Laman

Kamis, 05 April 2018

CRAIG ADAMS


Dilahirkan dengan nama Craig David Adams pada 4 April 1962, Otley, West Riding of Yorkshire, Inggris adalah musisi, gitaris bass, dan penulis lagu Inggris. Selama kariernya ia telah bekerja dengan berbagai band rock sementara juga menjadi bagian dari kru tur.


Dibesarkan di Leeds, Adams meninggalkan sekolah untuk mengejar karir di bidang musik. Dia awalnya bermain keyboard di band lokal, The Expelaires yang merilis beberapa single. Dia meninggalkan band yang beranggotakan lima orang itu karena perbedaan musik dan beralih ke bass. Terinspirasi oleh Motörhead dia mulai menyalurkan bassnya melalui efek distorsi. Setelah percakapan singkat di sebuah bar setempat dengan Andrew Eldritch ia bergabung dengan Sisters of Mercy. Di sini Adams mengembangkan kemampuan menulis lagunya, berkontribusi terutama pada aransemen dan penggunaan suaranya yang tinggi untuk vokal latar yang kontras dengan baritone melankolis milik Eldritch. 



Ketika Adams dan Hussey lelah dengan cara Sisters of Mercy bekerja, mereka pergi dan bersama-sama mereka membentuk The Mission (awalnya Sisterhood). Adams merekam empat album dan dua kompilasi dengan band. Sebagai salah satu pendiri, kehadiran Adams sangat penting dalam keberhasilan band meskipun perilaku destruktifnya yang kadang-kadang membawa tingkat ketidakstabilan pada line-up. Selama tur pertama Amerika Utara, Adams mematahkan tangannya saat meninju jendela bus dan dipaksa untuk kembali ke Inggris untuk memulihkan diri. Selama tur 'Deliverance' 1990 gitaris Simon Hinkler pergi, menandakan disintegrasi band. Setelah merilis album 1992 Masque, Adams dipecat, dengan pers melaporkan Hussey mengutip perbedaan pribadi sebagai motivasi utama. Dalam buku biografi tentang The Mission, Names Are For Tombstones, Baby; dinyatakan bahwa mereka berhubungan baik secara pribadi, tetapi bahwa mereka pergi ke arah yang berlawanan secara musikal.



Adams direkrut oleh Billy Duffy pada tahun 1993 untuk bermain bass dengan the Cult di tur Eropa. Keduanya pertama kali bertemu ketika Sisterhood, termasuk Adams, membuka untuk the Cult di seluruh Eropa pada Januari/Feb 1986. Adams bertahan bersama the Cult untuk merekam album self-title 'Cult' pada tahun 1994 dengan produser Bob Rock, dan tur secara ekstensif di seluruh Eropa, dan Amerika Utara dan Selatan. Waktunya bersama the Cult berakhir ketika kelompok itu dibubarkan pada Maret 1995. 



Adams berkolaborasi dengan Duffy lagi pada tahun 1998, membentuk Coloursound dengan Duffy, Mike Peters (dari the Alarm), dan Scott Garrett, yang juga bermain dengan the Cult pada saat yang sama dengan Adams. Coloursound merilis satu album self-titled pada tahun 1999, di 21st Century Records milik Peters. 



Adams melanjutkan dengan Peters dalam beberapa versi tur dari the Alarm 1999-2005, dan bermain di album 2004 mereka In the Poppy Fields, yang diproduseri oleh Steve Brown.

Pada tahun 2006, Adams direkrut oleh Kirk Brandon untuk bergabung dengan grup post-punk, Spear of Destiny, bermain di beberapa rilisan, meliputi Imperial Prototype (2007), Omega Point (2010) dan 31 (2014). Adams juga berkontribusi pada proyek tur Brandon yang sedang berlangsung lainnya, Theater of Hate.

Pada tahun 2012 Adams merilis album Demon King, yang diproduseri oleh Mike Kelly.

Pada tahun 2014, Adams berkolaborasi dengan penyanyi dark cabaret Kuba Amerika, Voltaire dalam album kesepuluhnya, Raised by Bats.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...