Laman

Rabu, 11 April 2018

KATRINA LESKANICH


Dilahirkan dengan nama Katrina Elizabeth Leskanich pada 10 April 1960 di Topeka, Kansas, AS. Dia adalah keturunan Irlandia, Jerman dan Ceko. Ayahnya adalah seorang kolonel di Angkatan Udara Amerika Serikat, dan Katrina dan lima saudara kandungnya (empat saudara perempuan dan satu saudara laki-laki) sering pindah saat masih anak-anak. Setelah dia lahir, mereka pindah dari Kansas ke New Mexico, dan kemudian California, Alabama, Georgia, Florida, Massachusetts, Nebraska, Stuttgart, di (saat itu) Jerman Barat, dan Belanda sebelum tiba di Inggris pada tahun 1976.


Inkarnasi awal band adalah The Waves, grup yang bermain di dan sekitar Cambridge, Inggris, dari 1975 hingga 1977 dan menampilkan gitaris Kimberley Rew dan drummer Alex Cooper. Inkarnasi dari the Waves ini tidak pernah mengeluarkan rekaman, dan bubar ketika Rew pergi untuk bergabung dengan Soft Boys .

Leluhur langsung dari Katrina and the Waves adalah band Mama's Cookin', band cover pop yang berasal dari Feltwell, Inggris. Band ini, didirikan pada tahun 1978, menampilkan Katrina Leskanich yang asli Amerika pada vokal dan keyboard, pacarnya saat itu (dan sesama Amerika) Vince de la Cruz pada vokal dan gitar utama dan Marcos de la Cruz (alias "Dr Sod" dari "Dr Sod's Backyard Landscaping Services" di Orange County California) pada drum. Pada akhir 1980, Alex Cooper bergabung dengan band pada drum, dengan Bob Jakins pada bass. Mama's Cookin' terus manggung di Inggris selama dua tahun ke depan, yang mengkhususkan diri dalam cover dari lagu-lagu oleh band Amerika seperti Heart, Foreigner, Linda Ronstadt, dan ZZ Top.

Ketika The Soft Boys bubar pada tahun 1981, Rew menghubungi rekan lama Wave-nya Cooper untuk melihat tentang memperbarui kemitraan musik mereka. Cooper meyakinkan Rew untuk bergabung dengan Mama's Cookin', dan grup dengan lima orang anggota ini (Leskanich/Rew/Cooper/de la Cruz/Jakins) dengan cepat berganti nama menjadi The Waves setelah band Rew dan Cooper bergabung bersama pada pertengahan tahun 1970-an.

The Waves awalnya digawangi oleh penyanyi/penulis lagu/gitaris Rew, yang membawa banyak materi asli ke band. Leskanich, sementara itu, awalnya hanya menyanyikan vokal utama pada lagu-lagu cover dalam repertoar band. Namun, selama tahun pertama keberadaan Waves, Rew mulai menulis materi untuk dinyanyikan Leskanich, dan dia segera menjadi vokalis utama.

The Waves membuat penampilan awal rekaman mereka pada single tahun 1982 ("Nightmare"/"Hey, War Pig!"); kedua lagu itu dimasukkan dalam album solo 1982 Rew berjudul The Bible of Bop. The Waves kemudian mengeluarkan EP debut mereka Shock Horror pada tahun 1982. Sekitar waktu ini, bassist Jakins meninggalkan band. Dia tidak digantikan, saat de la Cruz mengambil alih bass dan band itu dinamai Katrina dan the Waves.

Pada awal 1983, band yang baru lahir itu melakukan rekaman — dengan biaya sendiri — sebuah LP dari materi asli mereka yang dirancang untuk dijual di pertunjukan. Rew menulis semua lagu di LP ini, sementara Leskanich menyanyikan delapan dari sepuluh lagu di album ini. (Rew menyanyikan vokal utama pada dua lagu lainnya.)

LP ditawarkan ke berbagai label, tetapi hanya Attic Records di Kanada yang menanggapinya dengan tawaran. Akibatnya, meskipun mereka berbasis di Inggris, album pertama Katrina dan The Waves, Walking on Sunshine dirilis hanya di Kanada.

Album ini mengumpulkan cukup perhatian kritikus dan pemutaran radio (terutama untuk judul lagu yang menjadi judul album) yang mendapat tur Kanada. Pada tahun 1984, grup ini merilis album tindak lanjut di Kanada (Katrina and the Waves 2), dengan Leskanich sekarang menangani semua vokal utama. Rew masih menjadi penulis lagu utama, tetapi de la Cruz juga bertanggung jawab untuk beberapa lagu, termasuk hit siaran Kanada "Meksiko".

Juga pada tahun 1984, lagu mereka "Going Down to Liverpool" dibawakan ulang oleh The Bangles, yang ditambahkan ke profil mereka. Dengan kelompok membangun basis penggemar dengan rekaman mereka dan tur yang luas, minat label besar mulai dibangun, dan Katrina and the Waves akhirnya menandatangani kesepakatan internasional dengan Capitol Records pada tahun 1985.

Untuk album Capitol pertama, band ini merekam ulang, remix, atau overdubbed 10 lagu dari rilisan Kanada mereka sebelumnya untuk membuat album debut internasional self-titled mereka pada tahun 1985. 




Album Katrina and the Waves adalah sukses besar secara kritis dan komersial, dan grup ini memiliki hit di seluruh dunia dengan lagu "Walking on Sunshine," (No. 9 AS, No. 8 UK, rekaman ulang sepenuhnya, dan secara substansial diaransemen ulang versi lagu ketika dibandingkan dengan rilis Kanada-nya awal 1983-nya). Nominasi penghargaan Grammy untuk “Best New Artist" mengikuti, seperti halnya tur konstan, keduanya membantu memacu penjualan rilisan baru.

Sebuah single tindak lanjut untuk "Walking on Sunshine" yang berjudul "Do You Want Crying" (ditulis oleh de la Cruz) juga menjadi hit 40 besar AS, mencapai No. 37 pada akhir musim panas 1985. Namun, album tindak-lanjut untuk Katrina dan the Waves (hanya berjudul Waves ) tidak menemukan ukuran keberhasilan yang sama. Album ini mendapatkan hit Inggris dan AS kecil dalam bentuk lagu yang ditulis Rew "Is That It?" (No. 70 AS, No. 82 UK), dan "Sun Street" (komposisi de la Cruz) adalah hit Top 30 Inggris pada tahun 1986. Namun, Capitol mencoret band setelah album Waves tidak tampil sesuai harapan. Band ini kemudian merekam sebuah album tahun 1989 untuk SBK Records yang didistribusikan di Capitol yang berjudul Break of Hearts, sebuah upaya yang lebih keras, lebih berorientasi pada rock daripada rilisan mereka sebelumnya. Album ini menampilkan "That's the Way" yang mencapai No. 16 di AS (ditulis oleh Leskanich dan Rew).

Sepanjang tahun sembilan puluhan, Katrina and the Waves merekam cukup mantap, meskipun sebagian besar rilisan hanya tersedia di benua Eropa dan/atau Kanada. Mereka juga merekam lagu "We Gotta Get Out of This Place" dengan Eric Burdon untuk serial TV "China Beach" pada tahun 1990. Pada tahun 1997, setelah agak memudar dalam ketidakjelasan, band ini memenangkan Eurovision Song Contest 1997 untuk Inggris dengan "Love Shine a Light". Bereaksi untuk kemenangan ini, Leskanich mengatakan itu adalah kemenangan telak dalam seminggu; lagu dimenangkan oleh selisih poin catatan, dan Tony Blair telah memenangkan pemilihan umum Inggris 1997 dua hari sebelumnya. Lagu ini dimenangkan oleh margin saat itu dari 70 poin atas runner-up Irlandia. Lagu ini masuk ke No 3 di UK Singles Chart (menjadi hit terbesar di band) dan Katrina and The Waves tampil empat minggu yang belum pernah terjadi sebelumnya di acara TV BBC One, Top of the Pops.

Katrina dan the Waves bubar pada tahun 1999.

Setelah the Waves bubar pada tahun 1999, Leskanich meluncurkan karir solo, pertama sebagai DJ untuk BBC Radio 2 dan kemudian pada tahun 2001 ia memainkan peran utama dalam musikal Leader of the Pack. Dia merilis CD solo pertamanya, Katrina Leskanich, melalui Universal Records di Inggris pada tahun 2005. Dan single-cover Leskanich dari "They Don't Know" milik Kirsty MacColl diputar di Radio 2. Pada tahun 2005 ia juga berpartisipasi di seleksi Swedia untuk Eurovision Song Contest (Melodifestivalen 2005) dengan lagu "As If Tomorrow Will Never Come". Pada tahun 2005 Leskanich (dengan Renārs Kaupers) menjadi tuan rumah Congratulations - 50 Years of the Eurovision Song Contest, di Kopenhagen.

Pada tahun 2005, Leskanich merefleksikan untuk berbagi namanya dengan sebuah badai yang menghancurkan Gulf Coast AS pada akhir Agustus dan awal September tahun itu, dari nama "Katrian and the Waves" muncul di sejumlah acara televisi berita, berita utama, dan posting blog yang sedang meliput topan dengan namanya. Ketika seorang reporter New York Times menghubunginya tentang hal ini, dia berkata: "Pertama kali saya membuka koran dan melihat 'Katrina membunuh 9,' itu sedikit mengejutkan. ... Saya berharap bahwa semangat sejati 'Walkingg on Sunshine' akan menang. Aku benci kalau judulnya diwarnai oleh kesedihan, dan aku harus melakukan bagianku sendiri untuk membantu membalikkannya." Dia juga menyatakan bahwa dia berharap bahwa "Walking on Sunshine" akan menjadi lagu kebangsaan untuk pemulihan Gulf Coast.

Leskanich membawakan ulang lagu Clash, "Hitsville UK" untuk album kompilasi yang disatukan oleh Jimmy Guterman, yang merupakan penghargaan untuk album Sandinista! milik The Clash dan dirilis pada 15 Mei 2007 di Amerika Serikat.

Leskanich tampil di pertunjukan tahun 1980-an Gylne Tider yang melakukan tur Norwegia pada awal musim panas 2007 dan dipindahkan ke Christiania Theatre di Oslo dari Oktober hingga Desember 2007. Cover Leskanich dari "They Don't Know" dimasukkan dalam kompilasi Gylne Tider 2 yang dirilis pada 2007 dan menjadi album platinum.

Leskanich juga muncul dalam seri konser Countdown Spectacular 2 di Australia antara akhir Agustus dan awal September 2007. Dia membawakan hit-nya "Walking on Sunshine".

Dari 27 Januari 2008 hingga 9 Maret 2008, Leskanich adalah salah satu dari tiga anggota juri untuk Eurosong 2008 di Belgia, pra-seleksi untuk Eurovision Song Contest.

Pada tanggal 1 Maret 2008, ia menampilkan versi remix dance dari lagu Eurovision 1997, "Love Shine A Light", di acara pemilihan lagu Eurovision Euro.

Untuk merayakan ulang tahun ke-25 dari "Walking on Sunshine", Leskanich merilis album live pertamanya - THE LIVE ALBUM pada bulan Juli 2010. Album ini menyertakan versi live dan versi blues "Walking on Sunshine". "Saya telah membawakan 'Walking on Sunshine' selama bertahun-tahun di begitu banyak negara yang berbeda sehingga itu menjadi satu hal konstan dalam hidup saya dan satu hal yang dapat saya andalkan untuk membawa kebahagiaan untuk diri saya sendiri dan orang lain." kata Leskanich. Pada September 2010 Katrina merilis ulang album solonya 'Turn The Tide' dengan beberapa lagu bonus - club mix dari 'They Don't Know' dan Espirito mix dari 'Walking on Sunshine'.

Pada bulan November 2010, Leskanich adalah pelatih tamu di acara TV Austria Helden von Morgen di ORF 1. Semua kontestannya lolos ke babak berikutnya termasuk Lukas Plochl yang menyanyikan rap Cinta Shine A Light.

Pada bulan Mei 2011, Leskanich merilis EP 'Spiritualize' "Pada tahun 1999 saya menulis, mengumpulkan dan menyusun beberapa lagu yang saya pikir akan datang bersama-sama untuk jenis album gembira dan rohani. Saya pikir saya akan mencoba untuk membuat ini lebih pribadi," kata Leskanich.

Pada tahun 2012 Leskanich membentuk barisan baru dari bandnya dan memainkan Acoustic Festival of Britain, The Ultimate 80s Festival dan kemudian Gig in the Park di Suffolk. Leskanich juga pernah bermain di festival-festival di Eropa tahun ini termasuk Festival Rewind di Skotlandia dengan Go West, Limahl, Village People, ABC, dll., Festival Keitelejazz di Finlandia dan Here and Now di Ascot bersama Bananarama, Rick Astley, Belinda Carlisle, Midge Ure. Leskanich juga bekerja sama dengan Ben Crabbé dari band Belgia De Kreuners dan Dany Lademacher dari The Radios dan Herman Brood dan His Wild Romance untuk membentuk Katrina and The Romance yang melakukan tur festival di Belgia pada musim panas 2012.

Katrina Leskanich menerbitkan buku pertamanya - "Peggy Lee Loves London - My London Guide" (2013) - buku panduan fotografi unik tentang London.

2013 Leskanich dan band barunya tampil di festival di Inggris dan Eropa termasuk festival San Fermín di Pamplona di Spanyol di Plaza del Castillo dan Festival Steinegg di Italia. 




2014 Leskanich, seorang yang sangat percaya pada hak-hak binatang, mendukung 'Wildlife Rocks' dengan pertunjukan akustik. Penampilan lainnya termasuk gitaris utama Queen dan pendiri organisasi Save Me, Brian May. Acara ini meningkatkan kesadaran untuk beberapa proyek satwa liar yang penting dan dihadiri oleh beberapa anggota parlemen.

Leskanich merilis album solo keduanya, 'Blisland' - terinspirasi oleh genre musik dari tahun-tahun formatifnya - saya ingin merekam album yang mencerminkan kecintaan saya pada semua genre musik yang saya kembangkan, mulai dari Peter Frampton Live hingga Neil Young’s Harvest. Saya jatuh cinta dengan South West of England, pantai yang indah mengingatkan saya pada California dan sebuah desa kecil bernama Blisland tidak hanya memiliki pub kecil yang fantastis tetapi juga memberi saya judul yang sempurna untuk album baru saya. '

Pada Agustus 2014 Leskanich bergabung dengan Retro Futura Tour dan melakukan tur ke Amerika Utara untuk pertama kalinya sejak akhir 1980-an. The Retro Futura Tour menampilkan Tom Bailey dari Thompson Twins, Howard Jones, Midge Ure dan China Crisis.

Pada tahun 2015 Leskanich bergabung dengan Rewind Festival untuk melakukan tur ke Afrika Selatan yang diikuti dengan tur keduanya di Amerika Utara pada Maret 2015.

Ketika You Decide United Kingdom di Eurovision Song Contest 2016 Inggris ditayangkan di BBC Four dengan enam finalis Inggris yang berjuang untuk mendapatkan tempat di final, Katrina berada di panel juri dan memberikan sarannya kepada para finalis dan kemudian membawakan lagu pemenang Eurovision 1997 miliknya "Love Shine A Light".

Pada bulan Mei 2016, Leskanich tampil di Let's Rock the Moor! di Cookham, Berkshire plus Let's Rock Bristol dan Let's Rock Leeds. Pada Juli 2016, Leskanich melakukan tur Australia di Totally 80s Tour dengan Martika, Berlin, Limahl, Men Without Hats, Paul Lekakis, dan Stacey Q.

Leskanich adalah juru bicara Kerajaan Inggris untuk pemilihan juri di Eurovision Song Contest 2017, sebagai penghargaan untuk peringatan ke-20 kemenangan Eurovision milik Katrina & the Waves.

Pada Mei 2017, Leskanich merilis album kompilasi pertamanya 'The Best of Katrina'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...