Laman

Minggu, 29 April 2018

ADRIAN UTLEY


Dilahirkan dengan nama Adrian Francis Utley pada 28 April 1957 adalah musisi dan produser Inggris, dan anggota band Portishead.


Lahir di Northampton, Utley pindah ke Bristol pada pertengahan 1980-an, dan sangat menyukai jazz, bermain gitar dengan band tur milik Big John Patton dan Jazz Messengers milik Art Blakely. Ia membangun koleksi instrumen dan peralatan studio kuno, dan pindah ke produksi dan kerja film.

Portishead terbentuk pada tahun 1990 dengan album pertama Dummy dirilis pada tahun 1994 diikuti oleh Portishead pada tahun 1997. Third dirilis pada bulan April 2008. Selama kekosongan Portishead antara album kedua dan ketiga, karya produksi Utley termasuk Beth Gibbons dan Out of Season milik Rustin’ Man dan dia bekerja dengan sesama anggota Portishead Geoff Barrow sebagai the Jimi Entley Sound and Fuzzface. 




Selama karirnya, Utley telah merekam dengan artis yang beragam seperti Marilyn Manson, Jeff Beck, Torres, Perfume Genius, Alain Bashung dan Marianne Faithfull, dan karya filmnya termasuk Sound oleh Nic Roeg dan Spider from Mars dengan David Attenborough.

Pada tahun 2009 ia menjadi bagian dari kolektif jazz Stonephace, merilis album self-titled. Pada tahun 2010 ia menciptakan soundtrack baru untuk film bisu The Passion of Joan of Arc bersama Will Gregory (dari Goldfrapp ), yang dipentaskan oleh orkestra beranggotakan 23 orang yang diselenggarakan oleh Charles Hazlewood. Pada tahun 2012 ia ditugaskan oleh National Trust untuk memproduseri "Sonic Journey", sebuah musik yang terinspirasi oleh berjalan di antara pepohonan di Croft Castle. Pada tahun 2013 ia menampilkan “In C” milik Terry Riley dengan ensemble termasuk sebuah klarinet bass, empat organ (dimainkan oleh Hazlewood), dan 19 gitar (termasuk John Parish ), pertunjukan yang dirilis pada CD kemudian di tahun itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...