inggris pada bulan Agustus 1975, kemudian menjadi hit di sebagian besar wilayah di seluruh dunia.

Setelah hubungan dekatnya dengan Leo Sayer berakhir, Farrell terus terlibat dalam industri musik, menulis lagu, merekam dan bermain sebagai musisi sesi untuk acara TV dan tur di belakang seniman besar, termasuk jabatan dengan gitaris Amerika, Joe Jammer dan Tim Buckley.

Farrell telah berjuang dengan kebiasaan minum yang cukup berat di sebagian besar kehidupan dewasanya. Dia berusia 50 tahun saat meninggal pada tanggal 19 Juli 1997 di London, Inggris.

Pada bulan Oktober 2007, mantan gitaris Supertramp Roger Hodgson memberikan penghormatan kepada Farrell dengan membawakan "Rosie Had Everything Planned" ke hadapan banyak orang di Birmingham Symphony Hall. Hodgson mengatakan sebelum konser "Frank tidak lagi bersama kami, tetapi saya ingin membawakan lagu Supertramp yang saya tulis bersamanya, Rosie Had Everything Planned, ketika saya bermain di Symphony Hall. Karena dia dari Birmingham, itu akan menjadi hubungan yang bagus dan saya akan benar-benar mengumumkan bahwa saya melakukannya sebagai penghargaan atas kenangannya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...