Laman

Sabtu, 14 April 2018

JOE MATERA


Dilahirkan pada 13 April 1965 di Kyabram, adalah penyanyi-penulis lagu, gitaris, dan jurnalis rock asal Australia. Matera dikenal sebagai mantan gitaris utama band rock pop asal Australia Geisha antara 2007 dan 2010. Sebelum bergabung dengan Geisha, Matera adalah gitaris utama band rock klasik Double Vision, dari 2003 hingga 2008. Saat ini ia bekerja sebagai solo artis, merilis album instrumental solo dan menyumbangkan gitar pada berbagai rekaman di seluruh dunia.


Matera juga dikenal sebagai jurnalis rock, menerbitkan lebih dari 600 artikel antara 1999 dan 2011. Dia telah mewawancarai band dan selebriti termasuk Aerosmith, Metallica, Foo Fighters, Kiss , Queen, Iron Maiden, Bon Jovi, dan Black Sabbath. Karya Matera telah muncul di banyak majalah seperti Classic Rock, Guitar & Bass, Metal Hammer, Total Guitar.

Matera mengenal gitar pada usia 15, belajar sendiri cara bermain di sepanjang rekaman koleksi orang tuanya dan suara band-band pada zamannya. Ia bergabung dengan band pertamanya di akhir 1980-an, bergerak melalui serangkaian band di daerah setempat. Pada tahun 1994 ia diminta bergabung dengan kelompok produksi Shepparton Theatre Arts dari Les Miserables. Keberhasilan produksi itu meminta Matera kembali untuk tahap produksi dari Chess pada tahun 1995.

Pada akhir tahun 2000, ia pindah ke Melbourne untuk melanjutkan karir musiknya, bergabung dengan sejumlah band asli serta bercabang di jurnalisme musik dengan karyanya muncul di berbagai majalah di seluruh dunia mulai dari Guitar World hingga Classic Rock. Ia membentuk dan memimpin bandnya sendiri Double Vision antara 2003 dan 2008, dan pada tahun 2007 bergabung dengan barisan baru band rock Australia Geisha, membuat debut rekamannya dengan band pada single 'Birthday 'Yang diproduksi oleh produser AS Tom Werman. Matera juga berbagi panggung langsung dengan band Australia seperti Taxiride and Dragon. 



Setelah merilis tiga single lebih lanjut dan sebuah album dengan Geisha, Matera memutuskan untuk keluar dari band untuk mengejar karir solo pada akhir 2010. Single solo debutnya, instrumental "Travellin 'West" muncul akhir tahun itu. Pada tahun 2011 ia menandatangani kontrak dengan label W.A.R. Production berbasis Eropa, di mana ia merilis EP "Slave to the Fingers" yang menampilkan pertunjukan tamu oleh Rick Brewster (The Angels), Mick McConnell (Smokie) dan Tony Dolan (VENOM). Pada tahun 2012 ia merilis album debutnya Creature of Habit, yang mendapat pujian kritis. Album ini disertai dengan tur pertama Matera di Eropa. Single "Fallen Angel" menampilkan vokal utama Matera, dengan single mendapatkan pemutaran di radio Eropa termasuk Radio BBC. Pada 2013, lagu itu terpilih di No. 154 (dari 1000) di Hit Countdown milik stasiun Australia, Life Radio, untuk tahun itu.

Selain karir solonya, Matera telah menyumbangkan gitar untuk sejumlah rekaman internasional seperti Atomkraft, dan cover mereka dari "Cold Sweat" milik Thin Lizzy. Instrumental asli milik Matera "Starry Night" ditampilkan di soundtrack film Australia Ricky! The Movie.

Pada April 2012 Matera menemani penyanyi-penulis Inggris Steve Harley pada tur promosi pertamanya di Australia. Tur meliputi berbagai penampilan di radio dan TV, melakukan sesi akustik langsung. Ini termasuk stasiun radio Melbourne Gold FM 104,3, dan Noise 11 TV. Pada tahun 2013 ia membuat penampilan bermain di empat lagu dari album milik band ambient metal Austria Uruk-Hai ... And All the Magic & Might He Brought.... Pada tahun 2014 Matera merilis album keduanya Terra Firma dan pada bulan Mei 2014 dimulai pada tur Eropa keduanya.

Album solo ketiga Matera, berjudul Louder Than Words, dirilis pada bulan Juli 2015. Album ini digambarkan oleh majalah Jerman Gitarre & Bass, sebagai "Mainstream Rock dengan alur gaya lama asli". Lagu "Feel Your Love" mencapai #15 di Hey Music Chart di Radio Berlin. Untuk mempromosikan album, Matera memulai tur Eropa ketiganya selama Juni-Juli 2015. Pada bulan Oktober 2015 Matera menjadi penandatangan internasional pertama label rekaman Belanda RVPrecords. Pada bulan Desember 2015, Matera menerima Commended Entry Award dalam kategori 'Rock' dari Songwriting Contest UK dengan "Feel Your Love". Kompilasi baru Now and Then dirilis melalui label RVPrecords pada bulan Februari 2016. Pada bulan Juli-Agustus, Matera memulai tur Eropa ke-4 untuk mendukung album kompilasi baru.

Pada bulan Juni-Juli 2017, Matera adalah musisi pendukung untuk Bay City Rollers di dua pertunjukan mereka di Melbourne. Sebuah EP baru, Heart of Stone, dirilis pada bulan September oleh RVPrecords, bersama dengan judul lagu sebagai single. Matera melakukan tur kelimanya di Eropa pada bulan Oktober untuk mempromosikan peluncurannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...